yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pada HUT Kemerdekaan RI ke-72, Tiga BUMN Bersinergi Salurkan Bantuan di Bali

NUSA DUA, BALI, JURNAL IBUKOTA:  Rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Bali Tahun 2017 resmi ditutup bersamaan dengan penyelenggaraan Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang digelar di lapangan upacara Kantor ITDC-Kawasan Pariwisata Nusa Dua. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Atasi Laju Penurunan Permukaan Tanah DKI Jakarta, Kementerian PUPR Siapkan Langkah Quick Wins Komprehensif

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan langkah-langkah untuk mengatasi penurunan permukaan tanah (_land subsidence_) di Utara Jakarta melalui program Quick Win Pembangunan Terpadu Pesisir Ibukota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Read more...

Prof Djoko Saryono: Ada Ribuan Karakter yang Pengaruhi Kehidupan Masyarakat

Tim Penguatan Pendidikan Karakter Kemdikbud Prof. Djoko Saryono mengatakan dalam masyarakat terdapat ribuan karakter-karakter kecil yang mempengaruhi kehidupan kita.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Tim Penguatan Pendidikan Karakter Kemdikbud Prof. Djoko Saryono mengatakan dalam masyarakat terdapat ribuan karakter-karakter kecil yang mempengaruhi kehidupan kita.

 

“Tetapi kalau kita kristalisasi bisa menjadi beberapa karakter utama yang dikembangkan. Indonesia misalnya memilih lima karakter utama yang dikembangkan. Singapura tiga, Thailand empat karakter utama yang dikembangkan,” kata Tim Penguatan Pendidikan Karakter Kemdikbud Prof. Djoko Saryono dalam diskusi Pendidikan di Perpustakaan Kemdikbud, Jakarta, Selasa (1/8/ 2017).

Prof Djoko mengatakan hal tersebut dalam diskusi Pendidikan bertajuk “Penguatan Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Membangun Karakter Cerdas”.

Tampil sebagai narasumber dalam diskusi tersebut : (1) Dr. Arie Budhiman, Staf Ahli Mendikbud Bidang Pendidikan Karakter, (2) Prof. Djoko Saryono, Tim Penguatan Pendidikan Karakter Kemdikbud, (3) Henny Supolo, Penggiat Pendidikan Karakter dari Yayasan Cahaya Guru.

Menurut Djoko, pilihan-pilihan tersebut berbeda dalam setiap negara.

“Kalau ditanya mana yang paling penting, pertanyaan itu menjadi tidak relevan karena tidak ada obat generik yang sama untuk setiap negara,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, dalam masyarakat Indonesia sekarang kelima hal yang menjadi pilihan untuk penguatan pendidikan karakter (PPK) itu yang dianggap paling penting.

“Hanya saja kualitasnya untuk di Jakarta, Depok, Bekasi, daerah pedalaman atau daerah kepulauan, pilihannya akan berbeda-beda,” ujarnya.

Menurut dia, kalau ditarik serat-seratnya akan berujung pada kelima karakter pilihan itu.

“Tapi jangan pernah memilih salah satunya menjadi paling penting,” tambahnya.

Menurut dia, wilayah Indonesia sangat luas dengan kebutuhan masyarakat yang berbeda-beda untuk PPK. Kelima hal tersebut perlu dikembangkan semua dengan PPK yang berbeda pula bergantung pada daerah masing-masing.

“Lokalitas tempat-tempat tertentu tersebut yang akan menentukan pola-pola PPK di daerah tersebut,” katanya.

Prof Djoko melihat nilai-nilai karakter tersebut terpisah-pisah. Hal itu yang menjadi alasan mengapa terdapat perbedaan karakter antara Papua, Jawa atau daerah lainnya. Masyarakat yang agraris karakternya akan pasti berbeda dengan karakter masyarakat yang nelayan.

“Seorang yang religius pasti punya integritas. Seorang yang punya sifat gotong royong pasti punya integritas. Sebaliknya orang yang berintegritas pasti amanah yang berkaitan dengan religius,” katanya.

Henny Supolo, Penggiat Pendidikan Karakter dari Yayasan Cahaya Guru mengatakan guru berperan penting dalam PPK, karena guru menjadi panutan siswa dalam sebagian waktunya di sekolah.

Dona, seorang peserta diskusi yang juga seorang guru Bimbingan dan Konseling (BK) menilai ada anggapan dari para siswa bahwa kalau seorang siswa dikirim ke guru BK, berarti siswa tersebut bermasalah.

“Banyak siswa yang beranggapan bahwa kalau dikirim ke guru BK, mereka seperti masuk bengkel,” katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki Terima Presiden JICA Bahas Infra

Pemerintah Jepang menyatakan dukungannya terhadap penyediaan infrastruktur untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Demikian disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai pertemuan dengan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka, Rabu (26/7). Kedatangan Presiden JICA merupakan tindak lanjut pertemuan bilateral Kementerian PUPR dan JICA, serta Japan Global Exchange Forum for Housing, Building and Urban Development pertengahan Juli 2017 di Tokyo, Jepang.

 Pemerintah Jepang menyatakan dukungannya terhadap penyediaan infrastruktur untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Demikian disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai pertemuan dengan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka, Rabu (26/7). Kedatangan Presiden JICA merupakan tindak lanjut pertemuan bilateral Kementerian PUPR dan JICA, serta Japan Global Exchange Forum for Housing, Building and Urban Development pertengahan Juli 2017 di Tokyo, Jepang.

Sponsor

 http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kementerian Pertanian Jamin Ketersediaan dan Kesehatan Ternak untuk Hari Raya Idul Adha Tahun 2017 Aman

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menjelang Hari Raya Idul Adha atau yang dikenal juga dengan Hari Raya Qurban yang akan jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1438 H atau bertepatan dengan tanggal 1 September 2017, setiap umat Muslim yang sudah mampu secara financial biasanya akan mencari ternak untuk digunakan sebagai hewan qurban pada hari besar tersebut.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Dukung Pengelolaan KPH Melalui Pengembangan Ekonomi Berbasis Lingkungan

Menyusul serangkaian kegiatan International Union of Forest Research Organization (IUFRO)-International Conference of Indonesian Forestry Researchers (INAFOR) Tahun 2017 yang telah diselenggarakan sejak Senin, (24/07/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Finlandia, H.E. Päivi Hiltunen-Toivio dan Penasihat Menteri Pertanian dan Kehutanan Finlandia, Marjukka Mähönen, di Yogyakarta (25/07/2017), untuk membahas kerjasama penelitian dan pengembangan kehutanan.YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Menyusul serangkaian kegiatan International Union of Forest Research Organization (IUFRO)-International Conference of Indonesian Forestry Researchers (INAFOR) Tahun 2017 yang telah diselenggarakan sejak Senin, (24/07/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Finlandia, H.E. Päivi Hiltunen-Toivio dan Penasihat Menteri Pertanian dan Kehutanan Finlandia, Marjukka Mähönen, di Yogyakarta (25/07/2017), untuk membahas kerjasama penelitian dan pengembangan kehutanan.

Read more...

Transportasi

Petugas ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak Sigap Evakuasi Mobil Terbakar di KM 94.300 arah ke Merak

CILEGON, JURNAL IBUKOTA : Pada pukul 12.28 WIB Jumat (11/8) Petugas Sentra Informasi Monitoring Operasional Tol (SIMOT) ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak mendapat laporan dari pengguna jalan terkait adanya mobil jenis Honda Brio dengan nomor polisi A 1025 S yang terbakar di bahu kanan (right shoulder) KM 94.300 arah Merak.

Read more...