yt-banner1
yt-banner2

Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja di Raja Ampat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan layanan sanitasi sebagai salah satu pelayanan dasar kepada masyarakat. Di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, sebagai salah satu destinasi wisata yang berkembang pesat Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya telah menyelesaikan pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) untuk mengurangi pencemaran dari limbah tinja sekaligus meningkatkan kenyamanan daerah wisata.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan layanan sanitasi sebagai salah satu pelayanan dasar kepada masyarakat. Di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, sebagai salah satu destinasi wisata yang berkembang pesat Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya telah menyelesaikan pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) untuk mengurangi pencemaran dari limbah tinja sekaligus meningkatkan kenyamanan daerah wisata.

 

 

“Dengan adanya fasilitas ini, limbah tinja yang dibawa truk tinja secara periodik akan diolah di IPLT ini. Hasil pengolahannya aman dibuang ke saluran air dan diharapkan bisa mengurangi pencemaran air dan tanah dari bakteri ecoli,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

 

Pembangunan IPLT Raja Ampat telah mulai dikerjakan pada 17 Juli 2019 dan selesai pada 13 Desember 2019. Fasilitas yang dibangun meliputi bangunan Solid Separation Chamber (SSC), bangunan Anaerobic Baffle Reactor (ABR), bangunan Drying Area (DA), Kolam Fakultatif, Kolam Maturasi, Bak Indikator, Kolam Wetland serta kantor pengelola dan bangunan penunjang lainnya. 

 

Sarana dan Prasarana sanitasi ini dibangun melalui dana APBN sebesar Rp 4,6  miliar dengan kapasitas pengelolaan sebesar 50 m3 per hari. Lokasi IPLT sendiri dibangun di area yang jauh dari permukiman warga sehingga diharapkan masyarakat tidak terdampak polusi udara. Kepulauan Raja Ampat memiliki luas wilayah 46.108 km2 yang terbagi menjadi 10 distrik, 86 kampung, dan 4 dusun. 

 

Pembangunan IPLT sekaligus upaya Kementerian PUPR dalam mendukung layanan sanitasi di wilayah Kepulauan Raja Ampat yang merupakan salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang dikembangkan Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Penataan KSPN Raja Ampat dikerjakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk. 

 

Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya sebelumnya juga telah melakukan penataan kawasan wisata Bukit Piaynemo yang merupakan salah satu ikon Raja Ampat. Penataan dilakukan dengan membangun anak tangga menuju puncak bukit, kios suvenir, gardu pandang, rest area, serta tambatan perahu apung dan perahu kayu.

 

Dengan dibangunnya anak tangga sebanyak 320 buah, diharapkan meningkatkan kenyamanan dan mempermudah wisatawan menuju puncak bukit dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Anggaran pembangunannya sebesar Rp 19,9 miliar yang bersumber dari APBN TA 2018. (*)

 

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Twitter

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Pekerjaan Penyempurnaan _Expansion Joint_ dan Permukaan Perkerasan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Layang Dilakukan di Akhir Pekan, Jasa Marga Imbau Pengguna Jalan Rencanakan Perjalanan

PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _(Elevated)_ terus melakukan pekerjaan penyempurnaan _Expansion Joint_ dan permukaan perkerasan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II _(Elevated)_ di kedua jalur, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.BEKASI, JURNAL IBUKOTA: (21/02) PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _(Elevated)_ terus melakukan pekerjaan penyempurnaan _Expansion Joint_ dan permukaan perkerasan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II _(Elevated)_ di kedua jalur, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Read more...