yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Rano Karno Ajak Pelaku UMKM Meraih Kesuksesan Berbisnis

PANGKAL PINANG, JURNAL IBUKOTA: Rano Karno, selaku Duta Koperasi dalam opening speech-nya, mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk menggapai kesuksesan dengan terus konsisten dalam menjalankan usaha. Hal ini disampaikan Rano dalam acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)  dan Tim Penggerak PKK, di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (15/11/2018).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden: Monumen Kapsul Waktu Miliki Semangat Para Avengers

MERAUKE, JURNAL IBUKOTA: Pagi ini, Jumat 16 November 2018, Presiden Joko Widodo meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Provinsi Papua. Tujuh mimpi anak-anak bangsa diletakan secara permanen di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia di Merauke, di ujung timur Indonesia.

Read more...

Kemenko PMK: Bangsa Yang Maju Itu Disebabkan Pondasi Karakter Yang Kuat

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Prof. Agus Sartono menginginkan semua anak bangsa dapat membangun integritas melalui pendidikan karakter.

 

"Kita semua sepakat bahwa jika pondasi kita kokoh apapun di atasnya dibangun itu pasti kokoh juga," ucap Prof. Agus Sartono di Kantor Kemenko PMK.

Agus meyakini bahwa seseorang yang ilmunya bermanfaat bagi masyarakat sekitar dipastikan ia memiliki karakter yang kuat. Karan itu, kata Agus, pendidikan karakter harus dijadikan motivasi bagi setiap orang. “Alangkah baiknya jika setiap individu mampu menjadi guru bagi diri sendiri dan sesamanya saat ia berada di lingkungannya,” ujar Agus. 

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa pendidikan itu harus diterapkan melalui lingkungan keluarga dan masyarakat. Hal ini penting, agar pendidikan tidak dimaknai sekedar mata pelajaran tetapi untuk menumbuhkan nilai. "Orang yang berkarakter tidak mungkin melakukan korupsi bahkan ancaman korupsi akan bisa diatasi melalui pendidikan karakter," terang Agus. "Kita butuh orang yang cerdas dan berkarakter di masa mendatang," tambahnya.

Disisi lain, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy juga sepakat bahwa penguatan pendidikan karakter itu adalah amanah dari janji presiden dan wakil presiden yang tertuang di dalam program aksi Jokowi JK, kemudian diterjemahkan lebih lanjut sebagai bagian dari nawacita.

Menurut Muhadjir, pendidikan karakter itu harus diterapkan dari jenjang dasar SD dan SMP. Materi jenjang waktu yakni 70 persen pendidikan karakter dan 30 persen pengetahuan.

"Berarti sekolah SD dan SMP harus berubah. Harus ada restorasi pendidikan," katanya saat mengikuti kegiatan seminar pendidikan dalam rangka HUT PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2017 di Kantor Wali Kota Singkawang, Jalan Firdaus, Kamis (28/12/2017).

Lebih lanjut ia menjelaskan, bila di sekolah SD dan SMP masih padat dengan memberi pengetahun pada peserta didik, itu tidak zamannya lagi. Ia menilai di SD dan SMP harus berisi penguatan karakter pada siswa. Hal ini karena pendidikan karakter adalah pondasi dari pendidikan lebih lanjut.

Kemenko PMK dalam hal ini telah melakukan langkah-langkah koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait, khususnya terkait dengan Penguatan Pendidikan Karakter dan Bela Negara. Nantinya masing-masing K/L juga akan menyusun modul khusus Bela Negara yang disesuaikan dengan tugas dan fungsinya. (***)

 

 

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Dukung Program Pemerintah Penertiban Akses Serang Timur

SERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejalan dengan program pemerintah, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pembenahan terhadap akses Gerbang Tol Serang Timur. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Dalam Sepekan, Jasa Marga Raih Empat Penghargaan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali mengukir prestasi membanggakan. Dalam sepekan, Jasa Marga memperoleh empat penghargaan, baik dalam lingkup internasional maupun lokal. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali mengukir prestasi membanggakan. Dalam sepekan, Jasa Marga memperoleh empat penghargaan, baik dalam lingkup internasional maupun lokal. 

Read more...