yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Sinergi Dekranas dan Kemenkop UKM Kembangkan Pengrajin Wastra Lombok Sumbawa

MANDALIKA, JURNAL IBUKOTA:    Rangkaian sinergi program antara Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan Kementerian Koperasi dan UKM di lima destinasi wisata super prioritas, berlanjut di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Ini adalah rangkaian sinergi terakhir tahun 2021 setelah dilaksanakan di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Borobudur Magelang, Danau Toba Sumatera  Utara, dan Likupang Sulawesi Utara.  

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Apresiasi Kontrak Investasi Kolektif oleh BP Tapera untuk Dukung Pembiayaan Perumahan MBR yang Berkelanjutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengapresiasi BP Tapera meluncurkan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) Pemupukan Dana Tapera Pasar Uang sebagai langkah awal pengelolaan Dana Tapera melalui pasar modal. Dengan langkah strategis tersebut, pengelolaan dana Tapera dapat dijalankan secara optimal, baik untuk tujuan menjaga likuiditas maupun peningkatan nilai, sehingga dapat mendukung ketersediaan pembiayaan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) secara berkelanjutan. 

Read more...

Lantik 92 Pejabat Administrator, Menteri Basuki Kembali Tekankan 4 Fundamental Membentuk Pribadi Berintegritas

Menterin Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik 92 pejabat administrator (setingkat eselon III) di lingkungan Kementerian PUPR di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (22/9/2021). Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 1196/KPTS/M/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Administator di Lingkungan Kementerian PUPR. JAKARTA,JURNAL IBUKOTA:  Menterin Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik 92 pejabat administrator (setingkat eselon III) di lingkungan Kementerian PUPR di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (22/9/2021). Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 1196/KPTS/M/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Administator di Lingkungan Kementerian PUPR. 

 

 

Prosesi pelantikan dilakukan dengan seremonial sederhana yang diwakili beberapa peserta sesuai Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Sedangkan sejumlah peserta lainnya mengikuti pelantikan secara virtual dari daerahnya masing-masing. 

 

Dalam sambutannya Menteri Basuki berpesan kepada pejabat yang dilantik untuk melaksanakan amanah, khususnya bagi yang memegang amanah  mengelola keuangan negara untuk meluruskan niat didasari pada niat yang baik dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Menteri Basuki mengingatkan kembali pesan 4 Big No yakni No bribery (suap), no kickback (imbalan), no gift (hadiah), no luxurious lifestyle (tetaplah sederhana). 

 

“Pegang itu, selalu ingat keluarga sehingga bisa bekerja lebih baik ke depan. Kami semua berharap saudara sekalian bisa terus maju menapak karier ke depan,” pesan Menteri Basuki. 

 

Menteri Basuki menegaskan kepada para pejabat yang dilantik untuk dapat menjadi pemimpin yang memiliki integritas, berkarakter baik dan kuat, disiplin, dan professional. Menteri Basuki juga menginstruksikan kepada Sekretaris Jenderal untuk mendata dan menegakkan disiplin kehadiran pegawai sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 94 Tahun 2021. “Bapak/Ibu yang dilantik hari ini adalah pemimpin dan akan mewarnai kinerja Kementerian PUPR ke depan. Eselon III menjadi ujung tombak dalam membangun organisasi.” kata Menteri Basuki.  

 

Lebih lanjut, Menteri Basuki juga meminta agar para pimpinan di Kementerian PUPR berkarakter kuat dengan sifat berani dan tangguh, tetapi juga tetap menjadi pribadi yang baik dan rendah hati, sederhana dan menyenangkan bagi orang di sekitarnya. “Berani karena berintegritas. Tugas bapak/ibu sekalian di eselon 3 adalah membuat keputusan, diikuti dengan kewenangan dan tanggung jawab dalam membangun organisasi,” tutur Menteri Basuki. 

 

Pejabat yang dilantik di antaranya dari  Sekretariat Jenderal Raden Dodi Priyono sebagai Kepala Bagian Administrasi Penganggaran, Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air Haeruddin C. Maddi sebagai Kepala Sub direktorat Wilayah I Direktorat Sungai dan Pantai, Ditjen Bina Marga Apri Artoto sebagai Kepala Subdirektorat Strategis Program dan Anggaran Direktorat Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan, Ditjen Cipta Karya  Karya Ary Prasetyo sebagai Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik. 

 

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki juga menyampikan bahwa kurang familiar secara personal dengan sebagian besar pejabat yang dilantik, menandakan bahwa proses reorganisasi di lingkungan Kementerian PUPR berjalan dengan baik.

 

Turut mendampingi Menteri Basuki, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR  Mohammad Zainal Fatah, Inspektur Jenderal Kementerian PUPR T. Iskandar, Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, Dirjen Perumahan Khalawi AH, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Herry Trisaputra Zuna, Dirjen Bina Konstruksi Yudha Mediawan, Kepala BPIW Rachman Arief Dienaputra dan Kepala BPSDM Sugiyartanto. (*)

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Twitter

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Musibah/Bencana

[Update] – Lebih dari 300 Rumah Rusak di Beberapa Wilayah Provinsi Jatim

Gempa dengan magnitudo (M)6,1 berdampak pada kerusakan bangunan rumah di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Timur. Data BNPB hari ini, Sabtu (10/4), pukul 20.00 WIB,  lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Gempa dengan magnitudo (M)6,1 berdampak pada kerusakan bangunan rumah di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Timur. Data BNPB hari ini, Sabtu (10/4), pukul 20.00 WIB,  lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat. 

Read more...

Info Jalan Tol

Jasa Marga Raih Predikat Menuju Informatif Dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021

PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih predikat sebagai Badan Publik dengan kualifikasi “Menuju Informatif” dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (26/10).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: (26/10) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih predikat sebagai Badan Publik dengan kualifikasi “Menuju Informatif” dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (26/10).

Read more...