yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menteri Puspayoga Inisiasi Koperasi Jadi Pengelola Pasar Rakyat

BANGLI, JURNAL IBUKOTA :  Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga meresmikan beroperasinya Pasar Rakat Desa Bayunggede, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Selasa (16/1/2018). Penandatanganan prasasti menandai peresmian pasar tersebut. Pasar Rakyat Bayunggede termasuk dalam program revitalisasi Kementerian Koperasi dan UKM yang sumber anggarannya berasal dari dana tenaga pembantuan tahun 2017 sebesar Rp 684 juta. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Akhir Tahun 2018, Jalan Paralel Perbatasan di Kalbar Ditargetkan Sudah Tembus 805 Km

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XI Banjarmasin dan Zeni TNI Angkatan Darat menandatangani kontrak pekerjaan pembangunan jalan perbatasan di Provinsi Kalimantan Barat yakni ruas Nanga Era-Batas Kalimantan Timur sepanjang 60 km dengan nilai Rp 178,47 miliar dengan jangka waktu pelaksanaan 335 hari. Penandatanganan dilakukan Senin (15/1/2018) di Gedung Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Kementerian PUPR, Jakarta.

Read more...

Kaspersky Lab Ungkap “The Mask”: Salah Satu Kegiatan Mata-mata Cyber Paling Canggih Hingga Saat Ini

Pelaku ancaman baru: Penyerang, yang menggunakan bahasa Spanyol, menyasar lembaga pemerintahan, perusahaan energi dan migas, serta korban penting lain menggunakan toolkit malware lintas platform


JAKARTA (Jurnal): Tim riset keamanan Kaspersky Lab mengumumkan pengungkapan “The Mask” (alias Careto), ancaman canggih yang menggunakan bahasa Spanyol yang terlibat dalam kegiatan mata-mata cyber global paling tidak sejak 2007.

Yang membuat “The Mask” istimewa adalah betapa kompleksnya toolset yang digunakan oleh para pelaku, yang mencakup malware yang sangat canggih, rootkit, bootkit, berbagai versi Mac OS X dan Linux serta kemungkinan juga berbagai versi untuk Android dan iOS (iPad/iPhone).

Target utama mereka adalah lembaga pemerintah, kantor diplomatik dan kedutaan besar, perusahaan energi dan migas, lembaga penelitian dan aktivis. Korban serangan tertarget ini telah ditemukan di 31 negara di seluruh dunia – mulai dari Timur Tengah dan Eropa hingga Afrika dan Amerika.

Tujuan utama para pelaku adalah mengumpulkan data sensitif dari sistem yang terinfeksi. Data ini termasuk dokumen-dokumen kantor serta berbagai kunci enkripsi, konfigurasi VPN, kunci SSH (digunakan untuk mengidentifikasi pengguna ke server SSH) dan file RDP (digunakan oleh Remote Desktop Client untuk secara otomatis membuka koneksi ke komputer yang disasar).

“Beberapa alasan membuat kami yakin bahwa kegiatan mata-mata ini bisa jadi sebuah kegiatan yang dibiayai oleh negara (state-sponsored). Pertama, kami mengamati adanya tingkat profesionalitas yang sangat tinggi dalam prosedur operasi kelompok penyerang ini. Mulai dari manajemen infrastruktur, penutupan operasi, menghindar dari mereka yang penasaran melalui access rules dan file log mereka tidak sekadar dihapus (delete) tetapi di-overwrite (wiping)[1]. Semua gabungan hal ini membuat APT ini berada di atas Duqu dalam hal kecanggihan, dan membuatnya menjadi ancaman paling canggih yang ada saat ini,” terang Costin Raiu, Director of the Global Research and Analysis Team (GReAT), Kaspersky Lab.

“Tingkat keamanan operasi seperti ini tidak lazim untuk sebuah kelompok penjahat cyber,” tambahnya.

Para peneliti Kaspersky Lab pertama kali mulai menyadari kehadiran Careto pada tahun lalu ketika mengamati sebuah usaha untuk mengeksploitasi kerentanan produk Kaspersky Lab yang telah diperbaiki lima tahun lalu. Ekploitasi tersebut memberikan malware kemampuan untuk menghindari pendeteksian. Hal ini tentu saja langsung menarik perhatian para peneliti Kaspersky Lab dan dimulailah penyelidikan terhadap kegiatan tersebut.

Bagi para korbannya, infeksi Careto sangat merusak. Careto mengintersepsi seluruh kanal komunikasi dan mengumpulkan informasi paling penting dari komputer korban. Pendeteksian sangat sulit dilakukan karena kemampuan laten rootkit, fungsionalitas built-in dan modul mata-mata cyber tambahan.

