yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Berbicara dalam Diskusi Forkopimda, Teten Beberkan 5 Sumber Masalah Utama UMKM. Apa saja ?

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjadi salah satu pembicara dalam acara diskusi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Teten berbicara di sesi panel keenam bersama Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden Jokowi : Ketersediaan Infrastruktur Menjadi Pondasi Indonesia Menuju Negara Maju

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”. 

Read more...

Koperasi Catra Gemilang, Wujudkan Impian Fotografer Candi Borobudur

Koperasi pariwisata kini makin berkembang di Tanah Air. Kehadiran koperasi mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola bisnis pariwisata di daerahnya.MAGELANG, JURNAL IBUKOTA: Koperasi pariwisata kini makin berkembang di Tanah Air. Kehadiran koperasi mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola bisnis pariwisata di daerahnya.

 

 

Salah satu contoh koperasi pariwisata itu adalah koperasi Catra Gemilang di Borobudur, Magelang. Koperasi yang berdiri tahun 1996 ini, dicetuskan oleh paguyuban juru foto di Candi Borobudur. Mereka mendambakan dapat menjalankan profesinya lebih profesional lagi. Sebab, saat itu mereka masih menggunakan kamera polaroid, berkeinginan memakai kamera lebih canggih dan memiliki mesin cetak foto sehingga layanan foto bagi wisatawan lebih baik.

 

"Para fotografer sadar jika sendiri-sendiri mereka tidak mungkin bisa mengganti kamera dan punya mesin cetak karena tidak punya modal. Perlu mendirikan koperasi. Lewat koperasi, terbuka peluang akses ke lembaga keuangan," kata Suherman, Ketua Koperasi Catra Gemilang, Kamis (13/6/19).

 

Terbentuknya koperasi Catra Gemilang mewujudkan impian mereka. Kini koperasi sudah memiliki dua mesin cetak foto, salah satunya berada di kawasan candi. Lewat koperasi juga para juru foto bisa menggunakan kamera yang lebih bagus lagi.

 

Keberadaan Koperasi Catra Gemilang tidak sekadar membangun usaha tapi menjamin keberadaan para juru foto tidak tergusur oleh juru foto dari luar yang dapat menimbulkan persaingan tidak sehat. Terlebih, mereka merupakan warga setempat yang sudah turun temurun menjadi juru foto di kawasan Candi Borobudur.

 

"Koperasi telah membuat kesepakatan dengan pengelola Candi Borobudur bahwa fotografer anggota koperasi yang dapat menawarkan jasa foto di kawasan candi," kata Suherman.

Koperasi Catra Gemilang berkembang dengan baik. Unit usahanya bertumbuh dalam menunjang bisnis wisata antara lain penginapan atau homestay, laundry, konveksi, rumah makan/catering dan simpan pinjam.

 

 Usaha penginapan yang dikenal dengan Rumah Catra Borobudur merupakan salah satu tulang punggung koperasi Catra Gemilang.

Menurut Suherman, Kementerian Koperasi dan UKM sangat mendukung berkembangnya koperasi pariwisata di samping dukungan pemda.

 

"Kemenkop pernah memberikan bantuan untuk membangun homestay, berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan koperasi," jelasnya

 

Sekarang anggota koperasi kian meluas tidak hanya fotografer, tapi juga pemandu wisata, pengrajin, pedagang, petani, dan lainnya yang jumlahnya mencapai lebih dari 400 orang.

Ari Aindya, Asisten Deputi Bidang Industri dan Jasa, Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM menilai Koperasi Catra Gemilang merupakan salah satu koperasi pariwisata yang inovatif dan tumbuh dengan baik.

 

"Koperasi pada awal berdiri untuk menjamin kelangsungan para fotografer candi Borobudur tapi sekarang sudah memiliki berbagai unit usaha. Unit usaha penginapannya juga berkembang, " kata Ari.

Hingga sekarang koperasi berbasis wisata di daerah berkembang dengan berbagai model bisnisnya masing-masing. Di tengah perkembangan tersebut, dia menegaskan Kemenkop UKM terus mendorong keterlibatan masyarakat melalui koperasi untuk membangun wisata di daerahnya guna kesejahteraan bersama. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Infrastruktur Pondasi Indonesia Maju

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

Pembangunan infrastruktur secara masif dan merata di seluruh pelosok Tanah Air selama 5 tahun terakhir menjadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan. Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

 

"Infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain. Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

 

 

 

 

 

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Tingkatkan Pelayanan Infrastruktur dan Transaksi

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak. Memasuki semester 2/2019, peningkatan pelayanan infrastruktur dan transaksi semakin digencarkan. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Libatkan Lebih dari 8.500 Mahasiswa Kelola Sampah Plastik, Sinergi Jasa Marga – UI Catat Rekor MURI

Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Read more...

Info Jalan Tol

Tingkatkan Pelayanan Kepada Pengguna Jalan, ATI Teken MoU dengan Para Regulator

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. Asosiasi yang terdiri dari 54 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini turut menandatangani nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan para regulator terkait.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. Asosiasi yang terdiri dari 54 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ini turut menandatangani nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan para regulator terkait.

Read more...