yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Berbicara dalam Diskusi Forkopimda, Teten Beberkan 5 Sumber Masalah Utama UMKM. Apa saja ?

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjadi salah satu pembicara dalam acara diskusi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Teten berbicara di sesi panel keenam bersama Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Hingga Akhir 2019, Beroperasi 501 Km Jalan Tol di Pulau Sumatera

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera sepanjang 2.974 Km dari Lampung hingga Aceh yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2024. Hingga November 2019, Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi sepanjang 467,6 km.

Read more...

Mendikbud: Seminar Peran Perempuan dalam Pencegahan Korupsi, Wujud Komitmen Kemendikbud dalam Berantas Korupsi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus melakukan upaya dalam pemberantasan praktik-praktik korupsi di lingkungan pendidikan dan kebudayaan, khususnya di lingkungan Kemendikbud. Salah satunya melalui penyelenggaraan seminar dengan tema “Peran Perempuan dalam Pencegahan Korupsi” yang dilaksanakan hari ini sebagai wujud komitmen Kemendikbud memberantas korupsi.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus melakukan upaya dalam pemberantasan praktik-praktik korupsi di lingkungan pendidikan dan kebudayaan, khususnya di lingkungan Kemendikbud. Salah satunya melalui penyelenggaraan seminar dengan tema “Peran Perempuan dalam Pencegahan Korupsi” yang dilaksanakan hari ini sebagai wujud komitmen Kemendikbud memberantas korupsi.

 

 

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy usai acara seminar tersebut yang dilaksanakan di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (19/03/2018). “Hari ini kita menyelenggarakan seminar bekerjasama dengan KPK dan melibatkan peran perempuan dalam pemberantasan korupsi, khusus di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, merupakan bagian dari Komitmen Kemendikbud untuk ikut memberantas praktik-praktik korupsi, termasuk parktik-praktik gratifikasi khususnya di lingkungan Kemendikbud,” tutur Mendikbud.

 

Tema tersebut diangkat dalam rangka memberikan inspirasi dan semangat kepada pegawai perempuan dan Dharmawanita di lingkungan Kemendikbud untuk berperan aktif dalam pencegahan tindak pidana korupsi, dan menjadikan Kemendikbud sebagai kementerian yang bebas dari korupsi. Selain itu juga, penyelenggaraan seminar dilaksanakan dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional “Saya Perempuan Anti Korupsi” (GN SPAK).

 

Pada kesempatan ini, Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, yang hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut mengatakan bahwa dunia pendidikan harus menjadi tempat yang benar-benar bersih dari korupsi. “Karena di tempat pendidikan inilah manusia-manusia yang kita harapkan nantinya membawa Indonesia ini ke depan, dan harus benar-benar bersih dari korupsi. Itu sebabnya kita sebenarnya yang paling utama, bagaimana seluruh tempat pendidikan baik dari tingkat paling rendah sampai tingkat paling tinggi harusnya tidak ada korupsi semuanya,” jelas Wakil Ketua KPK.

 

Ia berpesan dengan pengelolaan dana fungsi pendidikan 20 persen dari APBN harus di kawal penggunaan dananya. “Ini harus kita kawal supaya dana dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pendidik dari tingkat kementerian sampai tingkat daerah, dan dimanfaatkan dengan baik untuk pendidikan anak-anak kita, dari mulai tingkat bawah sampai tingkat atas dan ini menjadi perhatian dari KPK,” pesan Wakil Ketua KPK.

 

Selanjutnya, Penasihat Dharmawanita (DWP) Kemendikbud, Wida Muhadjir Effendy mengatakan, dengan penyelenggaraan seminar yang berlangsung hari ini dapat memberikan inspirasi kepada para perempuan, khususnya di lingkungan Kemendikbud dalam mengatasi korupsi. “Harapan kedepannya untuk pemberantasan korupsi, pegawai perempuan di lingkungan Kemendikbud dapat terlibat aktif dimana pun,” pesan Ibu Wida.

 

Seminar ini diikuti oleh pejabat eselon I beserta isteri, dan pegawai perempuan dari seluruh unit utama dan pengurus serta anggota Dharmawanita Kemendikbud dengan jumlah peserta 280 orang. Sedangkan narasumber yang turut mengisi materi dalam acara tersebut adalah Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan; Penasihat DWP Kemendikbud, WIda Muhadjir Effendy; Inspektur Jenderal Kemen7terian Agama, M. Nur Cholis Setiawan; dan Wakil Koordinator ICW, Ade Irawan. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Tingkatkan Pelayanan Infrastruktur dan Transaksi

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak. Memasuki semester 2/2019, peningkatan pelayanan infrastruktur dan transaksi semakin digencarkan. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Libatkan Lebih dari 8.500 Mahasiswa Kelola Sampah Plastik, Sinergi Jasa Marga – UI Catat Rekor MURI

Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Read more...

Info Jalan Tol

Tingkatkan Pelayanan Kepada Pengguna Jalan, ATI Teken MoU dengan Para Regulator

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. Asosiasi yang terdiri dari 54 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini turut menandatangani nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan para regulator terkait.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. Asosiasi yang terdiri dari 54 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini turut menandatangani nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan para regulator terkait.

Read more...