yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Rano Karno Ajak Pelaku UMKM Meraih Kesuksesan Berbisnis

PANGKAL PINANG, JURNAL IBUKOTA: Rano Karno, selaku Duta Koperasi dalam opening speech-nya, mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk menggapai kesuksesan dengan terus konsisten dalam menjalankan usaha. Hal ini disampaikan Rano dalam acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)  dan Tim Penggerak PKK, di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (15/11/2018).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pembangunan Bendungan Logung Kudus Rampung, Siap Digenangi Air pada Akhir November 2018

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah saat ini telah rampung dan siap diisi air atau impounding pada akhir November 2018. Bendungan ini merupakan salah satu dari 65 bendungan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2015-2019 untuk mendukung Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla mewujudkan ketahanan pangan dan air nasional. 

Read more...

Kemendikbud Gelar Puncak Peringatan Hardiknas 2018 di Lombok Barat

Mendikbud: Saatnya Mengeratkan Hubungan Pendidikan dan Kebudayaan

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, di Lombok City Center (LCC), Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). LOMBOK BARAT, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, di Lombok City Center (LCC), Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

 

 

"Marilah peringatan ini kita jadikan sebagai saat untuk mengeratkan hubungan pendidikan dan kebudayaan sebagaimana yang tercermin dalam ajaran dan pemikiran tokoh pendidikan kita Ki Hajar Dewantara," ujar Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada pembukaan puncak peringatan Hardiknas, Senin (7/5/2017).

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini puncak peringatan Hardiknas 2018 digelar bersamaan dengan penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tingkat nasional yang diikuti lebih dari 4.000 peserta dan pendamping dari seluruh Indonesia. 

 

LKS SMK diselenggarakan pada tanggal 7 s.d. 11 Mei 2018, sebagai upaya untuk mempromosikan kompetensi siswa dan lulusan SMK, agar masyarakat khususnya dunia usaha dan industri (DUDI) dapat menyaksikan secara langsung sehingga dapat memberikan pengakuan terhadap SMK. LKS juga menjadi ajang awal bagi siswa SMK untuk mengikuti lomba tingkat internasional. 

 

LKS SMK tingkat nasional tahun 2018 melombakan 56 bidang lomba, terdiri atas 2 bidang lomba daring (online), termasuk 5 bidang lomba _South East Asia Creative Camp (SEACC),_ dan 49 bidang lomba luring _(offline)._

 

Lebih lanjut disampaikan Mendikbud, untuk menyongsong revolusi industri keempat harus disiapkan generasi era digital. "Kita harus mendorong anak-anak untuk berpikir kreatif, karena dengan kemampuan berpikir kreatif kita akan bisa menyiapkan generasi yang mudah beradaptasi dalam situasi baru di masa yang akan datang," ujarnya. 

 

Beberapa kegiatan pendukung dalam LKS SMK tingkat nasional tahun 2018, meliputi pameran produk unggulan SMK dari 34 provinsi, pameran literasi, bazar buku, _workshop,_ _job matching,_ _one school one province (OSOP)_, pada kegiatan ini setiap kontingen berkunjung ke satu SMP di Kota Mataram untuk bersahabat dan mendapatkan dukungan selama lomba. Selain itu, _show skills_ alumni kompetitor _World Skills Competition (WSC),_ 

sertifikasi kompetensi, 

dan masih banyak kegiatan lainnya.

 

Puncak peringatan Hardiknas juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada pemenang olimpiade guru pendidikan dasar dan menengah, serta pengawas dan widyaiswara. Olimpiade unjuk karya guru yang dilaksanakan pada tanggal 3 s.d. 6 Mei 2018 di Kota Mataram itu diikuti 191 orang guru dan kepala sekolah dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Selanjutnya, Mendikbud juga memberikan penghargaan kepada 13 dari 550 siswa penerima KIP di NTB yang mengukir prestasi pada berbagai lomba tingkat nasional dan internasional. 

 

Sejumlah kegiatan dalam rangkaian peringatan Hardiknas tahun 2018 telah dilaksanakan mulai tanggal 21 s.d. 30 April 2018. Berbagai kegiatan tersebut, antara lain, bazar buku murah, pojok literasi, nonton bareng film Indonesia, dialog dan lokakarya pendidikan, pawai budaya dan berbagai kegiatan kreatif lainnya yang dilaksanakan di 34 provinsi seluruh Indonesia. 

 

Penyelenggaraan puncak peringatan Hardiknas 2018 tidak lepas dari dukungan Pemerintah Provinsi NTB. Turut hadir dalam acara puncak peringatan Hardiknas, Gubernur NTB TGH. Muhammad Zainul Majdi, yang memberikan apresiasi atas kepercayaan Kemendikbud menyelenggarakan puncak peringatan Hardiknas 2018 di Provinsi NTB. Selain itu, pemerintah Provinsi NTB juga berharap dengan adanya LKS SMK dapat menumbuhkan optimisme siswa dalam menghadapi masa depan, karena dunia industri sudah banyak diisi oleh lulusan SMK. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Dukung Program Pemerintah Penertiban Akses Serang Timur

SERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejalan dengan program pemerintah, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pembenahan terhadap akses Gerbang Tol Serang Timur. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Ini Rencana Aksi Kemenhub Urai Kepadatan Tol Jakarta-Cikampek

Sejumlah Rencana Aksi akan diterapkan untuk menangani Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai dampak pembangunan Proyek Strategis Nasional (Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan LRT).  Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, pada saat jumpa pers bersama stakeholder terkait di Gerbang Tol Cikarang Utama (14/11).CIKARANG, JURNAL IBUKOTA: Sejumlah Rencana Aksi akan diterapkan untuk menangani Kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai dampak pembangunan Proyek Strategis Nasional (Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan LRT).  Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, pada saat jumpa pers bersama stakeholder terkait di Gerbang Tol Cikarang Utama (14/11).

Read more...