yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Waralaba Cara Efektif Tingkatkan Rasio Kewirausahaan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring menegaskan, model bisnis waralaba (franchise) merupakan salah satu cara paling efektif untuk melahirkan wirausaha baru, sekaligus meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia yang baru mencapai 3,1 persen.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki Melantik Tujuh Pejabat Tinggi Madya Kementerian PUPR

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik sebanyak 127 pejabat untuk Jabatan Tinggi Madya, Pratama, Administrator dan Fungsional di lingkungan Kementerian PUPR, Jumat (19/7/2018), di Auditorium Kementerian PUPR.

Read more...

Mendikbud: Kartini Adalah Tokoh Literasi Indonesia

Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menghadiri kegiatan Forum Taman Bacaan (TBM) di Serang, provinsi Banten. Mendikbud mengungkapkan Raden Ajeng Kartini merupakan tokoh literasi bangsa. SERANG, JURNAL IBUKOTA: Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menghadiri kegiatan Forum Taman Bacaan (TBM) di Serang, provinsi Banten. Mendikbud mengungkapkan Raden Ajeng Kartini merupakan tokoh literasi bangsa. 

 

 

“Kartini bukan sekadar tokoh perempuan yang memperjuangkan emansipasi. Tapi, Kartini adalah ibu literasi Indonesia,” disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy saat pembukaan , Sabtu (21/04/2018).

 

Menurut Muhadjir, kumpulan surat Kartini yang diabadikan dalam buku merangkum pemikiran dan semangat Kartini yang melampaui zamannya. Pemikiran dan semangat itu terus hidup hingga di era kini, dan penting untuk diteruskan kepada generasi berikutnya. 

 

Rendahnya kemampuan literasi siswa Indonesia merupakan cerminan rendahnya budaya literasi di masyarakat. Mendikbud mengajak semua pihak agar bergerak bersama meningkatkan budaya baca generasi muda. “Literasi itu tidak cukup dengan membaca 15 menit saja,” katanya.

 

Bagi Muhadjir, literasi tidak hanya dapat digerakkan melalui sekolah, namun juga melalui keluarga, dan masyarakat. Kebiasaan membaca buku bersama dengan anak, atau mendongeng merupakan wujud konkret yang bisa dilakukan orang tua untuk menumbuhkan budaya literasi. “Jangan sampai anak-anak bisa baca, tapi tidak tahu, tidak paham apa yang dibacanya,” pesan Mendikbud.

 

Peran pegiat forum taman bacaan masyarakat serta pustakawan dipandang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan literasi generasi muda. Ia berpesan agar para pegiat dan pustakawan tidak hanya memberikan pelayanan dalam mengantar buku bacaan ke anak-anak. Namun, Mendikbud berharap agar mereka juga dapat memberikan fasilitasi untuk diskusi yang mendorong pemahaman lebih mendalam. 

 

Mengusung tema ‘Literasi Bagi Negeri’, Forum Taman Bacaan Masyarakat menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini (21 April) dan Hari Buku Sedunia (23 April). Hajatan akbar yang berlangsung sampai 23 April 2018 di TBM Rumah Dunia, Serang ini dimeriahkan oleh berbagai komunitas dan pegiat literasi nasional. 

 

Masyarakat dapat menikmati pameran berbagai karya literasi, mengikuti peluncuran 40 judul buku, diskusi literasi, lomba menulis esai, dan menyaksikan bioskop keliling. Beberapa tokoh literasi nasional yang turut memeriahkan acara ini di antaranya Maman Suherman, Najwa Shihab, Sofie Dewayani, Roosie Setiawan, Kiswanti, Tias Tatanka, Jaro Ruhandi dan masih banyak tokoh inspiratif di bidang literasi lainnya. 

 

"Pesan dan makna yang ingin kami sampaikan bahwa ribuan TBM yang hadir dan ‘hidup’ di tengah-tengah masyarakat merupakan kekuatan dan potensi besar yang bisa digerakkan dan menjadi mitra strategis pemerintah dan negara dalam mengedukasi masyarakat, menjaga keutuhan NKRI, pemberdayaan/advokasi masyarakat dan menciptakan kehidupan bangsa lebih baik,” ujar Ketua Umum Forum TBM Firman Venayaksa. (Agus) 

 

primi sui motori con e-max

Gunung Agung Meletus Strombolian

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.

"Pada Senin malam tiba- tiba masyarakat sekitar Gunung Agung dikejutkan letusan disertai dengan suara ledakan keras disertai dengan lontaran batu pijar. PVMBG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 2/72018 pukul 21:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Proyek Jalan Tol Kunciran - Serpong Peroleh Pembiayaan Kredit Sindikasi Sebesar Rp 3,3 T

PT Marga Trans Nusantara (PT MTN), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dan ASTRA Infra memperoleh pembiayaan kredit sindikasi sebesar Rp 3.300.000.000.000,- (Tiga triliun tiga ratus miliar rupiah) untuk membiayai pembangunan proyek Jalan Tol Kunciran-Serpong.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: PT Marga Trans Nusantara (PT MTN), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dan ASTRA Infra memperoleh pembiayaan kredit sindikasi sebesar Rp 3.300.000.000.000,- (Tiga triliun tiga ratus miliar rupiah) untuk membiayai pembangunan proyek Jalan Tol Kunciran-Serpong.

Read more...