yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Ketua MUI Sebut Koperasi Cocok Jadi Wadah Pemberdayaan Ekonomi Umat

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin ikut mendorong terbentuknya koperasi di berbagai daerah. Ma’ruf menyebut koperasi sangat cocok menjadi wadah pemberdayaan ekonomi umat, di samping berperan sebagai pemutus kesenjangan. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang dalam Kondisi Mantap untuk Mudik 2018

BREBES, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan Jalan Tol seksi 3 dan 4  Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 km dari Brebes Timur hingga Pemalang dalam kondisi mantap siap operasi, namun masih tetap akan fungsional tanpa tarif pada mudik Lebaran 2018. 

Read more...

4.500 Orang Peserta Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga Siap Lintasi Jalan Tol Terindah di Indonesia

PT Jasa Marga (Persero) Tbk bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga pada Minggu (13/8/2017) untuk memperkenalkan Jalan Tol Semarang-Solo khususnya Ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 Km yang mempunyai peranan penting dalam memperlancar arus distribusi barang jasa yang berdampak pada sektor riil di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga pada Minggu (13/8/2017) untuk memperkenalkan Jalan Tol Semarang-Solo khususnya Ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 Km yang mempunyai peranan penting dalam memperlancar arus distribusi barang jasa yang berdampak pada sektor riil di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah.

 

Menurut Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk., perusahaan penyelenggara jalan tol itu  memberikan kesempatan kepada _stakeholder,_ khususnya masyarakat di sekitar Salatiga dan Semarang, untuk dapat melintasi jalan tol terindah se-Indonesia dengan panorama Gunung Merbabu. Rangkaian acara yang diadakan di sepanjang jalan tol dengan pusat kegiatan di Gerbang Tol (GT) Salatiga adalah sebagai berikut :

1. _Fun Walk,_ dengan jarak 5 Km

2. _Fun Bike_ Jarak Pendek _(Short Distance),_ dengan jarak 22,7 Km

3. _Fun Bike_ Jarak Jauh _(Long Distance),_ dengan jarak 35 Km

4. Sentra Kuliner, dengan pilihan jajanan tradisional Jawa Tengah yang disediakan gratis untuk peserta

5. Sentra Hiburan, di mana masyarakat dapat mengikuti permainan interaktif, menikmati penampilan band, serta kesempatan untuk mendapatkan _doorprize._

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, direncanakan akan melakukan _video conference_ dengan anak usaha Jasa Marga, PT Trans Jatim Pasuruan (TJP), di mana pada kesempatan yang sama mengoperasikan Jalan Tol Gempol Pasuruan segmen Gempol-Bangil yang melengkapi segmen Bangil-Rembang sehingga Jalan Tol Gempol-Pasuruan seksi Gempol-Rembang telah beroperasi penuh.

Selain menyelenggarakan perayaan, Jasa Marga secara aktif melakukan kegiatan Bina Lingkungan untuk masyarakat di sekitar Jalan Tol Semarang-Solo. Jasa Marga memberikan 3.655 bibit pohon Rambutan Rapi’ah untuk tiga kelurahan di Kabupaten Semarang, yaitu Kelurahan Ujung-Ujung (1.400 bibit pohon), Kelurahan Barukan (1.255 bibit pohon) dan Kelurahan Nyamat (1.000 bibit pohon). Diharapkan dengan adanya pemberian bantuan tersebut, maka ketiga kelurahan tersebut dapat dibina menjadi penghasil buah Rambutan Rapi’ah di Kabupaten Semarang.

Menurut dia, antusiasme masyarakat terhadap acara Festival Jalan Tol Jasa Marga dapat terlihat dari terpenuhinya kuota registrasi peserta dalam waktu satu minggu, hingga jumlah peserta saat ini telah mencapai 4.500 orang. Festival Jalan Tol Jasa Marga merupakan program yang diinisiasi oleh Perseroan diharapkan dapat menjadi acara yang berlangsung secara berkelanjutan untuk 16 (enam belas) jalan tol yang ditargetkan dapat beroperasi penuh pada tahun 2019. 

Jalan Tol Semarang-Solo Seksi Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 Km merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo yang dikelola oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ), anak usaha Jasa Marga, yang memiliki potensi untuk memperkuat pengembangan wilayah, khususnya untuk mendukung pergerakan perekonomian melalui peningkatan kelancaran arus barang dan jasa.

Jalan Tol Semarang-Solo dengan total panjang jalan tol 72,65 Km terbagi atas beberapa seksi yaitu sebagai berikut:

• Seksi I Semarang-Ungaran (10,85 Km) beroperasi November 2011

• Seksi II Ungaran-Bawen (11,99 Km), beroperasi April 2014

• Seksi III Bawen Salatiga (17.57 Km) dengan progres konstruksi 100%

• Seksi IV Salatiga-Boyolali (24,50 Km) dan Seksi V Boyolali-Solo (7,74 Km) dengan progres konstruksi 14,40 % (status 2 Agustus 2017)

Jalan Tol Semarang-Solo ditargetkan akan beroperasi penuh pada tahun 2018 dan sebagai bagian dari Trans Jawa diharapkan mampu untuk menjadi solusi penanganan kepadatan yang terjadi di jalan arteri serta memberikan alternatif pilihan bagi pengguna jalan untuk menuju ke kota tujuan dengan aman, lancar dan nyaman. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau TPS R3 Citarik Pel. Ratu

Setelah meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.SETELAH meninjau kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) di Desa Pasir Suren, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PKT kedua yakni Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Di Desa Citarik, Presiden Jokowi juga berkesempatan meninjau Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R. Pembangunan TPS-3R dilakukan tahun 2016, oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan anggaran Rp 550 juta.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Pastikan Kesiapan Mudik, Kementerian BUMN Tinjau Jalur-Jalur Mudik dari Jakarta hingga Solo

Dalam rangka memastikan kesiapan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dalam menyiapkan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 (Idul Fitri 1439 H) yang aman, nyaman dan lancar, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), lakukan tinjauan ke ruas-ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya.SEMARANG, JURNAL IBUKOTA: Dalam rangka memastikan kesiapan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dalam menyiapkan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 (Idul Fitri 1439 H) yang aman, nyaman dan lancar, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), lakukan tinjauan ke ruas-ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya.

Read more...