yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Kembangkan Industri Kentang Lewat Koperasi

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Pemberdayaan Petani Kentang Melalui Penguatan Koperasi, di Kota Bogor, Selasa (20/2).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki Menerima Herman Johannes Award 2018

YOGYAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

Read more...

Mendikbud Muhadjir Effendy Buka Pekan Ramadhan dan Iftar Budaya di Masjid Istiqlal

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pada waktu kecil dia tertarik oleh buku yang ditulis oleh Siti Gasalba. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pada waktu kecil dia tertarik oleh buku yang ditulis oleh Siti Gasalba.

 

"Dalam bukunya Siti Gasalba mengatakan Masjid bukan sekadar tempat untuk shalat, tapi merupakan pusat kebudayaan Islam dan peradaban," kata Mendikbud Muhadjir Effendy ketika membuka  Pekan Ramadhan dan Iftar Budaya: Islam dan Peradaban yang dimulai 14-18 Juni 2017 di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (14/6/ 2017).

Menurut dia, masjid bukan hanya merupakan tempat untuk shalat dan mendekatkan diri kepada Allah Swt, tapi juga menjadi pusat budaya dan menjadi episentrum getaran-getaran peradaban Islam. Saya kira Istiqlal sangat baik untuk menjadi pusat getaran Islam itu," katanya.

Oleh karena itu, katanya, "saya sangat mendukung Masjid Istiqlal sebagai pusat pengembangan kebudayaan Islam dan secara periodik atau tahunan mengadakan Festival Tahunan."

Menurut menteri, mesjid menjadi titik awal peradaban Islam.

"Saya kira akan ada tradisi baru untuk menjadikan pusat perhatian dunia terhadap Islam di Indonesia," katanya.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid dalam ksesempatan yang sama mengatakan ada keinginan yang sudah bulat untuk merayakan kembali Festival Istiqlal.

"Kita akan mengadakan pertemuan untuk membuat program persiapan itu bersama-sama yang sudah dilakukan sejak setahun lalu," kata Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.

Hilmar berharap program ini menjadi milik masyarakat, dan pihaknya hadir untuk memastikan kegiatan itu bisa terlaksana dengan baik.

"Kalau disetujui dan disepakati kita akan mulai mencari. Pak Direktur Diplomasi Warisan Budaya Najamudin Ramli akan ke Mesir untuk mencari kesenian atau Kelompok Seni yang bisa kita bawa ke Indonesia," katanya.

Menurut Hilmar, Ketua Penyelenggara sudah mengatakan kegiatan tersebut akan menampilkan sejak awal kebudayaan Islam.

"Kalau boleh saya tambahkan jejak peradaban dunia yang diwarnai oleh Islam," tuturnya.

Menurut dia, sekarang di Tengah situasi dunia akan kita tunjukkan sumbangan Islam kepada dunia dan sumbangan Indonesia kepada Islam.

"Saya berharap Festival tersebut mendapat dukungan dari semua pihak dan terlaksana pada tahun depan atau awal 2019," katanya.

Direktur Diplomasi Warisan Budaya Najamudin Ramli mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah menjadikan masjid sebagai sarana dalam merayakan toleransi, di mana melalui acara Iftar akan terlihat adanya rasa saling menghargai antar lintas agama dan budaya.

"Selain itu juga memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman tentang Islam dan kebhinekaan yang terbuka kepada masyarakat yang hadir pada acara tersebut," tuturnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Menteri Basuki Raih Herman Johannes Award 2018

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima Herman Johannes Award Tahun 2018 Bidang Infrastruktur dari Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama). Para penerima penghargaan lainnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Bidang Kelautan, Almarhum Hardjoso Prodjopangarso di Bidang Teknologi Pengairan, Soebroto di Bidang Energi, dan Almarhum Hartarto Sastrosoenarto di Bidang Industri.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...