yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Penurunan Pajak UMKM 0,5% Disambut Gembira Pelaku Usaha

SURABAYA, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah menurunkan PPh final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018. Penurunan pajak ini disambut gembira oleh para pelaku UMKM. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tahun 2018 Kementerian PUPR Alokasikan Rp 127,83 Miliar untuk Lanjutkan Pembangunan Jalan Wisata Mandeh

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pada tahun 2018 melanjutkan pembangunan jalan akses ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandeh yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jalan akses ke destinasi wisata Mandeh sepanjang 41,18 km ditargetkan rampung pada akhir tahun 2018. Pada tahun 2017, telah diselesaikan pengaspalan jalan sepanjang 16 km dengan lebar 6 meter. 

Read more...

Pelopor Keselamatan Berkendara Bersama ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak

Penyematan Baju Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Oleh Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti kepada para perwakilan komunitas roda empat 2.TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: PT Marga Mandalasakti dengan brand name ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak kembali mensosialisasikan program “Indonesia, Ayo Aman Berlalu-lintas” (IAABL) melalui kegiatan Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas pada hari Sabtu (9/11) di Main Atrium Tangerang City Mall Tangerang, Banten.

Direktur Teknik dan Operasi PT Maga Mandalasakti, Sunarto Sastrowiyoto hadir membuka acara ini, didampingi Korps Lalu Lintas Polri sebagai mitra pelopor keselamatan dan Metropolitan Expressway Company Limited yang sejak 2010 sudah menjalin kerjasama dalam kampanye keselamatan melalui program Tokyo Smart Driver. Selain dihadiri oleh komunitas roda empat, acara ini pun dihadiri oleh NTMC Polri dan The Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai perwakilan dari Duta Besar Jepang.

Bertemakan "Be a Hero Be a Road Safety Pioneer" acara ini bertujuan untuk mengajak pengguna jalan khususnya ratusan pengendara yang tergabung dari 10 komunitas roda empat wilayah Banten dan sekitarnya yang hadir di acara ini untuk menjadi Pelopor Keselamatan Berkendara.

 

Kampanye keselamatan kali ini menampilkan Pembalap Nasional Perempuan yaitu Alexandra Asmasoebrata dan Kepala Pendidikan Pelayanan Masyarakat (Dikyasa Korlantas Polri) AKBP Bambang sebagai narasumber.

 

Dalam kegiatan yang dikemas dalam talkshow dan dialog interaktif ini, Alexandra sebagai ikon pembalap perempuan Indonesia berbagi pengalamannya sebagai pembalap terkait defensive driving kepada para komunitas roda empat dan  pengunjung  Tang City Mall yang antusias menyaksikan penuturannya.

 

ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak kali ini memprioritaskan pengendara perempuan, dengan hadirnya 10 komunitas yang terdiri dari Ladies Car Community Indonesia (LCCI), Toyota Avanza Club Indonesia (TACI), Honda Brio Club Indonesia (HBCI), Honda Jazz Club Indonesia (HJCI), GALACI (Agya Ayla Club Indonesia), Terios Rush Club Indonesia (TERUCI), Innova Community, Ertiga Club Indonesia (ERCI) dan Mobilio Indonesia Club (MoI) serta Banten Fortuner Club. Diharapkan para komunitas roda empat khususnya para ladies driver ini dapat menjadi panutan dalam tertib berkendara bagi pengguna jalan lainnya.

 

Melengkapi pemahaman akan peraturan lalu lintas, para komunitas diajak untuk mengikuti games interaktif serta tantangan untuk mempublikasikan kegiatan kampanye mereka kepada pengunjung mall dengan mengajak menjadi pelopor keselamatan dan diunggah pada microsite Indonesia Ayo Aman Berlalu-lintas yang ada.

Melalui berbagai games edukatif diharapkan kesadaran tertib berkendara bukan hanya sekedar dijalankan namun sebagai kebutuhan.

 

Pada kesempatan itu juga, Sunarto secara simbolis menyematkan kaos dan pin IAABL kepada perwakilan komunitas yang hadir sebagai apresiasi kepada pengguna jalan yang sudah tertib dan aman berkendara.

Kegiatan ini bertujuan tidak hanya untuk mensosialisasikan cara berkendara yang aman dan pemahaman akan rambu-rambu lalu lintas namun juga mengajak komunitas kendaraan roda empat untuk berkomitmen taat berkendara dan mewujudkan Indonesia yang aman dan tertib berlalu lintas.

 

“Kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak terhadap keselamatan berkendara. Kami juga berkomitmen untuk mendukung program Korlantas Polri menuju Indonesia Tertib Bersatu Keselamatan Nomor 1 yaitu dalam bentuk program kampanye keselamatan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas,” jelas Rury Purwantoko, Kepala Departemen Environment, Social and Responsibility.

