yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Suparno: Kembalikan Jati Diri Koperasi Diperlukan Pengawasan Ketat

BENGKULU, JURNAL IBUKOTA: Koperasi harus dikembalikan sebagai lembaga yang memberikan kesejahteraan kepada para anggotanya. Oleh karena itu, ke depannya diperlukan pengawasan yang lebih ketat agar koperasi bisa berkembang sebagaimana mestinya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Akuntabilitas Pembangunan Infrastruktur Mendukung Pembangunan Berkualitas

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akuntabilitas pengadaan barang dan jasa (PBJ) agar pembangunan infrastruktur mampu mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan. 

Read more...

Bintang Puspayoga: Tenis Meja Jadi Ajang Pemersatu Banjar

Bagi masyarakat Bali, tenis meja bukan hanya sebagai ajang olahraga untuk kesehatan jasmani dan meraih prestasi. Lebih dari itu, tenis meja sudah menjadi sarana sebagai pemersatu antar Banjar (dusun) yang ada di wilayah Provinsi Bali.DENPASAR, JURNAL IBUKOTA: Bagi masyarakat Bali, tenis meja bukan hanya sebagai ajang olahraga untuk kesehatan jasmani dan meraih prestasi. Lebih dari itu, tenis meja sudah menjadi sarana sebagai pemersatu antar Banjar (dusun) yang ada di wilayah Provinsi Bali. 
 
"Di Bali, tenis meja merupakan olahraga yang sangat spesifik yang banyak digeluti masyarakat hampir di seluruh Banjar yang ada di Bali. Oleh karena itu, tenis meja di Bali sudah menjadi ajang pemersatu bagi seluruh Banjar yang ada. Selain tentunya bisa menjadi prestasi, juga menjadi ajang tali silaturahmi yang kian mempererat hubungan antar masyarakat Bali", kata Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Bali Bintang Puspayoga, usai acara pembukaan Kejuaraan Nasional Tenis Meja Bali Open 2018 di Kota Denpasar, Bali (30/6).
 
Di acara yang dibuka secara resmi oleh Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose dan dihadiri pula Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Bintang menambahkan, kejuaraan yang merupakan agenda rutin tahunan PTMSI Bali ini juga merupakan rangkaian kegiatan dari Hari Bhayangkara dan Hari Koperasi Nasional. "Maka, gelaran tahun ini sangat kental semangat seluruh stakeholder dalam menyambut Hari Bhayangkara dan Harkopnas", tandas Bintang.
 
Untuk itu, lanjut Bintang, Bali Open 2018 menggelar sembilan kategori peserta lomba dari seluruh kelompok usia. Seperti kategori pemula (anak-anak), antar Kadet, antar instansi, antar koperasi dan UKM, hingga antar media. Dengan jumlah peserta sebanyak 349 orang, penyelenggara Bali Open 2018 menyiapkan total hadiah sebesar Rp165 juta. "Ajang Bali Open 2018 menjadi ajang silaturahmi antar media dan wartawan seluruh Indonesia yang biasa meliput dan menulis koperasi dan UKM, sehingga bisa tercipta hubungan yang harmonis antar keduanya. Sehingga, ke depan akan terbentuk satu hubungan publikasi yang komprehensif mengenai perkembangan koperasi dan UKM di seluruh Indonesia, khususnya Bali", papar Bintang lagi.
 
Yang tak kalah menarik, kata Bintang, ajang Bali Open 2018 kali ini juga menampilkan kategori Ganda 100+ yang menampilkan para atlet veteran tenis meja yang sudah memiliki prestasi di zamannya. "Para pemain veteran yang hadir tidak hanya yang berasal dari Bali saja. Tapi, ada juga yang datang khusus ke kejuaraan ini dari luar Bali", ungkap Bintang.
 
Sementara itu, khusus menyangkut prestasi bagi atlet tenis meja Bali, Bintang berharap event-event seperti ini lebih banyak lagi digelar di waktu mendatang. "Dengan semakin banyak kejuaraan tenis meja baik tingkat lokal maupun nasional yang digelar di Bali, saya yakin nantinya kita mampu melahirkan atlet tenis meja level nasional bahkan internasional", tegas Bintang.
 
Hanya saja, Bintang mengakui, untuk mampu melahirkan atlet tenis meja berkaliber nasional dan internasional di Bali, masih memiliki beberapa kendala. "Kita di Bali kekurangan Bapak Angkat bagi pembinaan atlet tenis meja sejak usia dini. Pasalnya, untuk melakukan pembinaan atlet muda secara komprehensif membutuhkan biaya yang tidak sedikit, alias butuh biaya besar", imbuh Bintang.
 
Kendala atau kelemahan lain, aku Bintang, budaya masyarakat Bali yang tidak biasa merantau. Biasanya, ketika akan mengirim atlet asal Bali untuk berguru ke luar negeri, hambatannya adalah dari para orangtua sendiri dan juga sekolahnya. "Masih banyak orangtua yang sulit melepas anaknya untuk berguru ke luar Bali. Begitu juga dengan sekolah di mana si atlet bersekolah formal. Itu menjadi tantangan bagi kami sebagai pengurus besar untuk mencari solusi yang tepat", tukas Bintang.
 
Tumbuh Bibit
 
Sedangkan dalam sambutannya, Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Tenis Meja 2018 ini. Ia berharap, selain mencari dan menumbuhkan bibit-bibit olahragawan, perhelatan ini juga baik untuk orang tua. "Olahraga ini bagus untuk manula dengan usia di atas 50 tahun. Dapat mencegah penyakit alzheimer (penurunan daya ingat), pengapuran sendi lutut, meningkatkan refleks, dan masih banyak manfaat bagi kesehatan lainnya,” ucap Kapolda Bali.
 
Petrus berharap penyelenggaraan kejuaraan nasional ini bisa menyaring bibit-bibit baru dalam kejuaraan PON dan Kejurnas lainnya. (Agus)
primi sui motori con e-max

Gunung Agung Meletus Strombolian

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Senin (2/7/2018) dari pagi hingga sore hari, Gunung Agung mengalami beberapa kali erupsi kecil dengan tinggi abu vulkanik sekitar 1.000 meter hingga 2.000 meter.

"Pada Senin malam tiba- tiba masyarakat sekitar Gunung Agung dikejutkan letusan disertai dengan suara ledakan keras disertai dengan lontaran batu pijar. PVMBG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 2/72018 pukul 21:04 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _Elevated_ Akan Komisioning _Launcher Gantry_ untuk _Erection Steel Box Girder_

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan _launcher gantry_ sebagai alat _erection steel box girder_. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah menggunakan _tandem crane_ untuk kegiatan serupa.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan _launcher gantry_ sebagai alat _erection steel box girder_. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah menggunakan _tandem crane_ untuk kegiatan serupa.

Read more...