yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Primkop Kartika Widya Sejahtera Hadirkan Kemudahan bagi Masyarakat Banjarbaru

BANJARBARU, Kalsel, JURNAL IBUKOTA:  Primer Koperasi Kartika Widya Sejahtera di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menjadi teladan koperasi angkatan yang senantiasa berupaya menghadirkan kemudahan dan layanan bagi masyarakat sekitar.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pemerintah dan DPR Mulai Pembahasan RUU SDA

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memulai pembahasan Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) yang merupakan RUU inisiatif DPR. Dimulainya pembahasan RUU SDA disepakati dalam Rapat Kerja antara Komisi V DPR dengan beberapa Kementerian/Lembaga yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk mewakili Pemerintah dalam pembahasan RUU SDA, di Ruang Rapat Komisi V DPR, Jakarta, Rabu, 18 Juli 2018.

Read more...

Muhadjir: Jangan Mau Jadi Bangsa Pecundang, tapi Harus Jadi Bangsa Pemenang

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan bangsa Indonesia jangan mau jadi bangsa pecundang, tapi harus jadi bangsa pemenang.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan bangsa Indonesia jangan mau jadi bangsa pecundang, tapi harus jadi bangsa pemenang.

 

“Kita harus jadi bangsa pemenang,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy mengutip Presiden Joko Widodo ketika membuka Festival Literasi Sekolah di Plasa Insan Berprestasi Kemdikbud, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Menurut Muhadjir, kita jangan biasa menjelek-jelekkan bangsa sendiri di luar negeri, karena terpengaruh oleh peringkat rendah yang kita miliki, di mana peringkat tersebut dibuat oleh lembaga di luar negeri.

“Kita jangan terlalu cepat percaya dengan peringkat yang dibuat oleh lembaga di luar negeri,” katanya.

Menurut dia, kita tidak tahu apa maksud lembaga pemeringkat di luar negeri yang memberi nilai rendah.

“Angka peringkat tersebut dibuat rendah untuk mematahkan semangat yang membara untuk benar-benar berjuang,” ujarnya.

Menurut dia, dalam setiap kesempatan Presiden Jokowi selalu mengatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang bisa besar, bangsa yang memiliiki potensi menjadi bangsa yang besar.

“Kita harus mensyukuri hal tersebut,” katanya.

Menurut dia, banyak bangsa yang kesulitan karena tidak mempunyai potensi untuk menjadi bangsa besar, sekali pun mereka bisa menjadi bangsa maju.

“Kita mempunyai potensi luar biasa, dengan wilayah yang sangat luas, dengan kekayaan alam dan kekayaan budaya yang luar biasa besar, dan bermacam ragam flora fauna. Semua itu menjadi potensi besar kalau kita bisa mengkapitalisasinya,” tambahnya.

Menurut Muhadjir, dengan segala potensi tersebut kelak kita akan bisa menjadi bangsa yang besar.

“Yang penting marllah kita pergunakan segala potensi tersebut sebagai modal untuk menjadi bangsa yang besar, sebagai senjata bagi anak keturunan kita untuk mengambil alih tongkat estafet, agar menjadi bangsa yang maju dan setara dengan negara- negara lainnya,” katanya.

Sebagai indikator negara besar, katanya, dari jumlah penduduk, bangsa Indonesia merupakan negara keempat terbesar di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat.

“Ada negara tetangga kita yang sekarang sudah maju, tapi tidak pernah menjadi negara besar karena penduduknya tidak lebih dari 5 juta,” katanya.

Menurut dia, ada pula tetangga kita yang sudah maju, namun diyakini tidak akan pernah menjadi besar, karena jumlah penduduk nya hanya 25 juta.

“Kita sekarang belum hebat, tapi dengan penduduk 250 juta jiwa, pasti Indonesia bisa menjadi negara besar,” ujarnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gunung Agung Meletus Strombolian

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.

"Pada Senin malam tiba- tiba masyarakat sekitar Gunung Agung dikejutkan letusan disertai dengan suara ledakan keras disertai dengan lontaran batu pijar. PVMBG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 2/72018 pukul 21:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Jasa Marga Capai Pertumbuhan EBITDA 10,39%

Di tengah masa ekspansi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dapat menjaga pertumbuhan EBITDA. Pada semester I tahun 2018 pertumbuhan EBITDA mencapai nilai Rp 2,90 Triliun atau tumbuh 10,39% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017, sedangkan untuk Margin EBITDA sebesar 60,48% atau tumbuh 2,54% dari semester I tahun 2017. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Di tengah masa ekspansi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dapat menjaga pertumbuhan EBITDA. Pada semester I tahun 2018 pertumbuhan EBITDA mencapai nilai Rp 2,90 Triliun atau tumbuh 10,39% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017, sedangkan untuk Margin EBITDA sebesar 60,48% atau tumbuh 2,54% dari semester I tahun 2017. 

Read more...