yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menteri Puspayoga Inisiasi Koperasi Jadi Pengelola Pasar Rakyat

BANGLI, JURNAL IBUKOTA :  Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga meresmikan beroperasinya Pasar Rakat Desa Bayunggede, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Selasa (16/1/2018). Penandatanganan prasasti menandai peresmian pasar tersebut. Pasar Rakyat Bayunggede termasuk dalam program revitalisasi Kementerian Koperasi dan UKM yang sumber anggarannya berasal dari dana tenaga pembantuan tahun 2017 sebesar Rp 684 juta. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Akhir Tahun 2018, Jalan Paralel Perbatasan di Kalbar Ditargetkan Sudah Tembus 805 Km

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XI Banjarmasin dan Zeni TNI Angkatan Darat menandatangani kontrak pekerjaan pembangunan jalan perbatasan di Provinsi Kalimantan Barat yakni ruas Nanga Era-Batas Kalimantan Timur sepanjang 60 km dengan nilai Rp 178,47 miliar dengan jangka waktu pelaksanaan 335 hari. Penandatanganan dilakukan Senin (15/1/2018) di Gedung Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Kementerian PUPR, Jakarta.

Read more...

Menteri Basuki Lantik Pengurus Olahraga Dayung dan Gateball Sulawesi Utara

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono diberikan amanah pula sebagai Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) periode 2016-2020 dan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) untuk lebih mengembangkan olahraga dayung dan gateball di Indonesia.MANADO, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono diberikan amanah pula sebagai Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) periode 2016-2020 dan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) untuk lebih mengembangkan olahraga dayung dan gateball di Indonesia.

 

Oleh karenanya, di sela-sela kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara, Menteri Basuki melantik Kepengurusan Podsi dan Pergatsi Provinsi Sulawesi Utara Periode 2017-2021, di Kota Manado, Senin malam (13/11/2017). Posisi Ketua Umum Podsi Sulut dijabat oleh Djidon R Watania dan Ketua Umum Pergatsi Sulut oleh Edwin Silangen.

Menteri Basuki dalam sambutannya mengatakan, pelantikan dua cabang olahraga (cabor) tersebut secara bersamaan dilakukan untuk efisiensi mengingat kedua cabang olahraga ini diketuai oleh dirinya. Menurutnya meskipun keduanya merupakan olahraga berbeda namun dirinya terus mendorong dua cabor ini untuk terus berprestasi.

Gateball ini menurut Menteri Basuki, merupakan olahraga yang terjangkau karena sarana dan alatnya sangat sederhana. "Lapangan bermainnya tidak perlu yang luas. Gateball bisa dimainkan di taman-taman publik atau ruang-ruang terbuka hijau yang tidak terlalu luas. Alat pemukul Gateball harganya juga terjangkau dan bisa dipakai seumur hidup, juga bolanya," terangnya.

Olahraga Gateball juga merupakan olahraga yang bisa diikuti baik oleh laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda bahkan satu keluarga bisa menjadi satu tim dalam olahraga ini. "Jadi tidak mengenal gender. Pemain juga perlu punya strategi, konsentrasi, serta kekompakan untuk menang,” ungkapnya.

Olahraga Gateball masuk di Indonesia pertama kali tahun 1995 di Bali yang dibawa oleh wisatawan Jepang dan kemudian berkembang hingga terbentuk kepengurusan pada tahun 2010 dan masuk ke dalam Federasi Olah Raga dan Rekreasi. Menurutnya, sekarang ini Gateball sudah masuk KONI. Tahun 2020 Gateball akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

Untuk itu, Menteri Basuki berharap pengurus baru Pergatsi Sulut yang baru dilantik untuk langsung membuat program kerjanya agar Pergatsi bisa lebih memasyarakat dan berprestasi sebagai cabor yang baru. "Karena melihat perkembangan olahraga Gateball ini yang cukup pesat, maka KONI akhirnya menyetujui gateball ini menjadi olahraga prestasi," tukasnya.

*Bersihkan Danau Tondano, Dukung Olahraga Dayung di Sulut*

Sementara kepada pengurus PODSI Provinsi Sulut, Menteri Basuki juga mendorong untuk terus berlatih untuk mengikuti kejuaraan dayung dengan memanfaatkan Danau Tondano sebagai arena latihan dan lomba dayung. "Saat ini Kementerian PUPR tengah melakukan revitalisasi Danau Tondano untuk mengembalikan fungsi alaminya sebagai tampungan air, termasuk penataan di kawasan DAS. Kita akan keruk sedimen dan bersihkan eceng gondok, seperti halnya di Danau Rawapening, Danau Limboto dan Danau Toba, agar bisa juga dimanfaatkan untuk olahraga dayung," katanya.

Ia juga mengungkapkan rencananya untuk memberikan hibah dua perahu naga untuk kepentingan latihan atlet dayung di Provinsi Sulut. Hibah perahu tersebut merupakan bentuk dukungan pengurus pusat untuk upaya peningkatan prestasi. "Kenapa dua perahu, agar bisa dipakai untuk latihan berkompetisi," ujarnya.

Ketua Umum PODSI Sulut yang baru, Djidon R Watania yang juga Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I mengatakan, dalam waktu dekat akan melaksanakan Musyawarah Cabang untuk penyusunan program kerja. "Kami akan melakukan musyawarah cabang, untuk menyusun program kerja sehingga target prestasi di PON 2020 bisa dicapai," tuturnya.

Susunan Pengurus PODSI Provinsi Sulut masa periode 2017-2021 di antaranya terdiri dari :

1. Ketua Umum Djidon R Watania

2. Wakil Ketua I/ Ketua Harian Noldy Makalew

3. Sekretaris Umum Jantje Rumambi

4. Bendahara Ronald Yocom

Sementara untuk Susunan Pengurus Pergatsi Provinsi Sulut masa periode 2017-2021 di antaranya terdiri dari :

1. Ketua Umum Edwin Silangen.

2. Wakil Ketua I Riel Mantik

3. Wakil Ketua II Fanny Wulur

4. Sekretaris Umum Novie Maxi Ilat

5. Bendahara Umum Audy Karamoy (***)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Resmikan Embung di NTT

“Kuncinya di NTT termasuk di Kabupaten Rote Ndao, hanya satu, air. Jika ada air, maka pertanian, perkebunan, peternakan bisa meningkat,” kata Presiden Joko Widodo seusai peresmian proyek-proyek strategis Kementerian PUPR di Kabupaten Ndao, yang dipusatkan di Embung Saina, Selasa (9/1).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun berbagai infrastruktur di seluruh Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote. Infrastruktur menjadi kunci peningkatan daya saing bangsa dan pemerataan hasil pembangunan.

Pulau Rote sebagai pulau paling selatan Indonesia dikenal sebagai daerah rawan air. Kementerian PUPR telah melakukan program penyediaan dan pengelolaan air tanah dan air baku melalui pembuatan sumur bor dan embung.

“Kuncinya di NTT termasuk di Kabupaten Rote Ndao, hanya satu, air. Jika ada air, maka pertanian, perkebunan, peternakan bisa meningkat,” kata Presiden Joko Widodo seusai peresmian proyek-proyek strategis Kementerian PUPR di Kabupaten Ndao, yang dipusatkan di Embung Saina, Selasa (9/1). 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...