 

Kampanye keselamatan ini, bukanlah pertama kali digelar pada tahun ini. Menjelang mudik Lebaran di bulan Juni lalu, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga telah melaksanakan Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas dengan menggandeng komunitas roda empat se-Banten.

 

Kegiatan ini tentunya didorong atas rasa kepedulian ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak terhadap pentingnya keselamatan. Diharapkan, acara kampanye keselamatan yang rutin dihelat ini mampu mengingatkan bahwa faktor dominan kecelakaan di jalan tol adalah dari pengemudi itu sendiri.

 

“Berkendara di jalan tol itu cukup berisiko karena kendaraan cenderung berkecepatan tinggi dan pengendara rawan lelah serta mengantuk, sehingga memerlukan kesiapan, baik pengemudi maupun kendaraannya harus dalam kondisi prima. Untuk itu, melalui Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas, kami menghimbau pengguna jalan untuk mengetahui dan mematuhi rambu lalu lintas serta memanfaatkan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan yang telah disediakan,” kata Sunarto.

 

Dukungan dari Korps Lalu Lintas Polri sebagai mitra pelopor keselamatan berkendara pun melengkapi kegiatan ini dengan menjadi salah satu pemandu acara dan menghadirkan penampilan dari NTMC Voice yang merupakan grup penyanyi Polisi Wanita.

 

Selain itu, sejak tahun 2010, MMS telah membina kerjasama dengan Metropolitan Expressway Company Limited (Shutoko) - MEX, pengelola jalan tol di wilayah Tokyo, Jepang yang telah memperkenalkan Program Smart Driver yang merupakan program berkesinambungan dari Tokyo Smart Driver, program keselamatan berlalu lintas kepada pengguna jalan tol. Bahkan, kita juga membuat  lagu bertemakan keselamatan berlalu lintas, sebagai bentuk dukungan perilaku aman berlalu lintas di jalan. Tak hanya itu, hasil dari kerjasama ini, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga telah mengimplementasikan beberapa program baik dalam hal peningkatan kualitas jalan maupun operasional jalan tol

Mendukung komitmen ini, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga senantiasa meningkatkan berbagai pelayanan. Tersedia layanan pendukung bagi pengguna jalan tol antara lain, 6 unit ambulance, 2 unit rescue truck, 5 unit kendaraan Patroli, 10 Truck Derek, 2 kendaraan manlift, 17 Variable Message Sign (VMS), 45 unit closed-circuit television (CCTV), 1.666 unit Penerangan Jalan Umum dan 65 Lampu Peringatan yang terpasang sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak. Tersedia juga Tempat Istirahat dan Pelayanan di KM 68 dan KM 43 arah Merak dan KM 68 dan KM 45 arah Jakarta.

Dengan diadakannya Kampanye Keselamatan Berlalu-lintas, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran pengguna jalan untuk mematuhi aturan dan rambu lalu lintas di jalan, serta dapat bersinergi mewujudkan jalan Tol Tangerang-Merak yang lancar, aman dan nyaman. Indonesia, Ayo Aman Berlalu-lintas! (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Tol Gempol-Pasuruan

Panjang Jalan Tol Trans Jawa yang telah selesai bertambah. Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) sepanjang 20,5 km di Provinsi Jawa Timur, Jumat, 22 Juni 2018. Jalan tol yang diresmikan terdiri dari Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km yang sudah beroperasi sejak tahun 2017 dan Seksi 2  Rembang - Pasuruan 6,6 km.

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) sepanjang 20,5 km di Provinsi Jawa Timur, Jumat, 22 Juni 2018. Jalan tol yang diresmikan terdiri dari Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km yang sudah beroperasi sejak tahun 2017 dan Seksi 2  Rembang - Pasuruan 6,6 km

 

"Jalan Tol dari Merak hingga Pasuruan secara umum sudah bisa dilalui meskipun ada yang masih fungsional. Tetapi kita harapkan akhir tahun 2018 sudah rampung dan beroperasi. Kemudian dilanjutkan hingga Banyuwangi, tahun 2019 insyaAllah selesai," kata Presiden Jokowi. Pada saat peresmian turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Direktur Utama PT. Jasa Marga Desi Arryani.

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Guna mengurai Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta, Jasa Marga dan Kepolisian Berlakukan Contra Flow dari Km 47 Sampai dengan Km 35

Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Irra Susiyanti mengatakan mulai pukul 16.30 WIB, (22/6/2018) Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan contraflow arah Jakarta mulai dari Km 47 sampai dengan Km 41.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Irra Susiyanti mengatakan mulai pukul 16.30 WIB, (22/6/2018) Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan contraflow arah Jakarta mulai dari Km 47 sampai dengan Km 41.

Read more...