yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pengawasan Koperasi di Perancis Dinilai Sangat Kuat

PARIS, JURNAL IBUKOTA: Koperasi di Perancis tumbuh secara luar biasa dan menjadi salah satu ujung tombak perekonomian nasional. Di negara tersebut, PDB koperasi menyumbang 12% terhadap PDB nasional.  

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki dan Menteri Sri Mulyani Cek Kesiapan Arena Olahraga di Kompleks GBK

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani meninjau beberapa arena olahraga di Kawasan GBK guna memastikan pekerjaan selesai sesuai target yang akan digunakan pada Asian Games XVIII tahun 2018.

Read more...

TIPS: Agar Tetap Segar Saat Mengemudi Jauh pada Waktu Mudik

Suasana kemacetan lalu lintas di Jalur Pantura Jawa pada waktu musim mudik Lebaran 2013.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Sebentar lagi Hari Raya Lebaran akan tiba. Tentu sebagian dari Anda mempunyai tradisi mudik. Berikut kami sajikan tips untuk mudik. Rute perjalanan panjang niscaya akan membuat pengemudi bosan, jadi lelah dan mengantuk. Apalagi jika menghadapi kemacetan, kecelakaan, pemandangan yang monoton. Kalau sudah begini akan berbahaya.

 

Pakaian: Kenakan pakaian santai dan dari bahan yang menyerap keringat sehingga terasa nyaman dipakai.

Pilihan rute perjalanan: Rencanakan terlebih dahulu rute yang akan anda tempuh. Hindari rute jalan macet, karena konsentrasi mengemudi lebih cepat buyar ketimbang jalan dengan suasana monoton. Ambil rute perjalanan yang bervariasi, tidak melulu lewat jalan tol. Suasana pedesaan, sawah dan pemandangan alam dengan turunan serta tanjakan cukup baik untuk menurunkan ketegangan maupun kelelahan.

Teman ngobrol: Buang kebosanan dengan ngobrol santai bersama penumpang di mobil, tapi tetap menjaga konsentrasi. Pilih topik pembicaraan ringan dan lucu tapi jangan bercanda yang berlebihan.

Dengarkan musik: Manfaatkan radio atau tape. Pilihlah lagu-lagu favorit anda, atur volume pada posisi menengah. Jangan terlalu keras. Usahakan jangan sampai lengah jika anda mendengar suara-suara yang mencurigakan.

Sediakan camilan: Hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak. Walaupun terasa nikmat tapi lambung harus kerja berat untuk mengolahnya. Disarankan yang me-ngandung karbohidrat karena mudah dicerna oleh tubuh dan berisi sumber tenaga yang dibutuhkan tubuh. Un-tuk ragam buah, pilih yang mengandung karbohidrat dan cairan semisal pisang. Selain membantu pemulihan tenaga, juga membantu keseimbangan cairan tubuh.

Sediakan minuman/suplemen penambah tenaga: Pilihlah minuman yang manis sebagai sumber karbohidrat. Minum juga suplemen penambah tenaga sambil sesekali selingi dengan air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Istirahat Jangan memaksakan diri dengan menganggap daya tahan tubuh anda hebat. Hentikan kendaraan untuk beristirahat dan memulihkan tubuh, idealnya antara 3-4 jam mengemudi terus menerus. Waktu istrahat juga jangan lama-lama, bisa-bisa anda terlambat sampai ke tujuan.

Kondisi mobil

Berkaitan dengan kondisi kendaraan, sebelum bepergian sebaiknya Anda lakukan pengecekan kondisi-nya. Bisa Anda lakukan seminggu atau dua minggu sebelum melakukan perjalanan. Berikut ini yang perlu Anda perhatikan:

Mesin

Oli mesin: Jumlah oli mesin harus sesuai dengan ukuran maksimal pada tongkat (stick) pengukur. Jika tampak kurang, tambahkan. Periksa juga adanya kebocoran-kebocoran oli. Bila ada kebocoran ganti packing.

Busi: Untuk perjalanan luar kota, gunakan busi dingin. Sekalian amati kabel-kabelnya, ganti kabel busi bila terlihat rusak.

Tutup distributor: Bersihkan arang yang menempel pada terminal distributor bagian dalam.

Platina: Bila tampak gompal atau aus ganti segera berikut kondensornya. Jangan lupa untuk menyetel kerenggangan platina.

Sistem bahan bakar: Bersihkan saringan udara dengan menghembuskan udara dari kompresor. Jika saringan udara sudah menghitam, ganti dengan yang baru.

Bersihkan juga saringan udara bagian dalam dengan lap kering dan lumasi bagian yang bergerak pada karburator dengan carburator cleaner. Periksa juga saringan bahan bakar, bila perlu ganti.

Radiator: Kebocoran membuat panas mesin berlebihan. Penyebabnya bisa dari tutup radiator yang karetnya sudah rusak, segera ganti yang baru. Usahakan agar selang radiator jangan sampai tertekuk. Ganti selang radiator bila kondisinya retak atau terasa lunak ketika dipegang. Bersihkan kisi-kisi radiator dengan menyemprotkan air dari keran. Setelah semuanya baik, kuras air radiator menggunakan radiator flush. Saat mengisi, campurkan air dengan radiator treatment atau radiator coolant.

Tali kipas Jika sudah rengat atau bagian atasnya rata dengan celah puli, ganti baru.

Kelistrikan

Pastikan kabel-kabel di ruang mesin, jangan ada yang bersentuhan dengan bagian yang panas atau tajam. Bila perlu pasang klem kabelnya. Periksa sambungan kabelnya. Perhatikan jangan sampai ada yang telan-jang atau terkelupas. Hal itu bisa mengakibatkan hubungan pendek (korsleting). Ganti sekring yang putus.

Perhatikan kondisi aki, bila kondisinya lemah akan mengalami kesulitan saat menstartnya. Karena itu jumlah air aki jangan sampai berkurang. Bersihkan terminal aki dengan sikat kawat dan oleskan gemuk agar tidak kotor dan tidak menimbulkan kerak. Kabel aki harus terpasang ba-ik, jangan sampai kendur. Hal ini dapat menyebabkan pengisian setrum ke aki tidak sempurna dan timbul panas pada terminal aki/kabel terbakar.

Cek lampu-lampu, baik lampu dekat dan jauh, rem, sein dan lampu bahaya (hazard). Selain lampu luar, juga bagian dalam seperti ruang penumpang, dasbor dan lampu penunjuk instrumen.

Kenyamanan

Sistem suspensi perlu mendapat per-hatian, terutama peredam kejutnya (shock absorber). Pastikan kondisinya baik. Jika terdapat rembesan oli pada bagian luar, ganti baru. Periksa karet pada kaki-kaki dan ganti bila ada yang rusak.

Teliti juga keempat ban berikut cadangannya. Jika kembangan ban sudah tipis, pakai yang baru untuk menghindari gejala selip. Akan lebih berbahaya lagi apabila menghadapi jalan basah dan licin. (Ags/maN)

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Pasca Penyesuaian Tarif Kondisi Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak Berjalan Lancar

Manager Humas Theresia Dyah memberikan Souvenir dan Tabel Penyesuaian Tarif kepada pengguna jalanTANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejak diberlakukannya penyesuaian tarif tol Ruas Cikupa-Merak pada 21 November pukul 00.00 WIB, kondisi lalu lintas Jalan Tol Tangerang-Merak berlangsung lancar.

Read more...