yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Satgas Daerah Diminta Perketat Pengawasan Terhadap Koperasi

SOLO, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM mendorong Satuan Tugas (Satgas) pengawasan koperasi memperkuat tugas dan fungsinya di daerah. Penguatan pengawasan sangat penting agar koperasi di daerah tumbuh sehat dan berkualitas.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Dirjen Bina Marga Arie S. Moerwanto Terima IHE Delft Alumni Award Pertama dari Asia

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto menerima penghargaan dari IHE Delft, sebuah universitas terkemuka di Belanda tempatnya menyelesaikan pendidikan S2 yakni penghargaan IHE Delft Alumni Award 2017. Penghargaan tersebut diberikan kepada alumnus yang berprestasi dalam karier dan menjadi teladan di bidang sumber daya air.

Read more...

Badan Bahasa Adakan Bedah Buku "Suara Samudera" Karya Maria Matildis Banda

 Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof Dadang Sunendar mengatakan bedah buku karya Maria Matildis Banda berjudul Suara Samudera: Catatan dari Lamalera menjadi salah satu kegiatan dalam menyambut Bulan Bahasa Oktober 2017.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof Dadang Sunendar mengatakan bedah buku karya Maria Matildis Banda berjudul Suara Samudera: Catatan dari Lamalera menjadi salah satu kegiatan dalam menyambut Bulan Bahasa Oktober 2017.

 

"Kegiatan Bulan Bahasa baik yang diadakan di Pusat maupun 30 Provinsi di seluruh Tanah Air," kata Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Prof Dadang Sunendar ketika membuka Bedah Buku Maria Matildis Banda berjudul Suara Samudera: Catatan dari Lamalera, di Badan Bahasa, Kemdikbud, Jakarta, Rabu (11/10/ 2017).

Menurut Dadang, Maria Matildis Banda sudah berhasil menyusun buku novel yang berguna bagi masyarakat, sastrawan, baik secara nasional maupun internasional.

"Buku novel yang bagus seperti ini akan banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, setidaknya ke dalam bahasa Inggris," ujarnya.

Dadang mengatakan penghormatan yang sama kita berikan kepada semua penulis buku yang berada di mana pun juga.

"Penyebaran literasi di Tanah Air telah dimulai dari bulan Mei, yang merupakan penghargaan kita kepada penulis," katanya.

"Ketika kita membaca, yang pertama kami lihat buku itu karangan siapa? Jangan sampai seperti kita menonton film yang bagus, yang kita puji aktornya. Kita lupa memberi penghargaan kepada sutradaranya," tambahnya.

Menurut Dadang, kalau sutradara mengatakan aktor mati lima menit kemudian, ya mati dia.

Dadang mengatakan klu melihat karya sastra dunia, banyak sekali karya sastra yang terkenal setelah 50 tahun, bahkan 100 tahun setelah pengarangnya meninggal.

"Jadi artinya sebuah karya itu menjadi sesuatu yang abadi," tambahnya.

Menurut Dadang, dia belum membaca satu lembar pun novel Suara Samudera karya Maria.

Secara intrinsik, kita harus melihat sebuah karya itu bagaimana?

"Ini akan menarik. Bagaimana pencarian sesuatu yang dianggap berharga, yang dianggap bernilai dipandang dari sudut subyeknya dan obyeknya," tuturnya.

Kemudian kajian dari pembantunya, dan peran-peran dari tokoh yang mengalami berbagai tujuan atau target dari karya ini.

"Syarat dari kerja struktural adalah kita harus membaca dengan lengkap karya ini. Kita bisa menguraikan bagaimana alur ceritanya, pengalurannya bagaimana, tokohnya bagaimana, penokohannya bagaimana dan termasuk latar yang mengalir dalam karya ini," katanya.

Dadang mengatakan kalau soal penangkapan ikan paus raksasa, sudah lama kita kenali.

"Tetapi kalau bisa datang langsung ke tempat akan menjadi sangat baik," katanya.

Dengan latar cerita itu, katanya, semua penulis dan pembaca akan tertarik untuk melihat sumbernya di balik penangkapan ikan paus itu.

Dadang mengatakan bagaimana pembaca dan penceritaan karya ini dibawa ke dalam latar atau setting cerita seperti itu.

Menurut dia, bagaimana latar cerita yang sedemikian menarik bisa dikawinkan dengan alur dan pengaluran, serta tokoh dan penokohan yang bagus.

"Ini saya yakin akan bisa menjadi menarik bagi kita semuanya," katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

BUJT & Perbankan Sediakan Program Khusus Kartu Perdana Uang Elektronik Nol Rupiah

Corporate Secretary PT Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan bekerja sama untuk memberikan diskon 1,5 juta kartu perdana Uang Elektronik yang ditawarkan dengan harga khusus (Rp. 0), di mana BUJT memberikan diskon Rp. 10.000 dan Perbankan juga memberikan diskon sebesar Rp. 10.000. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Corporate Secretary PT Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan bekerja sama untuk memberikan diskon 1,5 juta kartu perdana Uang Elektronik yang ditawarkan dengan harga khusus (Rp. 0), di mana BUJT memberikan diskon Rp. 10.000 dan Perbankan juga memberikan diskon sebesar Rp. 10.000. 

Read more...