yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Berbicara dalam Diskusi Forkopimda, Teten Beberkan 5 Sumber Masalah Utama UMKM. Apa saja ?

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjadi salah satu pembicara dalam acara diskusi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Teten berbicara di sesi panel keenam bersama Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden Jokowi : Ketersediaan Infrastruktur Menjadi Pondasi Indonesia Menuju Negara Maju

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”. 

Read more...

Insan Koperasi Ziarah ke Makam Perintis Koperasi RA Wiraatmadja

Deputi bidang Sumber daya manusia Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto dan Deputi bidang pengawasan Kemenkop UKM Suparno mendampingi Bupati Banyumas Achmad Husein melakukan Ziarah dan Tabur Bunga ke makam Raden Aria Wiraatmadja tokoh perintis sistem perkoperasian di indonesia dalam Rangkaian Hari Koperasi Nasional ke-72. Purwokerto, Kamis (11/07/2019).PURWOKERTO, JURNAL IBUKOTA: Warga masyarakat kabupaten Banyumas merasa bangga karena Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke - 72 diselenggarakan di Kabupaten Banyumas. Berbagai agenda rangkaian peringatan Harkopnas di Purwokerto kabupaten Banyumas antara lain ziarah ke makam perintis koperasi, diskusi, bazar, bakti sosial dan lain-lain. 

 

 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM dan Dekopin atas diagendakannya ziarah dalam rangka Harkopnas, ini membanggakan warga masyarakat Banyumas," ucap Bupati Banyumas Achmad Husein, saat menerima rombongan Kementerian Koperasi dan UKM ziarah ke makam tokoh dan perintis yang menjalankan sistem koperasi di Indonesia, Raden Aria Wiraatmadja, Purwokerto, Kamis (11/7/2019).

 

Ia juga merasa senang atas kiprah Wiraatmadja yang sangat peduli dan konsisten memperjuangkan rakyat kecil yang sebagian besar hidup di bawah garis kemiskinan. Wirjaatmadja memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, ia mau menyisihkan sebagian gajinya untuk masyarakat lemah. Usaha tersebut kemudian dikenal sebagai koperasi.

 

Hadir dalam ziarah tersebut antara lain: Deputi Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno, Deputi SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto, Danrem 07 Banyumas, Polres, para camat, para Kepala Desa se-kabupaten Banyumas serta para penggerak koperasi. 

 

Suparno dalam kesempatan itu menilai bahwa Wiraatmadja merupakan tokoh ekonomi kerakyatan yang harus diteladani. "Koperasi-koperasi yang yang ada di Indonesia ini harus meneladani semangat beliau, koperasi prinsipnya harus menolong rakyat kecil serta pendidikan ekonomi kerakyatan yang beliau tanamkan sangat patut digelorakan," Harap Suparno. 

 

Sementara Rulli Nuryanto juga meminta masyarakat untuk kembali mengingat seluruh jasa dan peran Wiraatmadja dalam mengembangkan semangat berkoperasi di Indonesia. "Kita harapkan semangat beliau ikut tertular ke masyarakat dan dapat meningkatkan semangat mengembangkan koperasi di Indonesia," pintanya. 

 

Ia salut kepada Wiraatmadja yang merupakan pejabat tinggi waktu itu, tetapi mau menunjukkan kepedulian kepada rakyat kecil dan ini menurut Rulli merupakan hal yang langka di kalangan pejabat tinggi waktu itu

 

Sementara itu ahli waris yang juga Ketua Yayasan Aria Wirjaatmadja, R Arya R Prasetya mengungkapkan bahwa Wiraatmadja bergerak untuk menolong para pegawai pribumi dan masyarakat di sekitarnya dari jeratan rentenir dan pegadaian yang menerapkan bunga pinjaman tinggi waktu itu. Ia juga mendirikan bank penolong dan simpanan di Purwokerto yang melayani orang-orang pribumi pada 16 Desember 1895 yang seiring berjalannya waktu kini menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI) 

 

"Pada 1896, Wirjaatmadja merintis kegiatan berkoperasi yang meminjamkan uang kepada pamong praja, petani dan tukang yang telah menjadi anggota terlebih dahulu dengan menyetor sejumlah uang pangkal yang disebut sebagai simpanan/tabungan," kenang Prasetya.(Agus)

 

Caption:

Deputi bidang Sumber daya manusia Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto dan Deputi bidang pengawasan Kemenkop UKM Suparno mendampingi Bupati Banyumas Achmad Husein melakukan Ziarah dan Tabur Bunga ke makam Raden Aria Wiraatmadja tokoh perintis sistem perkoperasian di indonesia dalam Rangkaian Hari Koperasi Nasional ke-72. Purwokerto, Kamis (11/07/2019).

 

 

primi sui motori con e-max

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Tingkatkan Pelayanan Infrastruktur dan Transaksi

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak. Memasuki semester 2/2019, peningkatan pelayanan infrastruktur dan transaksi semakin digencarkan. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Libatkan Lebih dari 8.500 Mahasiswa Kelola Sampah Plastik, Sinergi Jasa Marga – UI Catat Rekor MURI

Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Read more...

Info Jalan Tol

Tingkatkan Pelayanan Kepada Pengguna Jalan, ATI Teken MoU dengan Para Regulator

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. Asosiasi yang terdiri dari 54 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini turut menandatangani nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan para regulator terkait.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. Asosiasi yang terdiri dari 54 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini turut menandatangani nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan para regulator terkait.

Read more...