yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Optimistis Pemberdayaan KUMKM yang Efektif Mampu Kurangi Kesenjangan

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM merasa optimistis dengan pemberdayaan koperasi dan UMKM yang efektif akan mampu menanggulangi masalah kemiskinan, pengganguran dan penciptaan lapangan kerja, serta mengurangi kesenjangan ekonomi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Refly Harun Berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Jadi Cikal Bakal Trans Kalimantan

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Percepatan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang jalan tol 99,35 Km terus dilakukan. Hingga pertengahan November 2017, proyek yang dikelola oleh Anak Usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (PT JBS), menunjukkan progres positif. Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun, optimistis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2018 mendatang dan diharapkan dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

Read more...

Tim Indonesia ke Kompetisi Matematika di India Raih 1 Emas, 3 Perak, 2 Perunggu dan 4 Merit

Tim Indonesia yang dikirim ke India International Mathematics Competition (InIMC) meraih satu medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu dan 4 merit.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Tim Indonesia yang dikirim ke India International Mathematics Competition (InIMC) meraih satu medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu dan 4 merit.

 

“Dengan medali dan merit sebanyak itu, tim Indonesia pada InIMC tahun 2017 memperoleh prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan keikutsertaan tim Indonesia pada InIMC dua tahun sebelumnya yang fiadakan di Chiang Mai, Thailand pada 2016, di mana Tim Indonesia hanya meraih 2 medali perunggu,” kata Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad, ketika menyambut Tim Indonesia yang pulang dari InIMC di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (1/8/ 2017).

Kompetisi Matematika tingkat SD tersebut diadakan di City Montessory School, RDSO Campus, Lucknow, India pada 25-31 Juli 2017.

Menurut Hamid, siswa- siswi yang terpilih sebagai tim InIMC ini berasal dari anak-anak peraih medali Olimpiade Sains Nasional dan anak-anak yang memiliki potensi di bidang Matematika.

“InIMC tahun 2017 ini diikuti oleh 26 negara, yang terdiri dari 72 tim untuk jenjang sekolah dasar,” katanya.

Menurut dia, tim terdiri dari 12 siswa, 3 orang pembina Matematika dari Universitas Negeri Jakarta, dan 3 orang pendamping dari Direktorat Pembinaan SD.

“Jenis tes yang diujikan dalam kompetisi ini terdiri dari Individual Contest dan Team Contest untuk Key Stage II,” katanya.

Sedangkan pada event China International Mathematics Competition (CIMC) Tahun 2015 yang diadakan di Changcun, China, tim Indonesia meraih 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Tim InIMC Indonesia 2017 yang meraih medali emas adalah Jeanice Eliana Setyono (SDK 6 Penabur Jakarta Utara).

Sedangkan medali perak diraih oleh Hendy Sutono (SD Sutomo 1 Medan, Sumut), Darren Darwis Tanuwijaya (SDK 6 Penabur Jakarta Utara), dan Galih Nur Rizky (SDS Islam Al-Azhar 10 Serang, Banten).

Medali perunggu diraih oleh Maulana Satya Adigama (SD Muhammadiyah Sapen 1, Kota Yogyakarta, DIY), dan Reynard Suhada (SDK 6 Penabur, Jakarta Utara).

Sementara itu yang meraih medali merit (penghargaan) adalah Alifa Batrisya Nariswari (SD Muhammadiyah Sapen 1), David Shane Goh (SDS Kristen Penabur XI, Jakarta Barat), Nisrini Fathiyya Nugraha (SDIT Nurul Fikri Kota Depok, Jawa Barat dan Gregory edward Suryawan (SDK Tunas Dauud Kota Mataram, NTB).

Sedangkan yang belum beruntung mendapat medali/merit adalah Azfa Radhiyya Hakim (SD Islam Al-Fauzien Kota Depok, Jabar, dan Ramachandra Darmawan (SD Patra Dharma 3 Kota Balikpapan, Kaltim).

Menurut Hamid, hasil prestasi yang dicapai oleh tim Indonesia pada InIMC 2017 untuk ketegori Team Contest adalah Tim B mendapat First Runner Up. Untuk Group Contest, Tim A meraih Second Runner Uo dan Tim B meraih second Runner Up. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Penyesuaian Tarif Tol Ruas Cikupa-Merak 21 November 2017 Pukul 00.00 WIB

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.

Read more...