yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menkop UKM Kunjungi Pasar Beringharjo Pastikan Program PEN Tepat Sasaran

YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Dampak dari wabah Covid-19 memang begitu dahsyat menerpa para pelaku usaha. Tak terkecuali, bagi para pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta. "Omzet penjualan saya drop hingga 80%. Sekarang sudah ada peningkatan, tapi baru 20% saja, belum menutupi biaya produksi," ucap pedagang bernama Istinah yang sudah berdagang di sana selama 11 tahun.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Rencana Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Akan Dukung Pengembangan Wilayah di Bali

MENGWI, JURNAL IBUKOTA: Sebagai bentuk dukungan pengembangan pariwisata di Bali, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan konektivitas antar wilayah di Bali, baik melalui pembangunan jalan nasional dan jalan tol, salah satunya adalah rencana pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi dengan total panjang sekitar 95 km. 

Read more...

Dukung Keberlangsungan Usaha, Jasa Marga Salurkan Rp 1,4 Miliar kepada UMKM dan Mitra Binaan Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri ini memberikan dampak yang signifikan, salah satunya adalah kondisi daya jual para pelaku Usaha Mikro Kecil  Menengah (UMKM) dan Mitra Binaan yang semakin menurun sehingga terhambat dalam menjalankan usahanya. PT Jasa Marga (Persero) Tbk berkomitmen untuk terus ulurkan tangan kepada para pelaku UMKM dan Mitra Binaan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: (08/07) - Pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri ini memberikan dampak yang signifikan, salah satunya adalah kondisi daya jual para pelaku Usaha Mikro Kecil  Menengah (UMKM) dan Mitra Binaan yang semakin menurun sehingga terhambat dalam menjalankan usahanya. PT Jasa Marga (Persero) Tbk berkomitmen untuk terus ulurkan tangan kepada para pelaku UMKM dan Mitra Binaan.

 

 

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan bahwa hingga saat ini, Perseroan telah menyalurkan Rp1,4 miliar selama masa pandemi Covid-19 guna mendorong semangat para pengusaha agar terus bertahan dalam situasi seperti ini. 

 

"Terdapat total 24 UMKM dan 4 Mitra Binaan yang telah kami bantu tersebar di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Bali dan Kalimantan Timur. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena UMKM termasuk salah satu sektor ekonomi yang terdampak cukup signifikan dikarenakan kemampuan daya beli masyarakat yang juga menurun," tambah Heru.

 

Heru menjelaskan, bantuan tersebut diberikan dalam bentuk penggunaan jasa produksi UMKM dan Mitra Binaan untuk berbagai kebutuhan sesuai bidang usahanya, terutama dalam memenuhi perlengkapan penanggulangan Covid-19 seperti masker, _hand sanitizer,_ Alat Pelindung Diri (APD) dan lainnya, yang juga Jasa Marga salurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

 

"Dengan terus berproduksi, diharapkan hal ini akan terus menjaga keberlangsungan usaha para pelaku UMKM dan Mitra Binaan tersebut. Dana yang kami gunakan untuk membantu UMKM ini berasal sebagian dari dana Bina Lingkungan yang dikhususkan untuk para pelaku UMKM, dan sebagian berasal dari realokasi Tunjangan Hari Raya (THR) Komisaris Direksi Jasa Marga Group." tambahnya.

 

Ardina Sport merupakan salah satu mitra binaan Jasa Marga sejak tahun 2011 dan bergerak pada bidang konveksi. Selama pandemi Covid-19, Jasa Marga telah menggunakan jasa produksi dari Ardina Sport sebanyak 17.000 pcs masker kain. Berlokasi di Rawa Lumbu Bekasi, Ardina Sport dapat memproduksi hingga 1.000 masker kain tiap harinya.

 

Selain itu, Esa Bumindo selaku UMKM binaan Jasa Marga juga memiliki kontribusi dalam pencegahan pandemi Covid-19. Berlokasi di Tangerang Banten, Esa Bumindo memproduksi cairan disinfektan, _hand sanitizer_ dan berbagai produk sabun cair. Esa Bumindo berhasil membantu Jasa Marga dalam memproduksi 3.750 liter keperluan _hand sanitizer_.

 

Pemilik Esa Bumindo Eman Suratman menjelaskan, UMKM-nya telah menjadi Mitra Binaan Jasa Marga sejak tahun 2011 sampai dengan saat ini. Selain mendapatkan modal usaha,  Esa Bumindo juga mendapatkan pesanan produk dari Jasa Marga guna mencegahan penyebaran Covid-19.

 

"Alhamdulillah usaha kami ini terus berinovasi dan terus berkembang, terlebih kami juga dapat memberdayakan warga sekitar untuk bekerja di tempat kami ini", tambah Eman.

 

Selama pandemi, Jasa Marga telah menggunakan jasa produksi UMKM Binaan untuk memproduksi 17.000 pcs masker kain, 3.750 liter  _hand sanitizer_ hingga 1.700 paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 wilayah operasional Jasa Marga Group serta di wilayah Jawa Barat dimana Jasa Marga merupakan koordinator Satgas Covid-19 BUMN wilayah tersebut. (Agus)

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Twitter

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Arus Balik, Posko Penyekatan Kendaraan di Km 30 Gerbang Tol Cikupa arah Jakarta Mulai Dioperasionalkan

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA (27/5): Memasuki arus balik pasca Idul Fitri 1441 H, Kepolisian Daerah Metro Jaya memberlakukan pengendalian transportasi melalui titik penyekatan kendaraan dari arah Merak menuju Jakarta di Km 30 Gerbang Tol Cikupa. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Info Jalan Tol

Pembebasan Lahan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Seksi 1 Capai 18,76%

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 171,516 Km yang dikelola oleh PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, saat ini tengah memasuki tahap pembebasan lahan untuk Seksi 1 Probolinggo-Besuki.PROBOLINGGO, JURNAL IBUKOTA (08/08)- Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 171,516 Km yang dikelola oleh PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, saat ini tengah memasuki tahap pembebasan lahan untuk Seksi 1 Probolinggo-Besuki.

Read more...