yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Ketua MUI Sebut Koperasi Cocok Jadi Wadah Pemberdayaan Ekonomi Umat

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin ikut mendorong terbentuknya koperasi di berbagai daerah. Ma’ruf menyebut koperasi sangat cocok menjadi wadah pemberdayaan ekonomi umat, di samping berperan sebagai pemutus kesenjangan. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang dalam Kondisi Mantap untuk Mudik 2018

BREBES, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Jalan Tol seksi 3 dan 4  Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 km dari Brebes Timur hingga Pemalang dalam kondisi mantap siap operasi, namun masih tetap akan fungsional tanpa tarif pada mudik Lebaran 2018. 

Read more...

Badan Bahasa Adakan Bedah Buku "Suara Samudera" Karya Maria Matildis Banda

 Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof Dadang Sunendar mengatakan bedah buku karya Maria Matildis Banda berjudul Suara Samudera: Catatan dari Lamalera menjadi salah satu kegiatan dalam menyambut Bulan Bahasa Oktober 2017.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof Dadang Sunendar mengatakan bedah buku karya Maria Matildis Banda berjudul Suara Samudera: Catatan dari Lamalera menjadi salah satu kegiatan dalam menyambut Bulan Bahasa Oktober 2017.

 

"Kegiatan Bulan Bahasa baik yang diadakan di Pusat maupun 30 Provinsi di seluruh Tanah Air," kata Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof Dadang Sunendar ketika membuka Bedah Buku Maria Matildis Banda berjudul Suara Samudera: Catatan dari Lamalera, di Badan Bahasa, Kemdikbud, Jakarta, Rabu (11/10/ 2017).

Menurut Dadang, Maria Matildis Banda sudah berhasil menyusun buku novel yang berguna bagi masyarakat, sastrawan, baik secara nasional maupun internasional.

"Buku novel yang bagus seperti ini akan banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, setidaknya ke dalam bahasa Inggris," ujarnya.

Dadang mengatakan penghormatan yang sama kita berikan kepada semua penulis buku yang berada di mana pun juga.

"Penyebaran literasi di Tanah Air telah dimulai dari bulan Mei, yang merupakan penghargaan kita kepada penulis," katanya.

"Ketika kita membaca, yang pertama kami lihat buku itu karangan siapa? Jangan sampai seperti kita menonton film yang bagus, yang kita puji aktornya. Kita lupa memberi penghargaan kepada sutradaranya," tambahnya.

Menurut Dadang, kalau sutradara mengatakan aktor mati lima menit kemudian, ya mati dia.

Dadang mengatakan klu melihat karya sastra dunia, banyak sekali karya sastra yang terkenal setelah 50 tahun, bahkan 100 tahun setelah pengarangnya meninggal.

"Jadi artinya sebuah karya itu menjadi sesuatu yang abadi," tambahnya.

Menurut Dadang, dia belum membaca satu lembar pun novel Suara Samudera karya Maria.

Secara intrinsik, kita harus melihat sebuah karya itu bagaimana?

"Ini akan menarik. Bagaimana pencarian sesuatu yang dianggap berharga, yang dianggap bernilai dipandang dari sudut subyeknya dan obyeknya," tuturnya.

Kemudian kajian dari pembantunya, dan peran-peran dari tokoh yang mengalami berbagai tujuan atau target dari karya ini.

"Syarat dari kerja struktural adalah kita harus membaca dengan lengkap karya ini. Kita bisa menguraikan bagaimana alur ceritanya, pengalurannya bagaimana, tokohnya bagaimana, penokohannya bagaimana dan termasuk latar yang mengalir dalam karya ini," katanya.

Dadang mengatakan kalau soal penangkapan ikan paus raksasa, sudah lama kita kenali.

"Tetapi kalau bisa datang langsung ke tempat akan menjadi sangat baik," katanya.

Dengan latar cerita itu, katanya, semua penulis dan pembaca akan tertarik untuk melihat sumbernya di balik penangkapan ikan paus itu.

Dadang mengatakan bagaimana pembaca dan penceritaan karya ini dibawa ke dalam latar atau setting cerita seperti itu.

Menurut dia, bagaimana latar cerita yang sedemikian menarik bisa dikawinkan dengan alur dan pengaluran, serta tokoh dan penokohan yang bagus.

"Ini saya yakin akan bisa menjadi menarik bagi kita semuanya," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau TPS R3 Citarik Pel. Ratu

Setelah meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.SETELAH meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Pastikan Kesiapan Mudik, Kementerian BUMN Tinjau Jalur-Jalur Mudik dari Jakarta hingga Solo

Dalam rangka memastikan kesiapan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dalam menyiapkan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 (Idul Fitri 1439 H) yang aman, nyaman dan lancar, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), lakukan tinjauan ke ruas-ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya.SEMARANG, JURNAL IBUKOTA: Dalam rangka memastikan kesiapan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dalam menyiapkan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 (Idul Fitri 1439 H) yang aman, nyaman dan lancar, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), lakukan tinjauan ke ruas-ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya.

Read more...