Temuan Utama:
- Para penulis malware sepertinya sangat fasih berbahasa Spanyol (bahasa Spanyol sebagai bahasa ibu) dan ini sangat jarang ditemui dalam serangan-serangan APT
- Kegiatan mata-mata ini aktif paling tidak selama lima tahun hingga Januari 2014 (beberapa sampel Careto dikumpulkan pada 2007). Sepanjang penyelidikan oleh Kaspersky Lab, server command-and-control (CC) mati
- Di antara 1.000 lebih IP, Kaspersky Lab menghitung ada 380 korban unik/istimewa. Infeksi ditemukan di Afrika Selatan, Aljazair, Amerika Serikat, Argentina, Belgia, Bolivia, Brazil, China, Gibraltar, Guatemala, Inggris, Iran, Irak, Jerman, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Libya, Malaysia, Maroko, Meksiko, Mesir, Norwegia, Perancis, Pakistan, Polandia, Spanyol, Swiss, Tunisia, Turki, dan Venezuela.
- Kompleksitas dan universalitas toolset yang digunakan para pelaku membuat kegiatan mata-mata cyber ini sangat istimewa. Hal ini mencakup pemanfaatan eksploitasi high-end, malware yang sangat canggih, rootkit, bootkit, berbagai versi Mac OS X dan Linux serta kemungkinan berbagai versi untuk Android dan iPad/iPhone (iOS). “The Mask” juga menggunakan serangan khusus (customized) untuk produk-produk Kaspersky Lab.
- Di antara vektor para pelaku, setidaknya satu eksploitasi Adobe Flash Player (CVE-2012-0773) terlihat digunakan. Eksploitasi tersebut didesain untuk Flash Player versi sebelum 10.3 dan 11.2. Eksploitasi ini awalnya ditemukan oleh VUPEN dan digunakan pada 2012 untuk menghindari sandbox Google Chrome untuk memenangkan kompetisi CanSecWest Pwn2Own.

Cara Penginfeksian & Fungsionalitas

Berdasarkan laporan analisis Kaspersky Lab, kegiatan “The Mask” mengandalkan email spear-phishing dengan tautan ke situs berbahaya. Situs tersebut berisi sejumlah eksploitasi yang didesain untuk menginfeksi pengunjung situs, bergantung pada konfigurasi sistem.

Setelah infeksi berhasil dilakukan, situs berbahaya tersebut akan mengalihkan pengguna ke situs tak berbahaya yang ada di dalam email, misalnya ke laman film di YouTube atau portal berita.
Penting untuk dicatat bahwa situs yang dieksploitasi tidak otomatis menginfeksi pengunjung situs tersebut. Namun para pelaku menempatkan eksploitasi di folder tertentu di dalam situs, yang tidak langsung merujuk kemana pun, selain ke email berbahaya. Terkadang, para pelaku menggunakan subdomain pada situs yang dieksploitasi, untuk membuatnya terlihat lebih ‘nyata’.

Subdomain ini meniru subseksi koran-koran utama di Spanyol serta beberapa koran internasional seperti “The Guardian” dan “Washington Post”.
Seperti telah disebutkan di atas, Careto mengintersepsi seluruh kanal komunikasi dan mengumpulkan informasi paling penting dari komputer yang terinfeksi. Pendeteksian sangat sulit dilakukan karena kemampuan laten rootkit. Careto adalah sistem yang sangat modular yang mendukung plugin dan file konfigurasi, dan memungkinkan Careto menjalankan berbagai fungsi. Selain fungsionalitas built-in, operator Careto juga mampu mengunggah modul tambahan yang bisa menjalankan tugas berbahaya apa pun.
Produk-produk Kaspersky Lab mendeteksi dan menghapus seluruh versi malware “The Mask”/Careto yang diidentifikasi.
Untuk mengetahui laporan lengkap dengan deskripsi detail tools dan statistik berbahaya, serta indikator penginfeksian, silakan kunjungi Securelist. FAQ lengkap bisa dilihat di sini.
(Ags/maN)

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Resmikan Embung di NTT

“Kuncinya di NTT termasuk di Kabupaten Rote Ndao, hanya satu, air. Jika ada air, maka pertanian, perkebunan, peternakan bisa meningkat,” kata Presiden Joko Widodo seusai peresmian proyek-proyek strategis Kementerian PUPR di Kabupaten Ndao, yang dipusatkan di Embung Saina, Selasa (9/1).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun berbagai infrastruktur di seluruh Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote. Infrastruktur menjadi kunci peningkatan daya saing bangsa dan pemerataan hasil pembangunan.

Pulau Rote sebagai pulau paling selatan Indonesia dikenal sebagai daerah rawan air. Kementerian PUPR telah melakukan program penyediaan dan pengelolaan air tanah dan air baku melalui pembuatan sumur bor dan embung.

“Kuncinya di NTT termasuk di Kabupaten Rote Ndao, hanya satu, air. Jika ada air, maka pertanian, perkebunan, peternakan bisa meningkat,” kata Presiden Joko Widodo seusai peresmian proyek-proyek strategis Kementerian PUPR di Kabupaten Ndao, yang dipusatkan di Embung Saina, Selasa (9/1). 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...