yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Buka Smesco Rembug Kopi Nasional, Puspayoga Lepas Ekspor Kopi Bali ke Korea

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan pemasaran kopi di kancah domestik maupun internasional, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM, menyelenggarakan Smesco Rembug Kopi Nasional 2019 pada 20-22 September 2019. Acara dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Gunakan Teknologi Bendung Modular pada Jaringan Irigasi Sungai Gugubali Maluku Utara

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) menggunakan teknologi Bendung Modular untuk menaikan tinggi muka air Sungai Gugubali sehingga bisa dimanfaatkan mengairi saluran irigasi di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Teknologi ini dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air (Pusair) Ditjen SDA Kementerian PUPR dan telah terdaftar secara paten di Direktorat Jenderal (Ditjen) HAKI, Kementerian Hukum dan HAM. 

Read more...

Hindari Kemacetan, Kementerian PUPR Minta BUJT Optimalkan Pengelolaan Rest Area

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menginstruksikan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan pengelola rest area untuk mengoptimalkan manajemen rest area pada masa arus balik Lebaran 2019. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menginstruksikan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan pengelola rest area untuk mengoptimalkan manajemen rest area pada masa arus balik Lebaran 2019. "Buka-Tutup" rest area akan diberlakukan sesuai  kondisi lalu lintas dan daya tampung parkir di dalam rest area.

 

 

Dari data PT. Jasa Marga memperlihatkan bahwa jumlah arus balik pada H+1 baru sekitar 20% yang telah kembali menuju wilayah Jakarta/Jabodetabek. Oleh karena itu mobilitas arus balik dalam waktu yang relatif terbatas harus bisa diupayakan maksimal lancar. Keberhasilan rekayasa lalu lintas seperti one way dan contra flow juga ditentukan keberhasilan manajemen rest area. 

 

“Hasil evaluasi hingga H+1 memperlihatkan bahwa pengelolaan rest area di KM 70 hingga KM 29 akan menjadi kunci kesuksesan mobilitas arus balik. Oleh karena itu Kami menginstruksikan BUJT dan pengelola rest melakukan langkah-langkah optimalisasi pelayanan tempat istirahat,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit di Jakarta, (8/6/2019). 

 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghindari terjadinya kemacetan arus lalu lintas akibat rest area adalah pertama, meningkatkan  ketersediaan ruang parkir dalam rest area dengan memanfaatkan berbagai ruang yang ada di wilayah rest area.

 

Kedua, memberikan informasi ketersediaan ruang parkir (sisa jumlah kendaraan yang bisa ditampung) melalui papan informasi, audio, media visual dan lainnya sebelum ramp atau masuk rest area. 

 

Ketiga, mengurangi antrian di mulut rest area dengan sesegera mungkin memasukan kendaraan ke dalam rest area apabila kapasitasnya tersedia, sehingga mengurangi antrian di badan jalan tol atau di bahu jalan tol. 

 

Keempat, memberikan himbauan pada pengguna rest area untuk mengurangi waktu tinggal untuk memberi kesempatan kepada saudara-saudara pengguna tol lain memanfaatkan fasilitas rest area. Utilisasi rest area bisa ditingkatkan dengan mengurangi waktu tinggal kendaraan di lokasi tersebut. Maksimal waktu tinggal di rest area 30-45 menit saja. 

 

Kelima, pengelola rest area bekerjasama untuk mendorong pemanfaatan rest area di KM 70 - KM 414 sehingga mengurangi kebutuhan tidak mendesak penggunaan rest area KM 29 - KM 70.

 

Keenam, mematuhi perintah Korlantas Polri dalam pengaturan manajemen lalulintas dan peningkatan keselamatan, termasuk kebijakan buka-tutup rest area secara situasional tertantung dari kapasitas parkirnya. Hal ini sesuai dengan kesepakatan bersama dalam rapat antara Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi, Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit, Dirut PT. Jasamarga Desi Arryani dan pengelola rest area pada Sabtu pagi (8/6/2019). 

 

Disamping itu menambah jumlah petugas rest area sejumlah sekurangnya 40 orang di tiap rest area, seperti yang disampaikan asosiasi pengelola rest area jalan tol, agar disesuaikan dengan fungsi yang disebutkan pada lima butir diatas dan dengan pertimbangan shift

 

BUJT dan pengelola rest area juga diminta tetap mengedepankan keselamatan pengguna jalan disamping memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jalan tol. 

 

Danang Parikesit juga menghimbau kepada pemudik yang akan kembali ke Jakarta agar sebelum berangkat mempersiapkan dengan baik kondisi kesehatan, kondisi kendaraan termasuk kecukupan BBM dan saldo uang elektronik. Pada saat melakukan perjalanan agar tidak memacu kendaraan melebihi kecepatan maksimal dan mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan. 

 

Para pemudik juga dapat memanfaatkan diskon tarif jalan tol sebesar 15% yang akan berlaku pada tanggal 10,11 dan 12 Juni 2019. Pemberian diskon tersebut merupakan inisiatif dari BUJT agar volume arus balik dapat terbagi sehingga turut mengurangi kemacetan. 

 

Menurutnya pelaksanaan mudik hingga arus balik H+1 sudah berjalan baik dan efektif. BPJT memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya pada seluruh mitra kerja. Tantangan ke depan adalah hingga selesainya periode mudik, pelayanan jalan tol tetap bisa dilaksanakan dengan baik, dengan tetap mengedepankan keselamatan pengguna jalan tol. (*)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Konstruksi Tol Mabit

Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.   “(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung (Mabit) diharapkan tidak hanya memudahkan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur, namun juga mendukung sektor Pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Pulau Lembeh. Tol Mabit awalnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, namun karena proses pembebasan lahan belum selesai sepanjang 13 Km maka diharapkan bisa selesai April 2020.

 

“(Tol Mabit) Akan mendukung keduanya, pariwisata dan industri. Pariwisata baru di Pulau Lembeh dan mendukung industri terutama industri perikanan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sebagai akses Pelabuhan. Ini akan men-trigger perekonomian di Bitung berkembang,” kata Presiden Jokowi ketika meninjau pembangunan Tol Mabit sepanjang 39,9 KM tepatnya di Simpang Susun Airmadidi, Jumat (5/7/2019).

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Tingkatkan Pelayanan Infrastruktur dan Transaksi

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak. Memasuki semester 2/2019, peningkatan pelayanan infrastruktur dan transaksi semakin digencarkan. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Libatkan Lebih dari 8.500 Mahasiswa Kelola Sampah Plastik, Sinergi Jasa Marga – UI Catat Rekor MURI

Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Untuk mengimbangi proses bisnis jalan tol yang memiliki citra yang bertolak belakang dengan pelestarian alam, Jasa Marga berkomitmen untuk mengangkat program-program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Read more...

Info Jalan Tol

Pecah Ban Akibatkan Kecelakaan Tunggal di Tol Jagorawi, Jasa Marga Regional Jabodetabek Jabar Segerakan Evakuasi Korban dan Pengaturan Lalu Lintas

Telah terjadi kecelakaan tunggal di Km 36+500 (B) Jalan Tol Jagorawi arah Jakarta, Minggu (15/09) sekitar  pukul 08.10 WIB. Penyebab kecelakaan ditengarai akibat pecah ban belakang. SENTUL, JURNAL IBUKOTA:  Telah terjadi kecelakaan tunggal di Km 36+500 (B) Jalan Tol Jagorawi arah Jakarta, Minggu (15/09) sekitar  pukul 08.10 WIB. Penyebab kecelakaan ditengarai akibat pecah ban belakang. 

Read more...