yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Penurunan Pajak UMKM 0,5% Disambut Gembira Pelaku Usaha

SURABAYA, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah menurunkan PPh final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018. Penurunan pajak ini disambut gembira oleh para pelaku UMKM. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tahun 2018 Kementerian PUPR Alokasikan Rp 127,83 Miliar untuk Lanjutkan Pembangunan Jalan Wisata Mandeh

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pada tahun 2018 melanjutkan pembangunan jalan akses ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandeh yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jalan akses ke destinasi wisata Mandeh sepanjang 41,18 km ditargetkan rampung pada akhir tahun 2018. Pada tahun 2017, telah diselesaikan pengaspalan jalan sepanjang 16 km dengan lebar 6 meter. 

Read more...

Penetrasi Uang Elektronik di Tol Tangerang-Merak Capai 99,85 %

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Ruas Tol Tangerang-Merak yang dikelola PT Marga Mandalasakti yang saat ini memilki brand name ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak, sudah menerapkan transaski nontunai sejak awal Oktober lalu. Per 1 November 2017 tercatat penetrasi penggunaan uang elektronik (UE) di Ruas Tangerang-Merak sudah mencapai 99,85 persen.

 

Sejak 31 Oktober 2017, seluruh ruas tol di Indonesia wajib melakukan pembayaran non tunai, hal tersebut berdasarkan Sesuai peraturaan menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) no.16/PRT/M/2017, tentang Transaksi Tol Non Tunai Di Jalan Tol.

“ASTRA Infra Toll Road selalu berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan, dan saat ini ruas Tangerang-Merak memilki 87 gardu transaksi , termasuk 21 Gardu Tol Otomatis (GTO) yang semuanya sudah bisa menerima pembayaran non tunai. ” ujar Sunarto Sastrowiyoto Direktur Tehnik & Operasi PT Marga Mandalasakti.

Masih terdapatnya transaksi non tunai di Ruas Tangerang-Merak tersebut diakibatkan kurangnya saldo yang dimiliki pengguna jalan, sehingga diarahkan untuk melakukan top up di gerbang namun pengguna jalan tidak memiliki kartu atm dari bank penerbit UE, hal ini yang menyebabkan terpaksa harus membayar tunai agar tak membuat antrean yang panjang pada saat di gerbang, “lanjut Sunarto.

Ruas Tol Tangerang-Merak sendiri memilki dua sistem pembayaran, yaitu sistem pembayaran terbuka yang diterapkan pada Ramp On dan Off Cikupa, dan sistem tertutup mulai dari Gerbang Tol Cikupa-Merak. Pada sistem terbuka, pengguna uang elektronik cukup menempelkan uang elektroniknya pada reader di Gardu Tol Otomatis (GTO) atau berikan uang elektronik pada petugas tol di gardu manual dan transaksipun selesai.

Namun berbeda dengan jalan tol terbuka yang hanya melakukan satu kali transaksi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasuki Gerbang Tol Cikupa hingga Merak yang memilki sistem transaksi tol tertutup.

Salah satu yang harus diketahui pengguna jalan adalah, pembayaran tetap dilakukan pada gardu keluar, namun dengan adanya kartu uang elektronik, pengguna jalan tidak perlu lagi mengambil Kartu Tanda Masuk (KTM).

Pengguna UE hanya tinggal menempelkan kartu ke reader yang ada di GTO selama 3 detik atau memberikannya kepada petugas di gardu tol manual pada saat gardu masuk hingga palang terbuka. Begitu pula pada saat gardu keluar, pengguna UE hanya tinggal menempelkan kartunya di GTO atau memberikan kartu kepada petugas di gardu manual sampai palang terbuka dan transaksi selesai.

Kemudian, demi kenyamanan pengguna jalan saat bertransaksi di ruas Tangerang-Merak, yang juga harus diperhatikan saat memasuki jalan tol adalah, pastikan saldo uang elektronik mencukupi. Untuk mengetahui saldo uang elektronik yang dimiliki, bisa melihatnya pada struk yang diterima pada transaksi di gerbang masuk. Selain untuk mengetahui jumlah saldo, struk juga merupakan bukti tanda masuk jika uang elektronik tidak terbaca sempurna.

Sementara itu, agar uang elektronik terbaca sempurna oleh reader, pengguna jalan diharapkan memperhatikan hal berikut : Jangan ragu ketika menempelkan kartu pada reader di GTO atau gardu manual, kemudian hindari melakukan tapping dengan menggesekkan uang elektronik karena mesin akan lebih cepat bekerja jika ditempelkan dengan posisi stabil, setelah itu tunggu hingga palang gerbang terangkat sempurna, dan hingga lampu merah berubah menjadi warna hijau, barulah transaksi selesai dan pengguna jalan bisa menlanjutkan perjalanan.

ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga selalu melakukan sosialisasi di sejumlah media sosialisasi terutama di beberapa titik media luar ruang seperti spanduk dan media elektronik Variable Message Sign (VMS) di sepanjang jalan Tol Tangerang-Merak dilakukan untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan mengenai uang elektronik dan himbauan untuk melakukan pengisian ulang saldo sebalum memasuki Ruas Tol Tangerang-Merak

Tidak ketinggalan digital campaign pada media sosial juga dilaksanakan pada layanan twitter @tol_mms dan website http://www.margamandala.co.id juga aplikasi mobile petunjuk arah ANAVIGO. Layanan sentral komunikasi juga siap 24 jam untuk memberikan informasi bagi para pengguna jalan pada nomor 0254 207878 dan layanan bebas pulsa 0 800 1 77 78 79.

Diharapkan dengan mengetahui hal-hal tersebut pengguna jalan merasa nyaman saat melintas ruas tol Tangerang-Merak. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Tol Gempol-Pasuruan

Panjang Jalan Tol Trans Jawa yang telah selesai bertambah. Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) sepanjang 20,5 km di Provinsi Jawa Timur, Jumat, 22 Juni 2018. Jalan tol yang diresmikan terdiri dari Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km yang sudah beroperasi sejak tahun 2017 dan Seksi 2  Rembang - Pasuruan 6,6 km.

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) sepanjang 20,5 km di Provinsi Jawa Timur, Jumat, 22 Juni 2018. Jalan tol yang diresmikan terdiri dari Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km yang sudah beroperasi sejak tahun 2017 dan Seksi 2  Rembang - Pasuruan 6,6 km

 

"Jalan Tol dari Merak hingga Pasuruan secara umum sudah bisa dilalui meskipun ada yang masih fungsional. Tetapi kita harapkan akhir tahun 2018 sudah rampung dan beroperasi. Kemudian dilanjutkan hingga Banyuwangi, tahun 2019 insyaAllah selesai," kata Presiden Jokowi. Pada saat peresmian turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Direktur Utama PT. Jasa Marga Desi Arryani.

 

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Guna mengurai Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta, Jasa Marga dan Kepolisian Berlakukan Contra Flow dari Km 47 Sampai dengan Km 35

Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Irra Susiyanti mengatakan mulai pukul 16.30 WIB, (22/6/2018) Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan contraflow arah Jakarta mulai dari Km 47 sampai dengan Km 41.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Irra Susiyanti mengatakan mulai pukul 16.30 WIB, (22/6/2018) Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan contraflow arah Jakarta mulai dari Km 47 sampai dengan Km 41.

Read more...