yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Gandeng BMT, Kemenkop dan UKM Formulasikan Skema Pembiayaan Murah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Dalam upaya mewujudkan pembiayaan yang adil dan merata, Kementerian Koperasi dan UKM mengaku tengah menggodok skema pembiayaan baru yang tak hanya murah, tapi juga mudah diakses bagi para pelaku UMKM terutama usaha mikro.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tinjau Pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai, Presiden Jokowi: Kita Harapkan Selesai April 2020

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA:  Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Riau Samsuar meninjau pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai, Jumat (21/2/2020). Saat ini progres konstruksi telah mencapai 87,74% dan ditargetkan beroperasi pada akhir April 2020.

Read more...

Kemendikbud Gelar Festival Literasi Sekolah 25-29 Juli 2019

Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen Dr. Sutanto, SH, MA mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) 25-29 Juli 2019.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen Dr. Sutanto, SH, MA mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar Festival Literasi Sekolah (FLS) 25-29 Juli 2019.

 

 

"Rencana nya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan Inmembuka secara resmi acara tersebut di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud pada Jumat pagi 26 Juli 2019," kata Sekretaris Dirjen Dikdasmen Sutanto dalam taklimat media di Jakarta, Kamis.

 

Menurut Sutanto, ajang tahunan yang sudah menginjak tahun ketiga pelaksanaan ini terdiri dari dua acara besar.

 

Pertama, lomba literasi. Lomba ini melibatkan 704 siswa jenjang SD, SMA, SMK dan SLB se-Indonesia. Mereka akan berlaga di 25 mata lomba, antara lain menulis cerpen, mencipts komik digital dan vokasi moda bergerak. Jika digabung dengan juri, panitia dan pendamping, partisipan lomba literasi berjumlah 1.545 orang. Pelaksanaan lomba tersebar di Jakarta, Tangerang dan Bogor.

 

Kedua, Festival Literasi. Acara ini digelar di Plaza Insan Berprestasi dan Perpustakaan Kemendikbud dalam bentuk diskusi, pelatihan, peluncuran dan bedah buku serta pemutaran film.

 

"Acara ini melibatkan 100 narasumber dari berbagai unsur," kata Sutanto.

 

Menurut dia, pemateri dan moderator dalam acara ini terdiri kalangan guru, siswa, Kepala sekolah, penggiat literasi, praktisi Pendidikan, blogger, vlogger, sastrawan, akademisi, penulis belia dan dewasa, Pekerja film, LSM, dan birokrat.

"Tahun ini tema yang diangkat adalah : 'Multiliterasi: Mengembangkan Kemandirian dan Menumbuhkan Inovasi'. Melalui tema ini diharapkan gerakan literasi yang dijalankan terutama di satuan pendidikan dapat mendorong tumbuh kembangnya kemandirian dan Inovasi warga sekolah.

"Pada era Revolusi Industri 4.0, kemandirian dan Inovasi merupakan dua komponen penting agar dapat menghadapi persaingan pada abad XXI," ujarnya. 

 

"Kegiatan berliterasi tidak berhenti pada kemampuan membaca dan berpikir kritis, melainkan mengarah pada keterampilan menggunakan seluruh potensi literasi melalui beragam media sesuai perubahan dan perkembangan zaman, yang dengan begitu para pelakunya dapat terlibat dan berpartisipasi dalam masyarakat," katanya. (Agus)

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Twitter

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Siap Hadapi Libur Nataru

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: ASTRA Tol Tangerang-Merak mengoptimalkan layanan jalan tol menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (NATARU) yang terdiri atas layanan operasional, infrastruktur, pendukung dan informasi.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Pekerjaan Penyempurnaan _Expansion Joint_ dan Permukaan Perkerasan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Layang Dilakukan di Akhir Pekan, Jasa Marga Imbau Pengguna Jalan Rencanakan Perjalanan

PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _(Elevated)_ terus melakukan pekerjaan penyempurnaan _Expansion Joint_ dan permukaan perkerasan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II _(Elevated)_ di kedua jalur, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.BEKASI, JURNAL IBUKOTA: (21/02) PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _(Elevated)_ terus melakukan pekerjaan penyempurnaan _Expansion Joint_ dan permukaan perkerasan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II _(Elevated)_ di kedua jalur, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Read more...