yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Optimistis Pemberdayaan KUMKM yang Efektif Mampu Kurangi Kesenjangan

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM merasa optimistis dengan pemberdayaan koperasi dan UMKM yang efektif akan mampu menanggulangi masalah kemiskinan, pengganguran dan penciptaan lapangan kerja, serta mengurangi kesenjangan ekonomi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Refly Harun Berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Jadi Cikal Bakal Trans Kalimantan

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Percepatan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang jalan tol 99,35 Km terus dilakukan. Hingga pertengahan November 2017, proyek yang dikelola oleh Anak Usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (PT JBS), menunjukkan progres positif. Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun, optimistis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2018 mendatang dan diharapkan dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

Read more...

Prof Djoko Saryono: Ada Ribuan Karakter yang Pengaruhi Kehidupan Masyarakat

Tim Penguatan Pendidikan Karakter Kemdikbud Prof. Djoko Saryono mengatakan dalam masyarakat terdapat ribuan karakter-karakter kecil yang mempengaruhi kehidupan kita.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Tim Penguatan Pendidikan Karakter Kemdikbud Prof. Djoko Saryono mengatakan dalam masyarakat terdapat ribuan karakter-karakter kecil yang mempengaruhi kehidupan kita.

 

“Tetapi kalau kita kristalisasi bisa menjadi beberapa karakter utama yang dikembangkan. Indonesia misalnya memilih lima karakter utama yang dikembangkan. Singapura tiga, Thailand empat karakter utama yang dikembangkan,” kata Tim Penguatan Pendidikan Karakter Kemdikbud Prof. Djoko Saryono dalam diskusi Pendidikan di Perpustakaan Kemdikbud, Jakarta, Selasa (1/8/ 2017).

Prof Djoko mengatakan hal tersebut dalam diskusi Pendidikan bertajuk “Penguatan Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Membangun Karakter Cerdas”.

Tampil sebagai narasumber dalam diskusi tersebut : (1) Dr. Arie Budhiman, Staf Ahli Mendikbud Bidang Pendidikan Karakter, (2) Prof. Djoko Saryono, Tim Penguatan Pendidikan Karakter Kemdikbud, (3) Henny Supolo, Penggiat Pendidikan Karakter dari Yayasan Cahaya Guru.

Menurut Djoko, pilihan-pilihan tersebut berbeda dalam setiap negara.

“Kalau ditanya mana yang paling penting, pertanyaan itu menjadi tidak relevan karena tidak ada obat generik yang sama untuk setiap negara,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, dalam masyarakat Indonesia sekarang kelima hal yang menjadi pilihan untuk penguatan pendidikan karakter (PPK) itu yang dianggap paling penting.

“Hanya saja kualitasnya untuk di Jakarta, Depok, Bekasi, daerah pedalaman atau daerah kepulauan, pilihannya akan berbeda-beda,” ujarnya.

Menurut dia, kalau ditarik serat-seratnya akan berujung pada kelima karakter pilihan itu.

“Tapi jangan pernah memilih salah satunya menjadi paling penting,” tambahnya.

Menurut dia, wilayah Indonesia sangat luas dengan kebutuhan masyarakat yang berbeda-beda untuk PPK. Kelima hal tersebut perlu dikembangkan semua dengan PPK yang berbeda pula bergantung pada daerah masing-masing.

“Lokalitas tempat-tempat tertentu tersebut yang akan menentukan pola-pola PPK di daerah tersebut,” katanya.

Prof Djoko melihat nilai-nilai karakter tersebut terpisah-pisah. Hal itu yang menjadi alasan mengapa terdapat perbedaan karakter antara Papua, Jawa atau daerah lainnya. Masyarakat yang agraris karakternya akan pasti berbeda dengan karakter masyarakat yang nelayan.

“Seorang yang religius pasti punya integritas. Seorang yang punya sifat gotong royong pasti punya integritas. Sebaliknya orang yang berintegritas pasti amanah yang berkaitan dengan religius,” katanya.

Henny Supolo, Penggiat Pendidikan Karakter dari Yayasan Cahaya Guru mengatakan guru berperan penting dalam PPK, karena guru menjadi panutan siswa dalam sebagian waktunya di sekolah.

Dona, seorang peserta diskusi yang juga seorang guru Bimbingan dan Konseling (BK) menilai ada anggapan dari para siswa bahwa kalau seorang siswa dikirim ke guru BK, berarti siswa tersebut bermasalah.

“Banyak siswa yang beranggapan bahwa kalau dikirim ke guru BK, mereka seperti masuk bengkel,” katanya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Penyesuaian Tarif Tol Ruas Cikupa-Merak 21 November 2017 Pukul 00.00 WIB

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.

Read more...