yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Gerakan Inovasi Koperasi dan UKM di Kulonprogo Dapat Pengakuan Dunia

NEW YORK, JURNAL IBUKOTA: Gerakan inovasi untuk koperasi dan bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Kulonprogo, DI Yogyakarta telah mendapatkan pengakuan dunia dalam forum PBB.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki: Ramadhan Bulan Penuh Berkah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: _Marhaban Ya Ramadhan_. Mengawali bulan Ramadhan 1439 Hijriah tahun 2018, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa kepada seluruh Keluarga Besar Kementerian PUPR yang ada di seluruh Indonesia.

Read more...

Kemendikbud Gelar Puncak Peringatan Hardiknas 2018 di Lombok Barat

Mendikbud: Saatnya Mengeratkan Hubungan Pendidikan dan Kebudayaan

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, di Lombok City Center (LCC), Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). LOMBOK BARAT, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, di Lombok City Center (LCC), Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

 

 

"Marilah peringatan ini kita jadikan sebagai saat untuk mengeratkan hubungan pendidikan dan kebudayaan sebagaimana yang tercermin dalam ajaran dan pemikiran tokoh pendidikan kita Ki Hajar Dewantara," ujar Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada pembukaan puncak peringatan Hardiknas, Senin (7/5/2017).

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini puncak peringatan Hardiknas 2018 digelar bersamaan dengan penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tingkat nasional yang diikuti lebih dari 4.000 peserta dan pendamping dari seluruh Indonesia. 

 

LKS SMK diselenggarakan pada tanggal 7 s.d. 11 Mei 2018, sebagai upaya untuk mempromosikan kompetensi siswa dan lulusan SMK, agar masyarakat khususnya dunia usaha dan industri (DUDI) dapat menyaksikan secara langsung sehingga dapat memberikan pengakuan terhadap SMK. LKS juga menjadi ajang awal bagi siswa SMK untuk mengikuti lomba tingkat internasional. 

 

LKS SMK tingkat nasional tahun 2018 melombakan 56 bidang lomba, terdiri atas 2 bidang lomba daring (online), termasuk 5 bidang lomba _South East Asia Creative Camp (SEACC),_ dan 49 bidang lomba luring _(offline)._

 

Lebih lanjut disampaikan Mendikbud, untuk menyongsong revolusi industri keempat harus disiapkan generasi era digital. "Kita harus mendorong anak-anak untuk berpikir kreatif, karena dengan kemampuan berpikir kreatif kita akan bisa menyiapkan generasi yang mudah beradaptasi dalam situasi baru di masa yang akan datang," ujarnya. 

 

Beberapa kegiatan pendukung dalam LKS SMK tingkat nasional tahun 2018, meliputi pameran produk unggulan SMK dari 34 provinsi, pameran literasi, bazar buku, _workshop,_ _job matching,_ _one school one province (OSOP)_, pada kegiatan ini setiap kontingen berkunjung ke satu SMP di Kota Mataram untuk bersahabat dan mendapatkan dukungan selama lomba. Selain itu, _show skills_ alumni kompetitor _World Skills Competition (WSC),_ 

sertifikasi kompetensi, 

dan masih banyak kegiatan lainnya.

 

Puncak peringatan Hardiknas juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada pemenang olimpiade guru pendidikan dasar dan menengah, serta pengawas dan widyaiswara. Olimpiade unjuk karya guru yang dilaksanakan pada tanggal 3 s.d. 6 Mei 2018 di Kota Mataram itu diikuti 191 orang guru dan kepala sekolah dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Selanjutnya, Mendikbud juga memberikan penghargaan kepada 13 dari 550 siswa penerima KIP di NTB yang mengukir prestasi pada berbagai lomba tingkat nasional dan internasional. 

 

Sejumlah kegiatan dalam rangkaian peringatan Hardiknas tahun 2018 telah dilaksanakan mulai tanggal 21 s.d. 30 April 2018. Berbagai kegiatan tersebut, antara lain, bazar buku murah, pojok literasi, nonton bareng film Indonesia, dialog dan lokakarya pendidikan, pawai budaya dan berbagai kegiatan kreatif lainnya yang dilaksanakan di 34 provinsi seluruh Indonesia. 

 

Penyelenggaraan puncak peringatan Hardiknas 2018 tidak lepas dari dukungan Pemerintah Provinsi NTB. Turut hadir dalam acara puncak peringatan Hardiknas, Gubernur NTB TGH. Muhammad Zainul Majdi, yang memberikan apresiasi atas kepercayaan Kemendikbud menyelenggarakan puncak peringatan Hardiknas 2018 di Provinsi NTB. Selain itu, pemerintah Provinsi NTB juga berharap dengan adanya LKS SMK dapat menumbuhkan optimisme siswa dalam menghadapi masa depan, karena dunia industri sudah banyak diisi oleh lulusan SMK. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau TPS R3 Citarik Pel. Ratu

Setelah meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.SETELAH meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

KLHK Tegas Tangani Kasus Pencemaran Lingkungan

Direktur Jenderal Gakkum LHK Rasio Ridho Sani mengatakan sejak tahun 2015, KLHK melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK telah melakukan penanganan 2.052 pengaduan, dan pengawasan terhadap 462 perusahaan, yang meliputi 1.544 perizinan lingkungan. Sedangkan, khusus kasus terkait limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), telah diterbitkan sanksi administratif pada 61 perusahaan, proses penegakan hukum pidana sebanyak 65 kasus, dan 9 kasus di antaranya telah siap untuk disidangkan di pengadilan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal Gakkum LHK Rasio Ridho Sani mengatakan sejak tahun 2015, KLHK melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) LHK telah melakukan penanganan 2.052 pengaduan, dan pengawasan terhadap 462 perusahaan, yang meliputi 1.544 perizinan lingkungan. Sedangkan, khusus kasus terkait limbah bahan beracun dan berbahaya (B3), telah diterbitkan sanksi administratif pada 61 perusahaan, proses penegakan hukum pidana sebanyak 65 kasus, dan 9 kasus di antaranya telah siap untuk disidangkan di pengadilan.

Read more...

Transportasi

Dalam Waktu Dekat, Akan Diimplementasikan Satu Tarif Merata di Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C

Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat akan diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.SEMARANG, JURNAL IBUKOTA :  Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat akan diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.

Read more...