yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pada HUT Kemerdekaan RI ke-72, Tiga BUMN Bersinergi Salurkan Bantuan di Bali

NUSA DUA, BALI, JURNAL IBUKOTA:  Rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Bali Tahun 2017 resmi ditutup bersamaan dengan penyelenggaraan Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang digelar di lapangan upacara Kantor ITDC-Kawasan Pariwisata Nusa Dua. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Atasi Laju Penurunan Permukaan Tanah DKI Jakarta, Kementerian PUPR Siapkan Langkah Quick Wins Komprehensif

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan langkah-langkah untuk mengatasi penurunan permukaan tanah (_land subsidence_) di Utara Jakarta melalui program Quick Win Pembangunan Terpadu Pesisir Ibukota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Read more...

Dadang Sunendar Buka Seminar Nasional Pengembangan Kemahiran Berbahasa Indonesia

Kepala Badan Bahasa Prof Dadang Sunendar mengatakan dengan menerapkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) pihaknya berniat menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kepala Badan Bahasa Prof Dadang Sunendar mengatakan dengan menerapkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) pihaknya berniat menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.

 

“Kami sudah mempunyai UKB di Singapura dan Paris, sehingga nantinya orang asing yang masuk ke Indonesia baik sebagai mahasiswa atau tenaga kerja harus mempunyai level bahasa Indonesia yang sesuai,” kata Kepala Badan Bahasa Prof Dadang Sunendar ketika membuka Ceramah Ilmiah dan Seminar Nasional Pengembangan Kemahiran Berbahasa Indonesia di Badan Bahasa, Jakarta, Selasa (1/8/ 2017).

Tampil sebagai narasumber Dr Hurip Danu Ismadi (Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan), Prof Ir Nizam, MSc, DIC, PhD (Kepala Pusat Penilaian Pendidikan), Yahya Umar, PhD (Dewan Penasihat Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia), dan Dr Dora Amalia (Kepala Bidang Pengembangan Badan Bahasa).

Menurut Dadang, UKBI merupakan tes standar yang dikembangkan oleh Badan Bahasa untuk mengukur kemajiran berbahasa Indonesia penutur bahasa Indonesia, baik penutur sejati maupun asing.

“Kegiatan ini melibatkan 400 pemangku kepentingan di bidang kebahasaan yang terdiri atas peneliti, penerjemah, penyuluh, dosen, guru besar, guru, mahasiswa, para pejabat, wartawan dan penulis,” katanya.

Menurut dia, Badan Bahasa sebagai lembaga yang memiliki visi mewujudkan insan berkarakter dan jati diri bangsa melalui bahasa dan sastra Indonesia memegang peran penting dalam memperkukuh kedudukan bahasa Indonesia di tingkat nasional, mengembangkan penggunaan bahasa Indonesia di tingkat regional, dan memartabatkan bahasa Indonesia di tingkat internasional.

Dadang menambahkan bahwa secara hukum peran itu dikuatkan dengan Undang-undang No 24/2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Menurut dia, salah satu usaha memperkukuh kedudukan bahasa Indonesia di tingkat nasional, regional dan internasional yang dilakukan oleh Badan Bahasa adalah dengan mengembangkan alat uji kemahiran berbahasa Indonesia yang disebut dengan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

“Sebelum undang-undang tentang kebahasaan lahir, gagasan UKBI telah dihadirkan sebagai wujud komitmen para ahli bahasa, ahli pengajaran bahasa, dan praktisi berbagai bidang dalam Kongres Bahasa Indonesia V pada 1988,” ujarnya.

Menurut Dadang,situasi kebahasaan di Indonesia yang memiliki karakteristik multilingual menuntut pengambil kebijakan bahasa untuk secara aktif, kreatif, dan bijaksana dalam mengukuhkan kedudukan bahasa Indonesia agar menjadi pilihan utama dalam berkomunikasi di ruang publik, di ruang birokrasi, dan di ruh pendidikan.

“Bahasa Indonesia berada di antara 646 bahasa daerah terkodifikasi dan di antara belasan bahasa asing yang aktif digunakan dalam berkomunikasi di Indonesia,” tuturnya.

