yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

LPDB-KUMKM Tawarkan Rp 100 M kepada Koperasi Berkualitas di Sulawesi Selatan

MAKASSAR, JURNAL IBUKOTA: Hingga akhir tahun, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM berharap target penyaluran dana bergulir sebesar Rp 1,7 triliun bisa tersalurkan. Saat ini sudah sekitar Rp 1,022 triliun yang telah disalurkan kepada koperasi maupun UMKM. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Program Infrastruktur Kerakyatan Kementerian PUPR Tingkatkan Konektivitas Antardesa di Provinsi Bengkulu

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai. 

Read more...

Muhadjir: 8,3 Juta Peserta Siap Ikuti Ujian Nasional, 91% dengan UNBK

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Ujian Nasional (UN) Tahun 2019 pada bulan Maret-Mei mendatang dan diikuti 8,3 juta peserta didik serta 103 ribu satuan pendidikan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Ujian Nasional (UN) Tahun 2019 pada bulan Maret-Mei mendatang dan diikuti 8,3 juta peserta didik serta 103 ribu satuan pendidikan.

 

 

"Sebanyak 91% peserta didik siap mengikuti UN Berbasis Komputer. Jumlah peserta UNBK tahun ini meningkat signifikan dibandingkan dengan jumlah peserta didik pada penyelenggaraan UN 2018," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

 

Dalam konferensi pers tersebut hadir al. Sekjen Didik Suhardi, Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad, Kepala Balitbang Totok Suprayitno.

 

Menurut Muhadjir, tercatat sebanyak 8.259.581 peserta UN keseluruhan dengan peserta UNBK sejumlah 7.507.116 (90,9%). Jumlah peserta UNBK meningkat 19% dari jumlah peserta UNBK tahun lalu. Kemendikbud mengapresiasi peran serta pemerintah daerah dan masyarakat yang mendukung penyelenggaraan UN tahun ini.

"Terdapat tujuh provinsi yang siap menyelenggarakan 100% UNBK pada semua jenjang Pendidikan, baik formal maupun non formal yaitu Provinsi DI Aceh, Kalimantan Selatan, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Timur, DI Yogyakarta dan Bangka Belitung," katanya.

 

Menurut dia, UNBK terbukti efektif meningkatkan kredibilitas pelaksanaan UN.

 

"Momentum hasil UN yang lebih realibel dan kredibel hendaknya menjadi titik tolak pemanfaatan hasil UN untuk merefleksi kemampuan dan meningkatkan mutu pembelajaran," kata Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad. 

 

Kabalitbang Totok Suprayitno mengatakan tantangan lain dari UN adalah mengerjakan soal-soal yang mengukur keterampilan berpikir kritis. "Keterampilan ini sangat diperlukan oleh anak-anak kita agar mampu adaptif terhadap perubahan dunia yang begitu cepat," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Konstruksi Tol Mabit

Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.   “(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.

 

“(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Tingkatkan Pelayanan Infrastruktur dan Transaksi

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak. Memasuki semester 2/2019, peningkatan pelayanan infrastruktur dan transaksi semakin digencarkan. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Libatkan Lebih dari 8.500 Mahasiswa Kelola Sampah Plastik, Sinergi Jasa Marga – UI Catat Rekor MURI

Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Read more...

Info Jalan Tol

Jasa Marga Regional Jabodetabek Jabar Terus Tingkatkan Kinerja Layanan dengan Pemenuhan Standar Pelayanan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Regional JabodetabekJabar terus melakukan upaya-upaya perbaikan dan peningkatan berkelanjutan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan kinerja pelayanan kepada pengguna jalan tol dalam rangka Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Regional JabodetabekJabar terus melakukan upaya-upaya perbaikan dan peningkatan berkelanjutan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan kinerja pelayanan kepada pengguna jalan tol dalam rangka Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Read more...