yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Satgas Daerah Diminta Perketat Pengawasan Terhadap Koperasi

SOLO, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM mendorong Satuan Tugas (Satgas) pengawasan koperasi memperkuat tugas dan fungsinya di daerah. Penguatan pengawasan sangat penting agar koperasi di daerah tumbuh sehat dan berkualitas.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Dirjen Bina Marga Arie S. Moerwanto Terima IHE Delft Alumni Award Pertama dari Asia

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto menerima penghargaan dari IHE Delft, sebuah universitas terkemuka di Belanda tempatnya menyelesaikan pendidikan S2 yakni penghargaan IHE Delft Alumni Award 2017. Penghargaan tersebut diberikan kepada alumnus yang berprestasi dalam karier dan menjadi teladan di bidang sumber daya air.

Read more...

Mendikbud Muhadjir Effendy Buka Pekan Ramadhan dan Iftar Budaya di Masjid Istiqlal

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pada waktu kecil dia tertarik oleh buku yang ditulis oleh Siti Gasalba. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA. COM: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pada waktu kecil dia tertarik oleh buku yang ditulis oleh Siti Gasalba.

 

"Dalam bukunya Siti Gasalba mengatakan Masjid bukan sekadar tempat untuk shalat, tapi merupakan pusat kebudayaan Islam dan peradaban," kata Mendikbud Muhadjir Effendy ketika membuka  Pekan Ramadhan dan Iftar Budaya: Islam dan Peradaban yang dimulai 14-18 Juni 2017 di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (14/6/ 2017).

Menurut dia, masjid bukan hanya merupakan tempat untuk shalat dan mendekatkan diri kepada Allah Swt, tapi juga menjadi pusat budaya dan menjadi episentrum getaran-getaran peradaban Islam. Saya kira Istiqlal sangat baik untuk menjadi pusat getaran Islam itu," katanya.

Oleh karena itu, katanya, "saya sangat mendukung Masjid Istiqlal sebagai pusat pengembangan kebudayaan Islam dan secara periodik atau tahunan mengadakan Festival Tahunan."

Menurut menteri, mesjid menjadi titik awal peradaban Islam.

"Saya kira akan ada tradisi baru untuk menjadikan pusat perhatian dunia terhadap Islam di Indonesia," katanya.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid dalam ksesempatan yang sama mengatakan ada keinginan yang sudah bulat untuk merayakan kembali Festival Istiqlal.

"Kita akan mengadakan pertemuan untuk membuat program persiapan itu bersama-sama yang sudah dilakukan sejak setahun lalu," kata Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.

Hilmar berharap program ini menjadi milik masyarakat, dan pihaknya hadir untuk memastikan kegiatan itu bisa terlaksana dengan baik.

"Kalau disetujui dan disepakati kita akan mulai mencari. Pak Direktur Diplomasi Warisan Budaya Najamudin Ramli akan ke Mesir untuk mencari kesenian atau Kelompok Seni yang bisa kita bawa ke Indonesia," katanya.

Menurut Hilmar, Ketua Penyelenggara sudah mengatakan kegiatan tersebut akan menampilkan sejak awal kebudayaan Islam.

"Kalau boleh saya tambahkan jejak peradaban dunia yang diwarnai oleh Islam," tuturnya.

Menurut dia, sekarang di Tengah situasi dunia akan kita tunjukkan sumbangan Islam kepada dunia dan sumbangan Indonesia kepada Islam.

"Saya berharap Festival tersebut mendapat dukungan dari semua pihak dan terlaksana pada tahun depan atau awal 2019," katanya.

Direktur Diplomasi Warisan Budaya Najamudin Ramli mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah menjadikan masjid sebagai sarana dalam merayakan toleransi, di mana melalui acara Iftar akan terlihat adanya rasa saling menghargai antar lintas agama dan budaya.

"Selain itu juga memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman tentang Islam dan kebhinekaan yang terbuka kepada masyarakat yang hadir pada acara tersebut," tuturnya. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

BUJT & Perbankan Sediakan Program Khusus Kartu Perdana Uang Elektronik Nol Rupiah

Corporate Secretary PT Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan bekerja sama untuk memberikan diskon 1,5 juta kartu perdana Uang Elektronik yang ditawarkan dengan harga khusus (Rp. 0), di mana BUJT memberikan diskon Rp. 10.000 dan Perbankan juga memberikan diskon sebesar Rp. 10.000. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Corporate Secretary PT Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Perbankan bekerja sama untuk memberikan diskon 1,5 juta kartu perdana Uang Elektronik yang ditawarkan dengan harga khusus (Rp. 0), di mana BUJT memberikan diskon Rp. 10.000 dan Perbankan juga memberikan diskon sebesar Rp. 10.000. 

Read more...