yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM KUMKM di Pontianak

PONTIANAK, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan daya saing usaha mikro kecil, menengah dan koperasi, serta meningkatkan penghidupan berkelanjutan berbasis usaha mikro, Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan peningkatan kapasitas SDM di Kalimantan Barat. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Ketersediaan Infrastruktur Air Minum dan Sanitasi di Kabupaten Asmat Akan Ditingkatkan

ASMAT, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprioritaskan pembangunan infrastruktur air bersih dan sanitasi untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. Meski sebagian besar lahan berupa rawa dengan pasang surut tinggi, namun Kabupaten Asmat memiliki curah hujan sangat tinggi dan sungai yang bisa menjadi sumber air baku. 

Read more...

Muhadjir: Kemdikbud Terus Lakukan Perluasan Akses dan Meningkatkan Mutu Pendidikan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan memasuki tahun ketiga pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, Kemdikbud terus melakukan perluasan akses dan meningkatkan mutu pendidikan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan memasuki tahun ketiga pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, Kemdikbud terus melakukan perluasan akses dan meningkatkan mutu pendidikan.

 

"Pada tahun pertama pemerintah menyiapkan fondasi. Pada tahun kedua pemerintah melakukan percepatan langkah dan bekerja secara nyata dan pada tahun ketiga, yang sedang berjalan pemerintah melakukan pemerataan pembangunan," kata Mendikbud Muhadjir Effendy dalam acr Taklimat Media Kilas Balik Kinerja Kemdikbud Tahun 2017 dan Rencana Kerja Tahun 2018, di kantor Kemdikbud, Selasa (19/12/2017).

Menurut Muhadjir, sinergi antara pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam melaksanakan program- program prioritas, akan memberikan dampak langsung yang bermanfaat bagi masyarakat.

Muhadjir mengatakan program prioritas yang diamanahkan kepada Kemdikbud berdasarkan penjabaran dari implementasI Nawacita, yaitu Program Indonesia Pintar (PIP), Revitalisasi Pendidikan Kejuruan dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) serta peningkatan Ujian Nasional (UN).

"Tahun ini PIP diperluas target penerimanya dengan memperluas penerima manfaat, menjangkau anak-anak yatim, yatim piatu dan anak-anak yang tinggal di panti asuhan, serta peserta didik non formal," katanya.

"Ini adalah upaya perwujudan bahwa negara harus memastikan setiap anak Indonesia mendapat haknya untuk mendapat pendidikan," tambahnya.

Menurut Muhadjir, terobosan terbaru dari pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) diberikan dalam bentuk Simpanan Pelajar dilengkapi kartu ATM.

"Dengan cara ini, Kemdikbud terus mendorong transaksi nontunai," ujarnya.

Berdasarkan data pada 11 November 2017, pemerintah telah menyalurkan KIP di jenjang Sekolah Dasar (SD) sebanyak 7.778.963 anak; Sekolah Menengah.Pertama (SMP) sebanyak 3.244.134 an; Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 1.436.186 anak.

Menurut  dia, berdasarkan data yang dimiliki DitJen PAUD dan pendidikan masyarakat, jumlah peserta didik program pendidikan kesetaraan mencapai 775.300 orang.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 500.000 orang adalah target utama pada tahun 2 sebagai calon penerima PIP, dengan usia penerima kurang dari 21 tahun," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Tinjau DAS Citarum

 Presiden Joko Widodo menyadari bahwa revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS)  Citarum bukanlah pekerjaan mudah yang dapat diselesaikan hanya dalam hitungan hari, bulan, bahkan 1 atau 2 tahun. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara saat bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, penggiat lingkungan hidup di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 22 Februari 2018.

PRESIDEN Joko Widodo menyadari bahwa revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS)  Citarum bukanlah pekerjaan mudah yang dapat diselesaikan hanya dalam hitungan hari, bulan, bahkan 1 atau 2 tahun. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara saat bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, penggiat lingkungan hidup di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 22 Februari 2018.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...