yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menkop UKM Minta UMKM di NTT Berkoperasi

KUPANG, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki meminta semua pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Nusa Tenggara Timur (NTT) agar mendirikan dan bergabung dalam koperasi. Sebab, dengan bergabung dalam koperasi maka kesulitan permodalan, pemasaran dan pengembangan sumber daya mansuai bisa diatasi lewat koperasi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Beroperasi 648 Km, Jalan Tol Trans Sumatera Siap Layani Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera dari Provinsi Lampung hingga Aceh sepanjang 2.987 Km. Saat ini sepanjang 648 km ruas tol sudah beroperasi dan siap digunakan untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang jatuh pada 23 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021. Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terdiri dari koridor utama (back bone) sepanjang 2.069 km dan koridor pendukung (sirip) 919 km. 

Read more...

Dorong Peningkatan SDM Kementerian PUPR, Menteri Basuki Lantik Pejabat Fungsional Assessor SDM Aparatur Ahli Utama

Dalam rangka menindaklanjuti visi Presiden Joko Widodo 2020-2024 tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik Prof. (R). DR. Anita Firmanti sebagai Pejabat Fungsional Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama di Auditorium Kementerian PUPR, Jumat (26/6/2020). JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Dalam rangka menindaklanjuti visi Presiden Joko Widodo 2020-2024 tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik Prof. (R). DR. Anita Firmanti sebagai Pejabat Fungsional Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama di Auditorium Kementerian PUPR, Jumat (26/6/2020). 

 

 

“Hari ini kita menyaksikan Bu Anita dilantik menjadi Pejabat Fungsional Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama, di mana sekarang tugasnya akan lebih fokus mengurusi SDM. Kami mengharapkan sumbangsih ide-ide untuk dapat meningkatkan kualitas SDM di lingkungan Kementerian PUPR,” kata Menteri Basuki.

 

Sebelum dilantik menjadi Pejabat Fungsional Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama, Anita merupakan  Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR periode 2016-2020, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) 2015-2016, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Balitbang Kementerian PUPR 2008-2015, dan Peneliti Utama Balai Bahan Bangunan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Balitbang Kementerian PUPR.

 

Pada kesempatan ini, Menteri Basuki mengatakan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, pejabat fungsional harus mampu memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan melalui layanan fungsional yang nyata dan hasil kerja yang terukur, seperti rekomendasi teknis, hasil analisis, pengolahan data. “Kita menuju ke arah spesialisasi melalui keahlian jabatan fungsional dimana  kinerja seluruh pegawai dinilai dari waktu ke waktu,” ujar Menteri Basuki.

 

Menteri Basuki juga berpesan kepada Pejabat Fungsional yang dilantik untuk meluruskan niat menerima amanah ini didasari pada niat yang baik dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. 

 

Jabatan Fungsional Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan penilaian kompetensi manajerial.  Adapun tugas Jabatan Fungsional Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama di antaranya adalah menjadi ketua tim pada metode kompleks, wawancara/diskusi untuk memvalidasi konsep kompetensi kepada pemangku jabatan struktural eselon I dan II, menentukan target validator, menetapkan konsep simulasi serta memberi bimbingan pada assessor.

 

Pelantikan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di antaranya peserta wajib mengenakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun. Sebelumnya, Menteri Basuki telah melantik 511 Pejabat Fungsional Ahli Madya dan 1.261 Pejabat Fungsional Ahli Muda sebagai hasil dari Penyetaraan Jabatan Administrasi (eselon III dan IV) pada 16 Juni 2020. 

 

Turut mendampingi Menteri Basuki, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo, Inspektur Jenderal Kementerian PUPR Widiarto, Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Dirjen Cipta Karya Danis Sumadilaga, Dirjen Perumahan Khalawi AH, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Eko Djoeli Heripoerwanto, Dirjen Bina Konstruksi Trisasongko Widianto, Kepala BPIW Hadi Sucahyono dan Kepala BPSDM Sugiyartanto. (*)

 

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Twitter

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Arus Balik, Posko Penyekatan Kendaraan di Km 30 Gerbang Tol Cikupa arah Jakarta Mulai Dioperasionalkan

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA (27/5): Memasuki arus balik pasca Idul Fitri 1441 H, Kepolisian Daerah Metro Jaya memberlakukan pengendalian transportasi melalui titik penyekatan kendaraan dari arah Merak menuju Jakarta di Km 30 Gerbang Tol Cikupa. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Info Jalan Tol

Jasa Marga Raih Dua Penghargaan di Ajang 4th BUMN Award 2020

Prestasi kembali diraih oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada ajang 4th BUMN Award 2020 yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi. Pada ajang yang berlangsung secara virtual pada Jumat (27/11) tersebut, Jasa Marga berhasil meraih dua penghargaan, yakni Very Good Financial Performance of Indonesia Best BUMN Award 2020 dan Developing Contactless Transaction Services.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: (27/11) -- Prestasi kembali diraih oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada ajang 4th BUMN Award 2020 yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi. Pada ajang yang berlangsung secara virtual pada Jumat (27/11) tersebut, Jasa Marga berhasil meraih dua penghargaan, yakni Very Good Financial Performance of Indonesia Best BUMN Award 2020 dan Developing Contactless Transaction Services.

Read more...