yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Asian Games Buka Peluang UMKM Tembus Pasar Ekspor

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:Ajang olahraga terbesar di Asia Asian Games 2018 membuka peluang bagi para pelaku UMKM di Tanah Air untuk bisa memasarkan produknya sekaligus menembus pasar ekspor.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pengiriman Sapras Air Bersih dan Sanitasi Bagi Korban Gempa Lombok Terus Dilanjutkan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pengiriman sarana dan prasarana (Sapras) air bersih dan sanitasi yang sangat dibutuhkan para pengungsi korban gempa bumi di Pulau Lombok terus dilanjutkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Read more...

D.I. Yogyakarta Raih Juara Umum Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi

Prestasi gemilang kembali diraih para Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan DIKMAS) Provinsi D.I. Yogyakarta yang berhasil meraih juara umum pada ajang Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Nasional tahun 2018.PONTIANAK, JURNAL IBUKOTA: Prestasi gemilang kembali diraih para Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan DIKMAS) Provinsi D.I. Yogyakarta yang berhasil meraih juara umum pada ajang Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Nasional tahun 2018.

 

Penghargaan tersebut diserahkan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud), Didik Suhardi, pada acara puncak penganugerahan yang diselenggarakan, di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (13/07/2018).

 

“Alhamdulillah sore ini kita sudah sampai pada puncak acara Penganugerahan GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi yang terbaik. Saya mengucapkan selamat kepada pemenang,” demikian disampaikan Sesjen Kemendikbud, Didik Suhardi, pada acara penganugerahan tersebut.

 

Provinsi D.I. Yogyakarta berhasil meraih juara pertama pada 5 kategori perorangan terbaik, yakni Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Sudijarto; Instruktur Kursus Tata Busana, Firmanila Tyastuti; Instruktur Kursus Tata Kecantikan Rambut, Nyudi Dwijo Susilo; Instruktur Kursus Otomotif Roda Dua, Suparno; dan Tutor Kesetaraan Paket A, Ratri Widati.

 

Sedangkan untuk 17 sub kategori lainnya pada kategori perorangan peraih juara pertama terdiri dari Guru KB/TPA/SPS, Vebby Julianti Permata, dari Provinsi Jawa Barat; Pengelola KB/TPA/SPS, Ros Ermawati, dari Provinsi Kalimantan Tengah; Pamong Belajar SKB, Susarah Labo, dari Provinsi DKI Jakarta; Penilik, Dwi Anita Setyaningrum, dari Provinsi Jawa Tengah; Pamong Belajar UPT Pusat, Sri Rahayuningtyas, dari Provinsi Jawa Tengah; Pengelola PKBM, Dimas Ramdani Triputra, dari Provinsi Banten; Pengelola TBM, Seiken Romadhan, dari Provinsi Banten.

 

Selanjutnya, Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan, Kusmanto, dari Provinsi Jawa Tengah; Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin Tradisional, Harcungcung, dari Provinsi Kalimantan Utara; Instruktur Kursus Komputer, Erwin Dwi Nurpermadi, dari Provinsi Jawa Tengah; Tutor Kesetaraan Paket B, Umi Salamah, dari Provinsi Bangka Belitung; Tutor Pendidikan Kesetaraan Paket C, Katrina Permassari, dari Provinsi Banten; Tutor Pendidikan Keaksaraan, Umi Kulsum, dari Provinsi Jawa Timur; Best Practise Pendidik PAUD daerah 3T, Florens Ludia De Fretes, dari Provinsi Papua Barat; Best Practise Tenaga Kependidikan PAUD daerah 3T, Fachruddin, dari Provinsi Banten; Best Practise Pendidik Dikmas daerah 3T, Neli Purwanti Resmiati, dari Provinsi Kalimantan Tengah; dan Best Practise Tenaga Kependidikan Dikmas di daerah 3T, Aksi, dari Provinsi Aceh.

 

Kemudian pada kategori kelompok, Provinsi Papua meraih juara satu pada dua sub kategori, yakni Paduan Suara dan Defile. Sedangkan pada sub kategori Senam Kreasi Daerah diraih oleh Provinsi Kalimantan Barat. 

 

“Saya mohon betul bapak dan ibu peroleh juara dapat menularkan praktik terbaiknya itu ditempatnya masing-masing sehingga harapannya PAUD dan Dikmas semakin lama semakin berkualitas,” pesan Didik.

 

Sementara itu, Pejabat Gubernur Kalimantan Barat, Dodi Riyadmadji, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kemendikbud yang telah memberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi Nasional Tahun 2018. “Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kalimantan Barat mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional,” ucap Pj. Gubernur.

 

Dengan adanya kegiatan apresiasi ini, kata Pj.Gubernur, dapat memberikan semangat baru bagi seluruh pengelola dan pelaksana PAUD dan DIKMAS untuk lebih memberikan perhatian dan dukungan dalam memberikan layanan pendidikan yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. “Semoga penyelenggaraan apresiasi di Pontianak Kalimantan Barat ini tetap menjadi kenangan tersendiri bagi Bapak dan Ibu, terutama persaudaraan dan silaturahmi yang terjalin selama kegiatan ini,” tutur Pj. Gubernur, yang pada kesempatan ini juga menutup acara Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi Nasional Tahun 2018. 

 

Provinsi D.I. Yogyakarta telah lima kali meraih juara umum pada ajang Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS Berprestasi dan Berdedikasi Nasional yang dilaksanakan sejak tahun 2007. Prestasi tersebut diraih pada tahun 2008 saat penyelenggaraan di Provinsi Jawa Tengah, tahun 2009 saat menjadi tuan rumah, tahun 2015 di Provinsi Sumatera Utara, tahun 2016 di Provinsi Sulawesi Tengah, dan tahun ini diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Barat. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Kejar Target Penyelesaian Pembangunan Konstruksi

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang 99,35 Km akan menghubungkan 2 kota besar di Kalimantan yaitu Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Jalan tol yang ditargetkan untuk bisa diselesaikan pada penghujung tahun 2018, sehingga dapat beroperasi penuh pada awal tahun 2019 ini, menunjukkan progres positif, hingga awal Agustus 2018, progres Seksi 2, Seksi 3 dan Seksi 4 adalah 63,31% sementara progres konstruksi Seksi 1 sampai dengan Seksi 5 adalah 65,25%. Hingga awal bulan Agustus 2018, progres pembebasan lahan telah mencapai 95,47% dari total keseluruhan lahan. 

Read more...