yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Gerakan Inovasi Koperasi dan UKM di Kulonprogo Dapat Pengakuan Dunia

NEW YORK, JURNAL IBUKOTA: Gerakan inovasi untuk koperasi dan bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Kulonprogo, DI Yogyakarta telah mendapatkan pengakuan dunia dalam forum PBB.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pekerjaan Perbaikan Jalan Dihentikan H-10 hingga H+10 Lebaran

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kesiapan infrastruktur jalan baik jalan tol dan non tol dalam menghadapi arus mudik tahun 2018 lebih baik dari tahun 2017. Tingkat kemantapan jalan nasional yang menjadi jalur mudik mencapai 90%.  

Read more...

Sumarna: Penggantian PP 74/2008 dengan PP 19/2017 Sudah Diharmonisasi oleh Tujuh Kementerian

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud Sumarna Surapranata mengatakan penggantian Peraturan Pemerintah No 74 tahun/2008 dengan PP No 19/2017 sudah diharmonisasi oleh tujuh kementerian.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud Sumarna Surapranata mengatakan penggantian Peraturan Pemerintah No 74 tahun/2008 dengan PP No 19/2017 sudah diharmonisasi oleh tujuh kementerian.

 

"Ada rumor PP ini murni karya Dirjen GTK, hal itu adalah tidak benar. Tapi PP ini adalah karya pemerintah yang melibatkan tujuh kementerian," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud Sumarna Surapranata dalam konferensi pers di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Menurut dia, PP 19 tersebut bukan semata-mata hasil kerja Kemdikbud, tapi dibuat oleh Kemdikbud dengan lintas Dirjen dan dikoordinasi oleh Biro Hukum dan Organisasi (Hukor). Setelah itu diharmonisasi oleh tujuh kementerian yaitu Kemdikbud, Kementerian Hukum HAM, kementerian PANRB, Setneg, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama dan Kemdagri.

Menurut dia, dalam PP yang baru ini dalam tinjauan umum tercantum tunjangan profesi, mengubah definisi guru tetap. Dalam sertifikasi guru mengubah istilah "dilakukan secara" menjadi "dilaksanakan secara".

Menurut dia, pendidikan profesi guru kalau dulu kewenangannya Kemdikbud, sekarang bukan lagi kewenangannya Kemdikbud, tapi kewenangan Kemristek Dikti.

"Namun dalam pelaksanaannya Kemristek Dikti bekerjasama dengan Kemdikbud, karena kuota dan sebagainya, Kemdikbud yang punya datanya," katanya.

Berikutnya mengenai sertifikasi pendidik, masih sama di pasal 10.

Menurut dia, untuk pendidikan profesi guru dalam jabatan, itu disebutkan ada tiga pihak yaitu guru yang sudah diangkat sampai dengan tahun 2015, kalau ketentuan UU 14 pasal 82 sekarang diperpanjang lagi. Karena UU 14 menyatakan sudah selesai pendidikan profesi.

Tapi dalam kenyataannya ada juga sejak tahun 2015, guru- guru ada yang diangkat tapi tidak memenuhi persyaratan. Sehingga dalam PP tadi disebutkan sertifikasi itu nanti, untuk guru dalam jabatan yang diangkat sampai tahun 2015 dilaksanakan oleh Kemristek Dikti, tetapi dibiayai oleh tiga pihak yaitu pemerintah, pemerintah daerah dan penyelenggara pendidikan/yayasan. (Agus) .

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau TPS R3 Citarik Pel. Ratu

Setelah meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.SETELAH meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Dalam Waktu Dekat, Akan Diimplementasikan Satu Tarif Merata di Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C

Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat akan diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.SEMARANG, JURNAL IBUKOTA :  Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan transaksi kepada pengguna jalan tol, dalam waktu dekat akan diberlakukan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal di Jalan Tol Semarang Seksi A-B-C.

Read more...