yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pertama Kali, Koperasi Adakan Lelang Terbuka Anak Sapi

LAMPUNG, JURNAL IBUKOTA: Pertama kalinya, koperasi di Indonesia menyelenggarakan lelang terbuka anak sapi (pedet). Lelang dilakukan Koperasi Produksi Ternak Maju Sejahtera (KPT-MS) yang merupakan gabungan dari 38 kelompok peternak di Lampung.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Hasil Evaluasi Kinerja PDAM 2018, Jumlah PDAM Sehat bertambah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) telah mengeluarkan hasil penilaian kinerja PDAM tahun 2018 terhadap 374 PDAM dari 391 PDAM yang ada di Indonesia. Penilaian dilakukan untuk tahun buku 2017, untuk melihat dan mengukur tingkat kinerja manajemen, efisiensi dan efektivitas pengelolaan PDAM. 

Read more...

Muhadjir: Kemdikbud Terus Lakukan Perluasan Akses dan Meningkatkan Mutu Pendidikan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan memasuki tahun ketiga pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, Kemdikbud terus melakukan perluasan akses dan meningkatkan mutu pendidikan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan memasuki tahun ketiga pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, Kemdikbud terus melakukan perluasan akses dan meningkatkan mutu pendidikan.

 

"Pada tahun pertama pemerintah menyiapkan fondasi. Pada tahun kedua pemerintah melakukan percepatan langkah dan bekerja secara nyata dan pada tahun ketiga, yang sedang berjalan pemerintah melakukan pemerataan pembangunan," kata Mendikbud Muhadjir Effendy dalam acr Taklimat Media Kilas Balik Kinerja Kemdikbud Tahun 2017 dan Rencana Kerja Tahun 2018, di kantor Kemdikbud, Selasa (19/12/2017).

Menurut Muhadjir, sinergi antara pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam melaksanakan program- program prioritas, akan memberikan dampak langsung yang bermanfaat bagi masyarakat.

Muhadjir mengatakan program prioritas yang diamanahkan kepada Kemdikbud berdasarkan penjabaran dari implementasI Nawacita, yaitu Program Indonesia Pintar (PIP), Revitalisasi Pendidikan Kejuruan dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) serta peningkatan Ujian Nasional (UN).

"Tahun ini PIP diperluas target penerimanya dengan memperluas penerima manfaat, menjangkau anak-anak yatim, yatim piatu dan anak-anak yang tinggal di panti asuhan, serta peserta didik non formal," katanya.

"Ini adalah upaya perwujudan bahwa negara harus memastikan setiap anak Indonesia mendapat haknya untuk mendapat pendidikan," tambahnya.

Menurut Muhadjir, terobosan terbaru dari pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) diberikan dalam bentuk Simpanan Pelajar dilengkapi kartu ATM.

"Dengan cara ini, Kemdikbud terus mendorong transaksi nontunai," ujarnya.

Berdasarkan data pada 11 November 2017, pemerintah telah menyalurkan KIP di jenjang Sekolah Dasar (SD) sebanyak 7.778.963 anak; Sekolah Menengah.Pertama (SMP) sebanyak 3.244.134 an; Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 1.436.186 anak.

Menurut  dia, berdasarkan data yang dimiliki DitJen PAUD dan pendidikan masyarakat, jumlah peserta didik program pendidikan kesetaraan mencapai 775.300 orang.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 500.000 orang adalah target utama pada tahun 2 sebagai calon penerima PIP, dengan usia penerima kurang dari 21 tahun," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Dukung Program Pemerintah Penertiban Akses Serang Timur

SERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejalan dengan program pemerintah, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pembenahan terhadap akses Gerbang Tol Serang Timur. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Dalam Sepekan, Jasa Marga Raih Empat Penghargaan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali mengukir prestasi membanggakan. Dalam sepekan, Jasa Marga memperoleh empat penghargaan, baik dalam lingkup internasional maupun lokal. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali mengukir prestasi membanggakan. Dalam sepekan, Jasa Marga memperoleh empat penghargaan, baik dalam lingkup internasional maupun lokal. 

Read more...