yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Asian Games Buka Peluang UMKM Tembus Pasar Ekspor

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:Ajang olahraga terbesar di Asia Asian Games 2018 membuka peluang bagi para pelaku UMKM di Tanah Air untuk bisa memasarkan produknya sekaligus menembus pasar ekspor.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Pengiriman Sapras Air Bersih dan Sanitasi Bagi Korban Gempa Lombok Terus Dilanjutkan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pengiriman sarana dan prasarana (Sapras) air bersih dan sanitasi yang sangat dibutuhkan para pengungsi korban gempa bumi di Pulau Lombok terus dilanjutkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Read more...

Berita TNI

TIPS: Agar Tetap Segar Saat Mengemudi Jauh pada Waktu Mudik

Suasana kemacetan lalu lintas di Jalur Pantura Jawa pada waktu musim mudik Lebaran 2013.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.COM: Sebentar lagi Hari Raya Lebaran akan tiba. Tentu sebagian dari Anda mempunyai tradisi mudik. Berikut kami sajikan tips untuk mudik. Rute perjalanan panjang niscaya akan membuat pengemudi bosan, jadi lelah dan mengantuk. Apalagi jika menghadapi kemacetan, kecelakaan, pemandangan yang monoton. Kalau sudah begini akan berbahaya.

 

Pakaian: Kenakan pakaian santai dan dari bahan yang menyerap keringat sehingga terasa nyaman dipakai.

Pilihan rute perjalanan: Rencanakan terlebih dahulu rute yang akan anda tempuh. Hindari rute jalan macet, karena konsentrasi mengemudi lebih cepat buyar ketimbang jalan dengan suasana monoton. Ambil rute perjalanan yang bervariasi, tidak melulu lewat jalan tol. Suasana pedesaan, sawah dan pemandangan alam dengan turunan serta tanjakan cukup baik untuk menurunkan ketegangan maupun kelelahan.

Teman ngobrol: Buang kebosanan dengan ngobrol santai bersama penumpang di mobil, tapi tetap menjaga konsentrasi. Pilih topik pembicaraan ringan dan lucu tapi jangan bercanda yang berlebihan.

Dengarkan musik: Manfaatkan radio atau tape. Pilihlah lagu-lagu favorit anda, atur volume pada posisi menengah. Jangan terlalu keras. Usahakan jangan sampai lengah jika anda mendengar suara-suara yang mencurigakan.

Sediakan camilan: Hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak. Walaupun terasa nikmat tapi lambung harus kerja berat untuk mengolahnya. Disarankan yang me-ngandung karbohidrat karena mudah dicerna oleh tubuh dan berisi sumber tenaga yang dibutuhkan tubuh. Un-tuk ragam buah, pilih yang mengandung karbohidrat dan cairan semisal pisang. Selain membantu pemulihan tenaga, juga membantu keseimbangan cairan tubuh.

Sediakan minuman/suplemen penambah tenaga: Pilihlah minuman yang manis sebagai sumber karbohidrat. Minum juga suplemen penambah tenaga sambil sesekali selingi dengan air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Istirahat Jangan memaksakan diri dengan menganggap daya tahan tubuh anda hebat. Hentikan kendaraan untuk beristirahat dan memulihkan tubuh, idealnya antara 3-4 jam mengemudi terus menerus. Waktu istrahat juga jangan lama-lama, bisa-bisa anda terlambat sampai ke tujuan.

Kondisi mobil

Berkaitan dengan kondisi kendaraan, sebelum bepergian sebaiknya Anda lakukan pengecekan kondisi-nya. Bisa Anda lakukan seminggu atau dua minggu sebelum melakukan perjalanan. Berikut ini yang perlu Anda perhatikan:

Mesin

Oli mesin: Jumlah oli mesin harus sesuai dengan ukuran maksimal pada tongkat (stick) pengukur. Jika tampak kurang, tambahkan. Periksa juga adanya kebocoran-kebocoran oli. Bila ada kebocoran ganti packing.

