yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menkop dan UKM Dorong Koperasi Memanfaatkan Pembiayaan UMi

LOMBOK, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM, AAGN  Puspayoga mendorong para Gubernur, Bupati, dan Kepala Dinas terkait agar koperasi di wilayahnya memanfaat pembiayaan atau kredit ultra mikro (UMi). Dengan mengakses kredit berbunga sangat rendah ini diharapkan koperasi semakin maju dan berkembang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan mengurangi angka kemiskinan.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden Jokowi: Pemerintah Tahun Depan Akan Bangun 300 Unit Jembatan Gantung

MAGELANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan.

Read more...

Tim Indonesia ke Kompetisi Matematika di India Raih 1 Emas, 3 Perak, 2 Perunggu dan 4 Merit

Tim Indonesia yang dikirim ke India International Mathematics Competition (InIMC) meraih satu medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu dan 4 merit.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Tim Indonesia yang dikirim ke India International Mathematics Competition (InIMC) meraih satu medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu dan 4 merit.

 

“Dengan medali dan merit sebanyak itu, tim Indonesia pada InIMC tahun 2017 memperoleh prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan keikutsertaan tim Indonesia pada InIMC dua tahun sebelumnya yang fiadakan di Chiang Mai, Thailand pada 2016, di mana Tim Indonesia hanya meraih 2 medali perunggu,” kata Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad, ketika menyambut Tim Indonesia yang pulang dari InIMC di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (1/8/ 2017).

Kompetisi Matematika tingkat SD tersebut diadakan di City Montessory School, RDSO Campus, Lucknow, India pada 25-31 Juli 2017.

Menurut Hamid, siswa- siswi yang terpilih sebagai tim InIMC ini berasal dari anak-anak peraih medali Olimpiade Sains Nasional dan anak-anak yang memiliki potensi di bidang Matematika.

“InIMC tahun 2017 ini diikuti oleh 26 negara, yang terdiri dari 72 tim untuk jenjang sekolah dasar,” katanya.

Menurut dia, tim terdiri dari 12 siswa, 3 orang pembina Matematika dari Universitas Negeri Jakarta, dan 3 orang pendamping dari Direktorat Pembinaan SD.

“Jenis tes yang diujikan dalam kompetisi ini terdiri dari Individual Contest dan Team Contest untuk Key Stage II,” katanya.

Sedangkan pada event China International Mathematics Competition (CIMC) Tahun 2015 yang diadakan di Changcun, China, tim Indonesia meraih 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Tim InIMC Indonesia 2017 yang meraih medali emas adalah Jeanice Eliana Setyono (SDK 6 Penabur Jakarta Utara).

Sedangkan medali perak diraih oleh Hendy Sutono (SD Sutomo 1 Medan, Sumut), Darren Darwis Tanuwijaya (SDK 6 Penabur Jakarta Utara), dan Galih Nur Rizky (SDS Islam Al-Azhar 10 Serang, Banten).

Medali perunggu diraih oleh Maulana Satya Adigama (SD Muhammadiyah Sapen 1, Kota Yogyakarta, DIY), dan Reynard Suhada (SDK 6 Penabur, Jakarta Utara).

Sementara itu yang meraih medali merit (penghargaan) adalah Alifa Batrisya Nariswari (SD Muhammadiyah Sapen 1), David Shane Goh (SDS Kristen Penabur XI, Jakarta Barat), Nisrini Fathiyya Nugraha (SDIT Nurul Fikri Kota Depok, Jawa Barat dan Gregory edward Suryawan (SDK Tunas Dauud Kota Mataram, NTB).

Sedangkan yang belum beruntung mendapat medali/merit adalah Azfa Radhiyya Hakim (SD Islam Al-Fauzien Kota Depok, Jabar, dan Ramachandra Darmawan (SD Patra Dharma 3 Kota Balikpapan, Kaltim).

Menurut Hamid, hasil prestasi yang dicapai oleh tim Indonesia pada InIMC 2017 untuk ketegori Team Contest adalah Tim B mendapat First Runner Up. Untuk Group Contest, Tim A meraih Second Runner Uo dan Tim B meraih second Runner Up. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Gantung Krinjing

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan. Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pada tahun depan akan membangun sedikitnya 300 unit jembatan gantung di desa-desa untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat di perdesaan. “Pembangunan jembatan gantung di perdesaan sangat penting artinya untuk menggerakkan potensi masyarakat dan mempermudah warga dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” kata Presiden Joko Widodo seusai menandatangani prasasti peresmian dua jembatan gantung yakni Jembatan Mangunsuko dan Krinjing di Kabupaten Magelang, Senin (18/9/2017). Dalam acara tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, anggota Komisi V DPR Soedjadi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta ribuan warga Desa Mangunsuko dan Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kab. Magelang.

Sponsor

 http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kementan Minta Peternak Terapkan Kesrawan dalam Budidaya Ternak Sapi Potong

BANDA ACEH, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan produksi sapi eks impor yang dipelihara oleh kelompok peternak di Provinsi Aceh, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) Drh. I. Ketut Diarmita, MP meminta kepada peternak agar menerapkan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan (Kesrawan) dalam budidaya ternak sapi potong.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera Secara Bertahap Terapkan 100% Pembayaran Non Tunai

Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi non tunai pada seluruh gerbang tol di Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).MEDAN, JURNAL IBUKOTA: Mulai 17 September 2017, Jasa Marga Cabang Belmera secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi non tunai pada seluruh gerbang tol di Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Read more...