yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Hari Koperasi Nasional Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 2 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR Menunda Penerapan Integrasi Sistem Transaksi Tol JORR

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Memperhatikan dengan seksama pertimbangan dan masukan dari berbagai elemen masyarakat terkait dengan penerapan Integrasi Sistem Transaksi Tol Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR), Kementerian PUPR menunda penerapan sistem tersebut untuk memberikan kesempatan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait untuk dapat melakukan sosialisasi secara lebih intensif kepada masyarakat.

Kemendikbud Selenggarakan Pameran Dua Presiden RI Jadi Tuan Rumah Asian Games Tahun 1962 dan 2018

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan gelar pameran temporer di Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti, Bogor.BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan gelar pameran temporer di Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti, Bogor.

 

Pameran yang diselenggarakan dalam menyambut ajang Asian Games ini merupakan langkah konkret Kemendikbud dalam melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) No. 3 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan/Rehabilitasi Prasarana dan Sarana Pendukung dalam Persiapan Penyelenggaraan Asian Games Tahun 2018 dan Asian Para Games Tahun 2018, yang antara lain, memuat kewajiban kementerian/lembaga untuk menyukseskan Asian Games 2018.

 

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengungkapkan pameran dengan tema _“Dua Presiden RI Tuan Rumah Asian Games 1962 & 2018”_ ini mengingatkan kembali pada tahun 1962 di mana masyarakat Indonesia bergotong royong menyiapkan Asian Games. 

 

”Perjuangan bangsa Indonesia saat itu mampu menyukseskan Asian Games 1962. Dengan semangat yang sama, saya optimistis kesuksesan serupa terulang saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games untuk kedua kalinya tahun ini,” ujar Hilmar dalam sambutannya saat membuka pameran di Balai Kirti, Bogor, pada Minggu (20/05/2018).

 

Hilmar juga menyampaikan bahwa pameran ini merupakan upaya pemerintah khususnya Kemendikbud dalam mengedukasi masyarakat menyambut ajang Asian Games 2018. “Selain mengedukasi melalui pameran ini, pameran yang lebih besar juga akan diselenggarakan pada Agustus 2018 nanti di Senayan untuk memberikan hiburan bagi para atlet dari seluruh kontingen negara sebelum dan sesudah bertanding,” ujarnya. 

 

Kurator pameran ini, Yuke Ardianti, menjelaskan benda yang dipamerkan di Balai Kirti berupa arsip dan dokumentasi kegiatan Asian Games 1962. Ada pula gambar arsitektur dari tujuh proyek pemerintah, salah satunya adalah Stadion Gelora Bung Karno (GBK), menampilkan gambar sejak awal pembangunan hingga perkembangannya saat ini. Perubahan arsitektur Stadion GBK merupakan gagasan Presiden Joko Widodo untuk menyambut Asian Games 2018. Begitu pula awal pembangunannya adalah untuk penyelenggaraan ajang serupa pada 1962 merupakan inisiatif Presiden Soekarno.

 

“Keunikan dari pameran ini adalah ditampilkannya gagasan arsitektural dari dua presiden dalam rangka menyambut Asian Games,” kata Yuke. Menurutnya, gagasan mereka sama-sama menggemparkan bagi negara dan sekaligus membanggakan bagi bangsanya. 

 

Yuke menganggap gagasan Presiden Soekarno menggemparkan dunia karena Indonesia saat itu belum lama merdeka. Sedangkan Presiden Joko Wiodo diapresiasi atas gagasannya dalam mengembangkan stadion tersebut tanpa mengubah arsitektur awalnya, dan membangun infrastruktur penunjang lainnya. 

 

Sementara itu, Kepala Museum Kepresidenan Bogor, Amurwani Dwi Lestariningsih, mengakui pameran tersebut sekaligus memperingati tahun ke-4 hari jadi Museum Kepresidenan. Ia berharap pameran ini bisa menarik ribuan pengunjung setiap harinya. 

 

“Pameran ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 09.00 – 15.00 WIB kecuali hari Senin kita libur,” kata Amurwani . Pameran temporer ini akan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan dari tanggal 20 Mei-18 Agustus 2018. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Kuningan seluas 221 hektar yang membendung Sungai Cikaro tersebut akan memiliki volume tampung total sebesar 25,9 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan multifungsi ini akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Guna mengurai Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga Berkoordinasi dengan Kepolisian Lakukan Beberapa Upaya Rekayasa Lalu Lintas

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Irra Susiyanti mengatakan mulai pukul 20.40 WIB, Jasa Marga atas diskresi Kepolisian telah memperpanjang pemberlakuan satu arah (ke arah Jakarta) mulai dari Km 72 sampai dengan Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.