yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Optimistis Pemberdayaan KUMKM yang Efektif Mampu Kurangi Kesenjangan

PEKANBARU, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM merasa optimistis dengan pemberdayaan koperasi dan UMKM yang efektif akan mampu menanggulangi masalah kemiskinan, pengganguran dan penciptaan lapangan kerja, serta mengurangi kesenjangan ekonomi.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Refly Harun Berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Jadi Cikal Bakal Trans Kalimantan

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Percepatan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang jalan tol 99,35 Km terus dilakukan. Hingga pertengahan November 2017, proyek yang dikelola oleh Anak Usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (PT JBS), menunjukkan progres positif. Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun, optimistis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2018 mendatang dan diharapkan dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

Read more...

Dadang Sunendar Buka Seminar Nasional Pengembangan Kemahiran Berbahasa Indonesia

Kepala Badan Bahasa Prof Dadang Sunendar mengatakan dengan menerapkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) pihaknya berniat menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kepala Badan Bahasa Prof Dadang Sunendar mengatakan dengan menerapkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) pihaknya berniat menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.

 

“Kami sudah mempunyai UKB di Singapura dan Paris, sehingga nantinya orang asing yang masuk ke Indonesia baik sebagai mahasiswa atau tenaga kerja harus mempunyai level bahasa Indonesia yang sesuai,” kata Kepala Badan Bahasa Prof Dadang Sunendar ketika membuka Ceramah Ilmiah dan Seminar Nasional Pengembangan Kemahiran Berbahasa Indonesia di Badan Bahasa, Jakarta, Selasa (1/8/ 2017).

Tampil sebagai narasumber Dr Hurip Danu Ismadi (Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan), Prof Ir Nizam, MSc, DIC, PhD (Kepala Pusat Penilaian Pendidikan), Yahya Umar, PhD (Dewan Penasihat Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia), dan Dr Dora Amalia (Kepala Bidang Pengembangan Badan Bahasa).

Menurut Dadang, UKBI merupakan tes standar yang dikembangkan oleh Badan Bahasa untuk mengukur kemajiran berbahasa Indonesia penutur bahasa Indonesia, baik penutur sejati maupun asing.

“Kegiatan ini melibatkan 400 pemangku kepentingan di bidang kebahasaan yang terdiri atas peneliti, penerjemah, penyuluh, dosen, guru besar, guru, mahasiswa, para pejabat, wartawan dan penulis,” katanya.

Menurut dia, Badan Bahasa sebagai lembaga yang memiliki visi mewujudkan insan berkarakter dan jati diri bangsa melalui bahasa dan sastra Indonesia memegang peran penting dalam memperkukuh kedudukan bahasa Indonesia di tingkat nasional, mengembangkan penggunaan bahasa Indonesia di tingkat regional, dan memartabatkan bahasa Indonesia di tingkat internasional.

Dadang menambahkan bahwa secara hukum peran itu dikuatkan dengan Undang-undang No 24/2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Menurut dia, salah satu usaha memperkukuh kedudukan bahasa Indonesia di tingkat nasional, regional dan internasional yang dilakukan oleh Badan Bahasa adalah dengan mengembangkan alat uji kemahiran berbahasa Indonesia yang disebut dengan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

“Sebelum undang-undang tentang kebahasaan lahir, gagasan UKBI telah dihadirkan sebagai wujud komitmen para ahli bahasa, ahli pengajaran bahasa, dan praktisi berbagai bidang dalam Kongres Bahasa Indonesia V pada 1988,” ujarnya.

Menurut Dadang,situasi kebahasaan di Indonesia yang memiliki karakteristik multilingual menuntut pengambil kebijakan bahasa untuk secara aktif, kreatif, dan bijaksana dalam mengukuhkan kedudukan bahasa Indonesia agar menjadi pilihan utama dalam berkomunikasi di ruang publik, di ruang birokrasi, dan di ruh pendidikan.

“Bahasa Indonesia berada di antara 646 bahasa daerah terkodifikasi dan di antara belasan bahasa asing yang aktif digunakan dalam berkomunikasi di Indonesia,” tuturnya.

Terkait dengan pengutamaan bahasa Indonesia, katanya, penutur jati yang memiliki kualifikasi sebagai pekerja dalam bidang kebahasaan, komunikasi, pendidikan dan pelatihan serta penutur jati yang akan menyelesaikan jenjang pendidikan di perguruan tinggi diharapkan memiliki kesadaran utih untuk meningkatkan kemahiran berbahasanya.

“Hal itu dapat diawali dengan keikutsertaannya dalam UKBI,” ujarnya.

Setelah mengetahui pada peringkat dan predikat dalam UKBI, katanya, penutur jati dapat menyesuaikan diri dalam usaha peningkatan atau pemertahanan kemahirannya dalam berbahasa Indonesia. 

Dr Hurip Danu Ismadi, MPd selaku Ketua Panitia Pelaksana ceramah ilmiah dan seminar melaporkan acara tersebut melibatkan 400 pemangku kepentingan di bidang kebahasaan. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Penyesuaian Tarif Tol Ruas Cikupa-Merak 21 November 2017 Pukul 00.00 WIB

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 896/KPTS/M/2017 tanggal 13November 2017 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Tangerang-Merak, maka pada 21 November 2017, mulai pukul 00.00 WIB akan diberlakukan tarif tol yang telah disesuaikan.

Read more...