yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Lakukan Sinergitas Kegiatan Pemulihan UMK Pasca Bencana di Provinsi NTB dan Sulteng

MATARAM, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM melakukan sinergitas kegiatan di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng dan Nusa Tenggara Barat (NTB) guna pemulihan usaha bagi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (UMK) di kedua provinsi tersebut, yang terdampak gempa bumi (NTB) dan bencana tsunami likuifasi dan gempa bumi (Sulteng).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Dukung Program Citarum Harum, Kementerian PUPR Intensifkan Pembangunan Infrastruktur

BANDUNG, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan keberhasilan Program Citarum Harum memerlukan sinergitas antara Pemerintah Pusat, Daerah dan masyarakat.

Read more...

Platform Indonesiana Dorong Pemajuan Kebudayaan Melalui Festival Seni Budaya

Kepala Bagian Umum dan Kerja sama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ahmad Mahendra mengatakan  dengan Platform Indonesiana bisa mendorong Pemajuan Kebudayaan Melalui Festival Seni Budaya.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kepala Bagian Umum dan Kerja sama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ahmad Mahendra mengatakan  dengan Platform Indonesiana bisa mendorong Pemajuan Kebudayaan Melalui Festival Seni Budaya.

 

 

Festival Adat Foho Rai atau festival kampung adat merupakan rangkaian menuju Festival Fulan Fehan yang akan digelar di lembah kaki Gunung Lakaan pada bulan September mendatang.

 

"Festival Fulan Fehan menjadi salah satu agenda festival yang masuk dalam pendampingan platform Indonesiana yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Kepala Bagian Umum dan Kerja sama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ahmad Mahendra dalam taklimat media di Kemdikbud, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

 

Menurut dia, ritual adat merupakan wadah untuk menampakkan ekosistem yang menunjang Tari Likurai. Sebagai satuan budaya yang diangkat dalam Festival Fulan Fehan, Tari Likurai dipampangkan dalam habitat muasalnya, yaitu kampung adat.

 

Mahendra mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan di lima titik kampung adat yaitu Matabesi, Raimanuk, Nualain, Duaranto, Dirun dengan ritual utama yang berbeda dari setiap tempatnya.

 

"Ritual adat yang dilakukan yaitu Fohon Hare, Ukun Badu, Hasa'e Kakaluk, An Tama, Bei Gege Asu dan Nokar Ul," katanya.

 

Ritual Fohon Hare adalah upacara tradisi yang dilakukan pada saat panen padi, Ukun Badu adalah upacara larangan terhadap hasil bumi milik rakyat, Hasa'e Kakaluk adalah upacara memohon kekuatan, kekebalan dan kesaktian bagi para ksatria. Sedangkan An Tama adalah upacara berburu menjelang musim tanam, Bei Gege Asu adalah upacara yang dilakukan untuk membangun rumah adat, Nokar Ul adalah upacara memohon izin atau restu.

 

"Festival Foho Rai mendorong pelestarian nilai-nilai budaya yang diwariskan secara turun temurun melalui tradisi tutur. Nilai-nilai luhur tentang semangat dan etos kerja, kepatuhan, kemerdekaan, keramahan, toleransi, kejujuran, serta nasionalisme diharapkan dapat terus bergulir ke generasi berikutnya," tuturnya.

 

Menurut dia, Kemendikbud berharap mampu menarik kembali minat generasi muda yang sempat tidak tertarik lagi dengan Kebudayaan lokal.

 

"Tercatat sebanyak 1.300 masyarakat kampung adat yang mengikuti ritual adat, dan sedikitnya 11.000 orang masyarakat turut terlibat dalam Festival Foho Rai," ujarnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki dan Sri Mulyani Resmikan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Kunjungi Tol Trans Jawa, Komisi VI DPR RI Tekankan Soal Sosialisasi Tarif

Rombongan Anggota Komisi VI DPR RI mengadakan kunjungan kerja reses ke Jalan Tol Solo-Ngawi, Kamis (14/2). Kunjungan sebanyak 12 Anggota Komisi VI DPR RI ini guna memantau perkembangan dan dinamika salah satu ruas tol dalam koridor Tol Trans Jawa tersebut. SOLO, JURNAL IBUKOTA: Rombongan Anggota Komisi VI DPR RI mengadakan kunjungan kerja reses ke Jalan Tol Solo-Ngawi, Kamis (14/2). Kunjungan sebanyak 12 Anggota Komisi VI DPR RI ini guna memantau perkembangan dan dinamika salah satu ruas tol dalam koridor Tol Trans Jawa tersebut. 

Read more...