yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM KUMKM di Pontianak

PONTIANAK, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan daya saing usaha mikro kecil, menengah dan koperasi, serta meningkatkan penghidupan berkelanjutan berbasis usaha mikro, Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan peningkatan kapasitas SDM di Kalimantan Barat. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Ketersediaan Infrastruktur Air Minum dan Sanitasi di Kabupaten Asmat Akan Ditingkatkan

ASMAT, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprioritaskan pembangunan infrastruktur air bersih dan sanitasi untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. Meski sebagian besar lahan berupa rawa dengan pasang surut tinggi, namun Kabupaten Asmat memiliki curah hujan sangat tinggi dan sungai yang bisa menjadi sumber air baku. 

Read more...

4.500 Orang Peserta Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga Siap Lintasi Jalan Tol Terindah di Indonesia

PT Jasa Marga (Persero) Tbk bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga pada Minggu (13/8/2017) untuk memperkenalkan Jalan Tol Semarang-Solo khususnya Ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 Km yang mempunyai peranan penting dalam memperlancar arus distribusi barang jasa yang berdampak pada sektor riil di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Bawen-Salatiga pada Minggu (13/8/2017) untuk memperkenalkan Jalan Tol Semarang-Solo khususnya Ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 Km yang mempunyai peranan penting dalam memperlancar arus distribusi barang jasa yang berdampak pada sektor riil di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah.

 

Menurut Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk., perusahaan penyelenggara jalan tol itu  memberikan kesempatan kepada _stakeholder,_ khususnya masyarakat di sekitar Salatiga dan Semarang, untuk dapat melintasi jalan tol terindah se-Indonesia dengan panorama Gunung Merbabu. Rangkaian acara yang diadakan di sepanjang jalan tol dengan pusat kegiatan di Gerbang Tol (GT) Salatiga adalah sebagai berikut :

1. _Fun Walk,_ dengan jarak 5 Km

2. _Fun Bike_ Jarak Pendek _(Short Distance),_ dengan jarak 22,7 Km

3. _Fun Bike_ Jarak Jauh _(Long Distance),_ dengan jarak 35 Km

4. Sentra Kuliner, dengan pilihan jajanan tradisional Jawa Tengah yang disediakan gratis untuk peserta

5. Sentra Hiburan, di mana masyarakat dapat mengikuti permainan interaktif, menikmati penampilan band, serta kesempatan untuk mendapatkan _doorprize._

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, direncanakan akan melakukan _video conference_ dengan anak usaha Jasa Marga, PT Trans Jatim Pasuruan (TJP), di mana pada kesempatan yang sama mengoperasikan Jalan Tol Gempol Pasuruan segmen Gempol-Bangil yang melengkapi segmen Bangil-Rembang sehingga Jalan Tol Gempol-Pasuruan seksi Gempol-Rembang telah beroperasi penuh.

Selain menyelenggarakan perayaan, Jasa Marga secara aktif melakukan kegiatan Bina Lingkungan untuk masyarakat di sekitar Jalan Tol Semarang-Solo. Jasa Marga memberikan 3.655 bibit pohon Rambutan Rapi’ah untuk tiga kelurahan di Kabupaten Semarang, yaitu Kelurahan Ujung-Ujung (1.400 bibit pohon), Kelurahan Barukan (1.255 bibit pohon) dan Kelurahan Nyamat (1.000 bibit pohon). Diharapkan dengan adanya pemberian bantuan tersebut, maka ketiga kelurahan tersebut dapat dibina menjadi penghasil buah Rambutan Rapi’ah di Kabupaten Semarang.

Menurut dia, antusiasme masyarakat terhadap acara Festival Jalan Tol Jasa Marga dapat terlihat dari terpenuhinya kuota registrasi peserta dalam waktu satu minggu, hingga jumlah peserta saat ini telah mencapai 4.500 orang. Festival Jalan Tol Jasa Marga merupakan program yang diinisiasi oleh Perseroan diharapkan dapat menjadi acara yang berlangsung secara berkelanjutan untuk 16 (enam belas) jalan tol yang ditargetkan dapat beroperasi penuh pada tahun 2019. 

Jalan Tol Semarang-Solo Seksi Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 Km merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo yang dikelola oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ), anak usaha Jasa Marga, yang memiliki potensi untuk memperkuat pengembangan wilayah, khususnya untuk mendukung pergerakan perekonomian melalui peningkatan kelancaran arus barang dan jasa.

Jalan Tol Semarang-Solo dengan total panjang jalan tol 72,65 Km terbagi atas beberapa seksi yaitu sebagai berikut:

• Seksi I Semarang-Ungaran (10,85 Km) beroperasi November 2011

• Seksi II Ungaran-Bawen (11,99 Km), beroperasi April 2014

• Seksi III Bawen Salatiga (17.57 Km) dengan progres konstruksi 100%

• Seksi IV Salatiga-Boyolali (24,50 Km) dan Seksi V Boyolali-Solo (7,74 Km) dengan progres konstruksi 14,40 % (status 2 Agustus 2017)

Jalan Tol Semarang-Solo ditargetkan akan beroperasi penuh pada tahun 2018 dan sebagai bagian dari Trans Jawa diharapkan mampu untuk menjadi solusi penanganan kepadatan yang terjadi di jalan arteri serta memberikan alternatif pilihan bagi pengguna jalan untuk menuju ke kota tujuan dengan aman, lancar dan nyaman. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Tinjau DAS Citarum

 Presiden Joko Widodo menyadari bahwa revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS)  Citarum bukanlah pekerjaan mudah yang dapat diselesaikan hanya dalam hitungan hari, bulan, bahkan 1 atau 2 tahun. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara saat bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, penggiat lingkungan hidup di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 22 Februari 2018.

PRESIDEN Joko Widodo menyadari bahwa revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS)  Citarum bukanlah pekerjaan mudah yang dapat diselesaikan hanya dalam hitungan hari, bulan, bahkan 1 atau 2 tahun. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara saat bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, penggiat lingkungan hidup di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 22 Februari 2018.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...