yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

MenKop UKM Minta Pendekatan Rantai Pasok Menjadi Skema Pembiayaan Bank bagi UMKM

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Dukungan akses pembiayaan perbankan terhadap UMKM semakin didorong dengan penerbitan ketentuan Bank Indonesia (BI). Dimana pendekatan kredit atau pembiayaan secara rantai pasok, dapat menjadi salah satu skema pembiayaan kepada UMKM. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tiga Balai Pengembangan Kompetensi Kementerian PUPR Terima Sertifikat Akreditasi Lembaga Pelatihan Pemerintah Tahun 2021

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Setelah melalui serangkaian tahapan proses penilaian akreditasi lembaga pelatihan pemerintah yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN), 3 Balai Pengembangan Kompetensi Kementerian PUPR bersama dengan lembaga pelatihan pemerintah lainnya menerima Sertifikat Akreditasi Lembaga Pelatihan Pemerintah Tahun 2021 di Jakarta pada Senin, (6/12/2021). 

Read more...

Jasa Marga Raih Predikat Menuju Informatif Dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021

PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih predikat sebagai Badan Publik dengan kualifikasi “Menuju Informatif” dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (26/10).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: (26/10) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih predikat sebagai Badan Publik dengan kualifikasi “Menuju Informatif” dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (26/10).

 

 

Dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin ini, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tahun 2021, Jasa Marga berhasil naik tiga peringkat kualifikasi dari tahun 2020, dengan total skor sebesar 80,74.

 

“Hasil penilaian ini diharapkan menjadi sarana introspeksi semua Badan Publik untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dan produktivitasnya walaupun di tengah pandemi COVID-19,” ujar Ma’ruf Amin secara virtual.

 

Pelaksanaan penilaian monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik terhadap Badan Publik, termasuk Jasa Marga, merupakan bagian dari amanat Undang-Undang No. 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik selama satu tahun terakhir.

 

Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Gede Narayana mengatakan, Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) terhadap Badan Publik dapat menjadi catatan dan rekam jejak dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Indonesia. 

 

Adanya IKIP pada Badan Publik, lanjut Gede Narayana, juga memudahkan bagi _stakeholder_ dalam mengevaluasi pelaksanaan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik yang telah dijalankan oleh Badan Publik.

 

“Hasil penganugerahan monitoring evaluasi bukan suatu ajang yang dimaknai sebagai kontestasi antar Badan Publik, tetapi harus dimaknai sebagai tolak ukur implementasi keterbukaan informasi publik di tanah air,” ujar Gede Narayana.

 

Corporate Communication & Community Development Group Head yang merupakan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, sebagai perusahaan jalan tol terbesar di Indonesia, Jasa Marga menjamin _level of service_ untuk kemanan dan kenyamanan pengguna jalan, termasuk menjamin pelayanan informasi publik yang terus ditingkatkan tiap tahunnya.

 

“Alhamdulillah, setelah tahun lalu Jasa Marga berada dalam tahap “Tidak Informatif”, tahun ini kami berhasil naik tiga peringkat dengan kualifikasi “Menuju Informatif”. Di tahun 2021, Jasa Marga secara resmi meluncurkan sejumlah inovasi berbasis teknologi untuk pelayanan informasi publik, di antaranya mengembangkan website e-PPID sebagai layanan informasi publik secara online, meluncurkan Jasa Marga Toll Road Command Center sebagai pusat pengendali lalu lintas jalan tol dan aplikasi Travoy 3.0 yang menjadi _one-stop solution_ dalam mendapatkan berbagai informasi terkini seputar jalan tol,” ujar Heru.

 

Heru menambahkan, untuk memaksimalkan eksposur informasi agar diterima dengan baik oleh masyarakat, Jasa Marga juga senantiasa berkolaborasi dengan sejumlah _stakeholder_, di antaranya dengan Badan SAR Nasional, Indonesia Flying Club, pelaksanaan kegiatan Temu Pelanggan hingga informasi publik yang juga disampaikan oleh rekan-rekan media massa kepada masyarakat.

 

“Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, Jasa Marga optimis untuk terus menjadi Badan Publik yang terpercaya dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan informasi publik yang informatif, cepat dan akurat sesuai kaidah dan ketentuan yang berlaku,” tutup Heru. (Agus)

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Twitter

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Musibah/Bencana

[Update] – Lebih dari 300 Rumah Rusak di Beberapa Wilayah Provinsi Jatim

Gempa dengan magnitudo (M)6,1 berdampak pada kerusakan bangunan rumah di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Timur. Data BNPB hari ini, Sabtu (10/4), pukul 20.00 WIB,  lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Gempa dengan magnitudo (M)6,1 berdampak pada kerusakan bangunan rumah di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Timur. Data BNPB hari ini, Sabtu (10/4), pukul 20.00 WIB,  lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat. 

Read more...

Info Jalan Tol

Jasa Marga Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Bencana Erupsi Gunung Semeru

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di wilayah Lumajang dan sekitarnya. Jenis bantuan yang diberikan yaitu ratusan paket berisi kebutuhan pokok, pakaian dan obat-obatan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: (08/12), PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di wilayah Lumajang dan sekitarnya. Jenis bantuan yang diberikan yaitu ratusan paket berisi kebutuhan pokok, pakaian dan obat-obatan.

Read more...