yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pengawasan Koperasi di Perancis Dinilai Sangat Kuat

PARIS, JURNAL IBUKOTA: Koperasi di Perancis tumbuh secara luar biasa dan menjadi salah satu ujung tombak perekonomian nasional. Di negara tersebut, PDB koperasi menyumbang 12% terhadap PDB nasional.  

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki dan Menteri Sri Mulyani Cek Kesiapan Arena Olahraga di Kompleks GBK

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani meninjau beberapa arena olahraga di Kawasan GBK guna memastikan pekerjaan selesai sesuai target yang akan digunakan pada Asian Games XVIII tahun 2018.

Read more...

Tips Kiat mengemudi di malam hari

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA.ComHati-hati kalau berkendara malam hari: Apabila anda harus mengemudi pada malam hari jelas harus punya kiat tersendiri. Sebab, kondisi pada malam hari amat berbeda dengan tatkala mengemudi pada  siang hari. Indera penglihatan harus bekerja berat karena intensitas cahaya pada malam hari amat kurang.

 

ohmunrowe.blogspot.com

Apalagi bila sepanjang perjalanan yang dilalui tak ada lampu penerang jalan sehingga suasana jadi gelap gulita. Mata bisa cepat merasa lelah. Akan kian membahayakan bagi mereka yang sulit berorientasi dalam kegelapan.

Pengelihatan kian diperparah dengan serangan lampu kendaraan yang menyilaukan dari arah berlawanan. Beberapa mobil bahkan menggunakan lampu tembak yang bisa 'membutakan' mata dalam sepersekian detik. Nah untuk mengurangi gempuran-gempuran sinar dari arah depan ada beberapa kiat sebagai berikut:

Sebaiknya menghindari langsung bertatapan dengan lingkaran cahaya lampu. Kalau pun terpaksa, berkediplah untuk mengurangi silau. Sebaiknya menatap ke samping atau mengarahkan pandangan lurus ke depan mobil yang dikemudikan.

Setelah kendaraan dari depan berlalu, usahakan mata cepat beradaptasi dengan berkedip beberapa kali. Dalam upaya ini pengemudi harus ekstra waspada dan konsentrasi penuh.

Selanjutnya, jika tak terlihat lagi mobil yang lewat dari depan, gunakan high beam (lampu jauh) untuk membantu pengelihatan dari jarak jauh (dengan catatan didepan tidak ada mobil lain sehingga tidak menimbulkan silau pengemudi ).

Jika ada mobil dari arah depan, matikan lampu jauh dan pasang lampu dekat. Saat ingin menikung, gunakan lampu jauh dan jika siang hari bunyikan klakson untuk memberi isyarat. Juga ketika keadaan jalan yang menanjak.

Kiat lain adalah memanfaatkan penuntun di tepi jalan. Misalnya bahu jalan, rambu dan sebagainya. Sebaiknya. Gunakan kacamata khusus untuk mengemudi malam hari dan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan.

Lampu terang

Salah satu bagian dari kendaraan yang jarang diperhatikan adalah lampu. Padahal jika cahaya lampu kurang terang, pengemudi juga yang kerepotan apalagi diwaktu musim hujan dan bepergian jauh di malam hari.

Agar sinar lampu kendaraan selalu terang perlu diperiksa secara teratur disamping untuk mengecek siapa tahu sinar lampu melenceng ke arah yang tidak diharap-kan. Cermati hal berikut ini:

Jika anda mengadakan perjalanan jauh dan jalan yang dilalui penuh genangan air kotor atau lumpur anda harus rajin membersihkan lensa. Karena kotoran tersebut akan mengurangi 62% pandangan bahkan panjang sorotan lampu berkurang sampai 32 meter.

Perhatikan kondisi bola lampu. Bila mulai berwarna hitam maka cahaya yang dihasilkan akan berkurang. Segera ganti dengan yang baru.

Cegah air jangan sampai masuk menerobos ke dalam rumah lampu. Karena bisa mengakibatkan reflektor berkarat dan kusam. Reflektor yang kena korosi menyebabkan cahaya yang dipancarkan berkurang.

Usahakan jangan sampai kontak atau soket terminal lampu besar berkarat. Karena hal itu bisa menyebabkan tegangan yang sampai ke lampu berkurang 15% dan itu sama saja dengan berku-rangnya 50% dari cahaya yang dihasilkan. (aGs/man)

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Pasca Penyesuaian Tarif Kondisi Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak Berjalan Lancar

Manager Humas Theresia Dyah memberikan Souvenir dan Tabel Penyesuaian Tarif kepada pengguna jalanTANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejak diberlakukannya penyesuaian tarif tol Ruas Cikupa-Merak pada 21 November pukul 00.00 WIB, kondisi lalu lintas Jalan Tol Tangerang-Merak berlangsung lancar.

Read more...