yt-banner1
yt-banner2

Pertanian

Dirjen PKH I Ketut Diarmita : Ketahanan Pangan Berarti Kemampuan Membeli Pangan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita mengatakan Ketahanan pangan tidak hanya mencakup pengertian ketersediaan pangan yang cukup, tapi juga kemampuan untuk mengaksesnya (termasuk membeli) pangan dan tidak terjadinya ketergantungan pangan pada pihak mana pun.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Info Jalur Mudik dari Siaga Sapta Taruna 26 Juni 2017; Pukul 10.40

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Berikut ini laporan dari Info Siaga Sapta Taruna Ditjen Bina Marga - Kementerian PUPR  pada 26 Juni 2017 hingga. Pukul 10:40.

 

A. Jalan Tol

1. Tol Lingkar Timur: Padat Merayap TMII-Cikunir. Ada kecelakaan di Cikunir.

2. Tol Cikampek: Padat Merayap KM.16 - Rest Area KM. 62. Ada kecelakaan 1 KM setelah Cikunir arah Cikampek

Read more...

Sumarna: Penggantian PP 74/2008 dengan PP 19/2017 Sudah Diharmonisasi oleh Tujuh Kementerian

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud Sumarna Surapranata mengatakan penggantian Peraturan Pemerintah No 74 tahun/2008 dengan PP No 19/2017 sudah diharmonisasi oleh tujuh kementerian.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud Sumarna Surapranata mengatakan penggantian Peraturan Pemerintah No 74 tahun/2008 dengan PP No 19/2017 sudah diharmonisasi oleh tujuh kementerian.

 

"Ada rumor PP ini murni karya Dirjen GTK, hal itu adalah tidak benar. Tapi PP ini adalah karya pemerintah yang melibatkan tujuh kementerian," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud Sumarna Surapranata dalam konferensi pers di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Menurut dia, PP 19 tersebut bukan semata-mata hasil kerja Kemdikbud, tapi dibuat oleh Kemdikbud dengan lintas Dirjen dan dikoordinasi oleh Biro Hukum dan Organisasi (Hukor). Setelah itu diharmonisasi oleh tujuh kementerian yaitu Kemdikbud, Kementerian Hukum HAM, kementerian PANRB, Setneg, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama dan Kemdagri.

Menurut dia, dalam PP yang baru ini dalam tinjauan umum tercantum tunjangan profesi, mengubah definisi guru tetap. Dalam sertifikasi guru mengubah istilah "dilakukan secara" menjadi "dilaksanakan secara".

Menurut dia, pendidikan profesi guru kalau dulu kewenangannya Kemdikbud, sekarang bukan lagi kewenangannya Kemdikbud, tapi kewenangan Kemristek Dikti.

"Namun dalam pelaksanaannya Kemristek Dikti bekerjasama dengan Kemdikbud, karena kuota dan sebagainya, Kemdikbud yang punya datanya," katanya.

Berikutnya mengenai sertifikasi pendidik, masih sama di pasal 10.

Menurut dia, untuk pendidikan profesi guru dalam jabatan, itu disebutkan ada tiga pihak yaitu guru yang sudah diangkat sampai dengan tahun 2015, kalau ketentuan UU 14 pasal 82 sekarang diperpanjang lagi. Karena UU 14 menyatakan sudah selesai pendidikan profesi.

Tapi dalam kenyataannya ada juga sejak tahun 2015, guru- guru ada yang diangkat tapi tidak memenuhi persyaratan. Sehingga dalam PP tadi disebutkan sertifikasi itu nanti, untuk guru dalam jabatan yang diangkat sampai tahun 2015 dilaksanakan oleh Kemristek Dikti, tetapi dibiayai oleh tiga pihak yaitu pemerintah, pemerintah daerah dan penyelenggara pendidikan/yayasan. (Agus) .

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Hilmar Farid: UU Pemajuan Kebudayaan No. 5/2017 untuk Meningkatkan Ketahanan Budaya Indonesia

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan pemajuan kebudayaan bertujuan untuk meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pelaku Perdagangan Ilegal Trenggiling Ditangkap di Medan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Penyidik dan Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Balai Penegakan Hukum Wilayah Sumatera, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berhasil menggagalkan kegiatan perdagangan illegal satwa liar dilindungi di Medan, Provinsi Sumatera Utara. Sebanyak 225 ekor trenggiling, 5 (lima) karung kulit /sisik trenggiling kering,  dan 4 (empat) kulit/sisik trenggiling basah, yang diperkirakan bernilai lebih dari Rp. 2,5 Miliar, telah disita dari pelaku yang ditangkap hari Selasa (13/06/2017).

Read more...

Transportasi

Tambah Kapasitas Gerbang Tol, Jasa Marga Buka 20 Gardu Tol Arah Cikampek

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Volume lalu-lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sore ini Pukul 18.30 WIB Senin (26/6) terpantau mengalami peningkatan yang mengakibatkan kepadatan lalu-lintas kendaraan menuju arah Cikampek. Adapun kepadatan merupakan dampak volume lalu lintas.

Read more...