Terkait dengan pengutamaan bahasa Indonesia, katanya, penutur jati yang memiliki kualifikasi sebagai pekerja dalam bidang kebahasaan, komunikasi, pendidikan dan pelatihan serta penutur jati yang akan menyelesaikan jenjang pendidikan di perguruan tinggi diharapkan memiliki kesadaran utih untuk meningkatkan kemahiran berbahasanya.

“Hal itu dapat diawali dengan keikutsertaannya dalam UKBI,” ujarnya.

Setelah mengetahui pada peringkat dan predikat dalam UKBI, katanya, penutur jati dapat menyesuaikan diri dalam usaha peningkatan atau pemertahanan kemahirannya dalam berbahasa Indonesia. 

Dr Hurip Danu Ismadi, MPd selaku Ketua Panitia Pelaksana ceramah ilmiah dan seminar melaporkan acara tersebut melibatkan 400 pemangku kepentingan di bidang kebahasaan. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki Terima Presiden JICA Bahas Infra

Pemerintah Jepang menyatakan dukungannya terhadap penyediaan infrastruktur untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Demikian disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai pertemuan dengan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka, Rabu (26/7). Kedatangan Presiden JICA merupakan tindak lanjut pertemuan bilateral Kementerian PUPR dan JICA, serta Japan Global Exchange Forum for Housing, Building and Urban Development pertengahan Juli 2017 di Tokyo, Jepang.

 Pemerintah Jepang menyatakan dukungannya terhadap penyediaan infrastruktur untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Demikian disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai pertemuan dengan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka, Rabu (26/7). Kedatangan Presiden JICA merupakan tindak lanjut pertemuan bilateral Kementerian PUPR dan JICA, serta Japan Global Exchange Forum for Housing, Building and Urban Development pertengahan Juli 2017 di Tokyo, Jepang.

Sponsor

 http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kementerian Pertanian Jamin Ketersediaan dan Kesehatan Ternak untuk Hari Raya Idul Adha Tahun 2017 Aman

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menjelang Hari Raya Idul Adha atau yang dikenal juga dengan Hari Raya Qurban yang akan jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1438 H atau bertepatan dengan tanggal 1 September 2017, setiap umat Muslim yang sudah mampu secara financial biasanya akan mencari ternak untuk digunakan sebagai hewan qurban pada hari besar tersebut.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Dukung Pengelolaan KPH Melalui Pengembangan Ekonomi Berbasis Lingkungan

Menyusul serangkaian kegiatan International Union of Forest Research Organization (IUFRO)-International Conference of Indonesian Forestry Researchers (INAFOR) Tahun 2017 yang telah diselenggarakan sejak Senin, (24/07/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Finlandia, H.E. Päivi Hiltunen-Toivio dan Penasihat Menteri Pertanian dan Kehutanan Finlandia, Marjukka Mähönen, di Yogyakarta (25/07/2017), untuk membahas kerjasama penelitian dan pengembangan kehutanan.YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Menyusul serangkaian kegiatan International Union of Forest Research Organization (IUFRO)-International Conference of Indonesian Forestry Researchers (INAFOR) Tahun 2017 yang telah diselenggarakan sejak Senin, (24/07/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Duta Besar Finlandia, H.E. Päivi Hiltunen-Toivio dan Penasihat Menteri Pertanian dan Kehutanan Finlandia, Marjukka Mähönen, di Yogyakarta (25/07/2017), untuk membahas kerjasama penelitian dan pengembangan kehutanan.

Read more...

Transportasi

Petugas ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak Sigap Evakuasi Mobil Terbakar di KM 94.300 arah ke Merak

CILEGON, JURNAL IBUKOTA : Pada pukul 12.28 WIB Jumat (11/8) Petugas Sentra Informasi Monitoring Operasional Tol (SIMOT) ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak mendapat laporan dari pengguna jalan terkait adanya mobil jenis Honda Brio dengan nomor polisi A 1025 S yang terbakar di bahu kanan (right shoulder) KM 94.300 arah Merak.

Read more...