yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Berbicara dalam Diskusi Forkopimda, Teten Beberkan 5 Sumber Masalah Utama UMKM. Apa saja ?

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjadi salah satu pembicara dalam acara diskusi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Teten berbicara di sesi panel keenam bersama Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden Jokowi : Ketersediaan Infrastruktur Menjadi Pondasi Indonesia Menuju Negara Maju

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”. 

Read more...

Kemendikbud Gelar Festival Literasi Sekolah 25-29 Juli 2019

Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen Dr. Sutanto, SH, MA mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) 25-29 Juli 2019.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen Dr. Sutanto, SH, MA mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) 25-29 Juli 2019.

 

 

"Rencana nya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan Inmembuka secara resmi acara tersebut di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud pada Jumat pagi 26 Juli 2019," kata Sekretaris Dirjen Dikdasmen Sutanto dalam taklimat media di Jakarta, Kamis.

 

Menurut Sutanto, ajang tahunan yang sudah menginjak tahun ketiga pelaksanaan ini terdiri dari dua acara besar.

 

Pertama, lomba literasi. Lomba ini melibatkan 704 siswa jenjang SD, SMA, SMK dan SLB se-Indonesia. Mereka akan berlaga di 25 mata lomba, antara lain menulis cerpen, mencipts komik digital dan vokasi moda bergerak. Jika digabung dengan juri, panitia dan pendamping, partisipan lomba literasi berjumlah 1.545 orang. Pelaksanaan lomba tersebar di Jakarta, Tangerang dan Bogor.

 

Kedua, Festival Literasi. Acara ini digelar di Plaza Insan Berprestasi dan Perpustakaan Kemendikbud dalam bentuk diskusi, pelatihan, peluncuran dan bedah buku serta pemutaran film.

 

"Acara ini melibatkan 100 narasumber dari berbagai unsur," kata Sutanto.

 

Menurut dia, pemateri dan moderator dalam acara ini terdiri kalangan guru, siswa, Kepala sekolah, penggiat literasi, praktisi Pendidikan, blogger, vlogger, sastrawan, akademisi, penulis belia dan dewasa, Pekerja film, LSM, dan birokrat.

"Tahun ini tema yang diangkat adalah : 'Multiliterasi: Mengembangkan Kemandirian dan Menumbuhkan Inovasi'. Melalui tema ini diharapkan gerakan literasi yang dijalankan terutama di satuan pendidikan dapat mendorong tumbuh kembangnya kemandirian dan Inovasi warga sekolah.

"Pada era Revolusi Industri 4.0, kemandirian dan Inovasi merupakan dua komponen penting agar dapat menghadapi persaingan pada abad XXI," ujarnya. 

 

"Kegiatan berliterasi tidak berhenti pada kemampuan membaca dan berpikir kritis, melainkan mengarah pada keterampilan menggunakan seluruh potensi literasi melalui beragam media sesuai perubahan dan perkembangan zaman, yang dengan begitu para pelakunya dapat terlibat dan berpartisipasi dalam masyarakat," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Tingkatkan Pelayanan Infrastruktur dan Transaksi

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak. Memasuki semester 2/2019, peningkatan pelayanan infrastruktur dan transaksi semakin digencarkan. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Libatkan Lebih dari 8.500 Mahasiswa Kelola Sampah Plastik, Sinergi Jasa Marga – UI Catat Rekor MURI

Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Read more...

Info Jalan Tol

Tingkatkan Pelayanan Kepada Pengguna Jalan, ATI Teken MoU dengan Para Regulator

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. Asosiasi yang terdiri dari 54 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini turut menandatangani nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan para regulator terkait.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. Asosiasi yang terdiri dari 54 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini turut menandatangani nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan para regulator terkait.

Read more...