yt-banner1
yt-banner2

Konstruksi & Infrastruktur

Tinjau Pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai, Presiden Jokowi: Kita Harapkan Selesai April 2020

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA:  Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Riau Samsuar meninjau pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai, Jumat (21/2/2020). Saat ini progres konstruksi telah mencapai 87,74% dan ditargetkan beroperasi pada akhir April 2020.

Read more...

Kementerian PUPR Gelar Workshop Konstruksi Bagi 2.405 Mahasiswa di Lampung

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Provinsi Lampung menyelenggarakan Workshop Konstruksi bagi 2.405 mahasiswa. Kegiatan ini dalam rangka _link and match_ antara kebutuhan Badan Usaha Jasa Konstruksi terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) terampil kompeten yang bersumber dari lembaga pendidikan. LAMPUNG, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Provinsi Lampung menyelenggarakan Workshop Konstruksi bagi 2.405 mahasiswa. Kegiatan ini dalam rangka _link and match_ antara kebutuhan Badan Usaha Jasa Konstruksi terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) terampil kompeten yang bersumber dari lembaga pendidikan. 

 

 

Peserta yang turut dalam pelatihan antara lain dari Universitas Lampung (1.318 orang), Universitas Bandar Lampung (316 orang), Universitas Malahayati (188 orang), Universitas Saburai (108 orang), Universitas Muhammadiyah Lampung (42 peserta), Universitas Muhammadiyah Metro (57 orang), Universitas Megou pak Tulang Bawang (3 orang), Institut Teknologi Sumatera (371 orang), dan Sekolah Tinggi Teknik Nusantara (2 orang). 

 

"Seperti kita ketahui bahwa era industri 4.0 merupakan era digitalisasi, di mana dibutuhkan persaingan inovasi dan keahlian. Untuk itu butuh penguatan pembinaan SDM di Perguruan Tinggi, Politeknik, Pesantren, dan SMK," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu. 

 

Kementerian PUPR sebagai pembina jasa konstruksi nasional telah meningkatkan kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan mulai dari SMK, Politeknik hingga Universitas sesuai fokus Pemerintah saat ini untuk pengembangan SDM Indonesia khususnya bidang konstruksi.

 

“Perguruan Tinggi sebagai Centre of Excellent para tenaga ahli bidang konstruksi harus merespons isu-isu strategis bidang konstruksi, seperti _sustainable construction_, _value engineering_, _Building Information Modelling_, serta penggunaan teknologi informasi pada era industri 4.0,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi Syarif Burhanuddin saat menjadi narasumber Kuliah Umum dan Workshop Peningkatan Kompetensi Tenaga Ahli Bidang Jasa Konstruksi di Bandar Lampung, Jumat (12/4/2019).

 

Selanjutnya kerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui program mahasiswa magang pada proyek infrastruktur. Kementerian PUPR memberikan fasilitas akses kepada 6.000 mahasiswa perguruan tinggi maupun politeknik di seluruh Indonesia untuk magang di proyek-proyek yang dilakukan oleh BUJK. 

 

“Pemerintah juga memiliki inovasi dalam pelayanan publik untuk mempercepat sertifikasi yang berbasis online, yaitu Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri atau SIBIMA Konstruksi. Di mana adik-adik (mahasiswa) bisa mengaksesnya dengan mudah, murah dan efektif,” ujar Syarif.

 

Dalam mendorong kesiapan kompetensi tenaga kerja konstruksi, Kementerian PUPR terus meningkatkan kompetensi SDM bidang konstruksi melalui Program Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo pada 19 Oktober 2017. Kepemilikan sertifikat kompetensi kerja merupakan kewajiban bagi para pekerja konstruksi sebagaimana diatur dalam UU  No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. 

 

Syarif mengatakan, selain bertujuan untuk mengukur kompetensi para tenaga kerja konstruksi, sertifikasi juga akan memudahkan lulusan perguruan tinggi dan politeknik mendapat pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.

Program ini juga untuk memenuhi jumlah tenaga kerja konstruksi bersertifikat di Indonesia. Berdasarkan data LPJKN per April 2019, jumlah tenaga kerja konstruksi bersertifikat baru sebesar 627.500 orang yang terdiri dari 429.588 orang tenaga terampil dan 197.892 tenaga ahli atau sekitar 7,6 % dari total jumlah tenaga kerja konstruksi sebesar 8,3 juta orang.

 

Wakil Rektor II Universitas Lampung Muhammad Kamal mengatakan, pembangunan infrastruktur memegang peranan penting untuk membangun bangsa. Karena itu, mahasiswa harus mengambil kesempatan tersebut dengan menjadi bagian di dalamnya. 

 

"Saya harap mahasiswa semua yang hadir di sini untuk serius mengikuti acara ini dan semoga mendapat pengetahuan yang lebih terutama di sektor konstruksi, bahkan untuk yang hampir lulus bisa bawa sertifikat", tutur Kamal yang mewakili Rektor Universitas Lampung. 

 

Kegiatan workshop digelar selama dua hari mulai 12-13 April 2019 atas kerjasama Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang, Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung dan Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK). Acara ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dan awareness dalam pembinaan dan peningkatan kapasitas SDM bidang konstruksi. (*)

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Twitter

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Siap Hadapi Libur Nataru

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: ASTRA Tol Tangerang-Merak mengoptimalkan layanan jalan tol menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (NATARU) yang terdiri atas layanan operasional, infrastruktur, pendukung dan informasi.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Pekerjaan Penyempurnaan _Expansion Joint_ dan Permukaan Perkerasan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Layang Dilakukan di Akhir Pekan, Jasa Marga Imbau Pengguna Jalan Rencanakan Perjalanan

PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _(Elevated)_ terus melakukan pekerjaan penyempurnaan _Expansion Joint_ dan permukaan perkerasan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II _(Elevated)_ di kedua jalur, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.BEKASI, JURNAL IBUKOTA: (21/02) PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _(Elevated)_ terus melakukan pekerjaan penyempurnaan _Expansion Joint_ dan permukaan perkerasan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II _(Elevated)_ di kedua jalur, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Read more...