yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Bersama IBM Sasar Perempuan dan Disabilitas

SOLO, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan IBM menggelar pemasyarakatan dan pelatihan kewirausahaan bagi para perempuan dan penyandang disabilitas. Pelatihan bagi perempuan dan penyandang disabilitas penting karena merupakan bagian dari pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Bendungan Kuningan Mampu Menampung 25 juta m3, Sumber Irigasi dan Air Baku Baru di Pantura Jawa

CIREBON, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja ke Cirebon untuk mengecek perkembangan proyek strategis bidang sumber daya air yang tengah dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Jumat (20/10/2017).

Read more...

Kemdikbud Telah Salurkan Bantuan PIP kepada 19.221.111 Siswa

Sesditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Thamrin Kasman mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2016 kepada 19.221.111 siswa Indonesia dari keluarga miskin dan rentan miskin.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Sesditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Thamrin Kasman mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2016 kepada 19.221.111 siswa Indonesia dari keluarga miskin dan rentan miskin.

 

"Target penerima manfaat PIP tahun 2016 sebanyak 17.927.308 siswa dari jenjang sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)," kata Sekretaris Ditjen Dikdasmen, Thamrin Kasman dalam diskusi Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Bersama Media Massa, di Kemdikbud, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Tampil sebagai narasumber dalam diskusi tersebut R Alpha Amirrachman, Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan, (2) Sekretaris Ditjen Dikdasmen, Thamrin Kasman, (3) Fuad Wiyono, Auditor Utama, Itjen Kemdikbud, dan Ari Santoso, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat sebagai moderator.

Menurut Thamrin, untuk jenjang SD dari target 10.360.614 siswa, Kemdikbud berhasil menyalurkan dana manfaat PIP kepada 10.927.652 siswa dan jenjang SMP dari target 4.369.968 siswa, berhasil disalurkan kepada 4.797.073 siswa.

"Sedangkan realisasi penyaluran pada jenjang SMA sebanyak 1.655.080 siswa dari jumlah yang ditargetkan 1.367.559 siswa dan pada jenjang SMK dari target 1.829.167 siswa, berhasil disalurkan kepada 1.841.306 siswa," ujarnya.

Menurut dia, untuk mendapat data sasaran penerima manfaat PIP secara akurat, Kemdikbud menggunakan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang dikoordinasikan dengan data dari Kementerian Sosial, dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Thamrin mengatakan pada tahun anggaran 2017, Kemdikbud telah membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) hampir 50% dari target 17.927.308 dan telah tersalurkan 7.685.289 (data Ditjen Dikdasmen 6 Juni 2017).

"Di jenjang pendidikan SD telah tersalurkan 3.996.786 siswa, jenjang SMP 2.284.279 siswa, jenjang SMA 716.108 siswa, dan jenjang SMK telah tersalurkan 688.116 kepada siswa penerima KIP," katanya.

Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan R Alpha Amirrachman mengatakan tujuan PIP adalah untuk membantu anak usia sekolah dari keluarga miskin melanjutkan sekolah sampai lulus dari jenjang pendidikan Menengah, serta membantu anak-anak yang putus sekolah kembali bersekolah. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Akses Keluar via GT Karawang Barat 2 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kembali Normal

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan setelah pada pukul 09.35 WIB pagi tadi Gerbang Tol (GT) Karawang Barat 2 dibuka kembali untuk kendaraan kecil, kendaraan besar juga telah dapat melintasi GT Karawang Barat 2 sejak pukul 13.45 WIB sehingga saat ini akses kembali normal untuk dilewati seluruh pengguna jalan.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan setelah pada pukul 09.35 WIB pagi tadi Gerbang Tol (GT) Karawang Barat 2 dibuka kembali untuk kendaraan kecil, kendaraan besar juga telah dapat melintasi GT Karawang Barat 2 sejak pukul 13.45 WIB sehingga saat ini akses kembali normal untuk dilewati seluruh pengguna jalan.

Read more...