Busi: Untuk perjalanan luar kota, gunakan busi dingin. Sekalian amati kabel-kabelnya, ganti kabel busi bila terlihat rusak.

Tutup distributor: Bersihkan arang yang menempel pada terminal distributor bagian dalam.

Platina: Bila tampak gompal atau aus ganti segera berikut kondensornya. Jangan lupa untuk menyetel kerenggangan platina.

Sistem bahan bakar: Bersihkan saringan udara dengan menghembuskan udara dari kompresor. Jika saringan udara sudah menghitam, ganti dengan yang baru.

Bersihkan juga saringan udara bagian dalam dengan lap kering dan lumasi bagian yang bergerak pada karburator dengan carburator cleaner. Periksa juga saringan bahan bakar, bila perlu ganti.

Radiator: Kebocoran membuat panas mesin berlebihan. Penyebabnya bisa dari tutup radiator yang karetnya sudah rusak, segera ganti yang baru. Usahakan agar selang radiator jangan sampai tertekuk. Ganti selang radiator bila kondisinya retak atau terasa lunak ketika dipegang. Bersihkan kisi-kisi radiator dengan menyemprotkan air dari keran. Setelah semuanya baik, kuras air radiator menggunakan radiator flush. Saat mengisi, campurkan air dengan radiator treatment atau radiator coolant.

Tali kipas Jika sudah rengat atau bagian atasnya rata dengan celah puli, ganti baru.

Kelistrikan

Pastikan kabel-kabel di ruang mesin, jangan ada yang bersentuhan dengan bagian yang panas atau tajam. Bila perlu pasang klem kabelnya. Periksa sambungan kabelnya. Perhatikan jangan sampai ada yang telan-jang atau terkelupas. Hal itu bisa mengakibatkan hubungan pendek (korsleting). Ganti sekring yang putus.

Perhatikan kondisi aki, bila kondisinya lemah akan mengalami kesulitan saat menstartnya. Karena itu jumlah air aki jangan sampai berkurang. Bersihkan terminal aki dengan sikat kawat dan oleskan gemuk agar tidak kotor dan tidak menimbulkan kerak. Kabel aki harus terpasang ba-ik, jangan sampai kendur. Hal ini dapat menyebabkan pengisian setrum ke aki tidak sempurna dan timbul panas pada terminal aki/kabel terbakar.

Cek lampu-lampu, baik lampu dekat dan jauh, rem, sein dan lampu bahaya (hazard). Selain lampu luar, juga bagian dalam seperti ruang penumpang, dasbor dan lampu penunjuk instrumen.

Kenyamanan

Sistem suspensi perlu mendapat per-hatian, terutama peredam kejutnya (shock absorber). Pastikan kondisinya baik. Jika terdapat rembesan oli pada bagian luar, ganti baru. Periksa karet pada kaki-kaki dan ganti bila ada yang rusak.

Teliti juga keempat ban berikut cadangannya. Jika kembangan ban sudah tipis, pakai yang baru untuk menghindari gejala selip. Akan lebih berbahaya lagi apabila menghadapi jalan basah dan licin. (Ags/maN)

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Kejar Target Penyelesaian Pembangunan Konstruksi

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang 99,35 Km akan menghubungkan 2 kota besar di Kalimantan yaitu Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Jalan tol yang ditargetkan untuk bisa diselesaikan pada penghujung tahun 2018, sehingga dapat beroperasi penuh pada awal tahun 2019 ini, menunjukkan progres positif, hingga awal Agustus 2018, progres Seksi 2, Seksi 3 dan Seksi 4 adalah 63,31% sementara progres konstruksi Seksi 1 sampai dengan Seksi 5 adalah 65,25%. Hingga awal bulan Agustus 2018, progres pembebasan lahan telah mencapai 95,47% dari total keseluruhan lahan. 

Read more...