yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Delegasi Peserta Asian Games Puji Keramahan Petugas Saat Berbelanja di Smesco

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Perwakilan negara peserta Asian Games 2018, secara bergantian mengunjungi gedung Smesco Indonesia. Kedatangan mereka, disambut ramah oleh sejumlah petugas yang menunggu di gerbang utama galeri.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Rehabilitasi Fasilitas Publik dan Rumah Tahan Gempa di Lombok Diintensifkan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk merehabilitasi fasilitas publik dan rumah dalam rangka percepatan pemulihan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat pasca gempa Lombok sesuai perintah Presiden Joko Widodo.

Read more...

BPK Adakan Auditor's Talk Ramadhan Bahas Penguatan Pengawasan Keuangan Negara

Bertempat di Auditorium kantor Pusat BPK, Jakarta, Inspektorat Utama (Itama) dan Badan Diklat BPK bersama Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern (FKSPI) mengadakan Auditor’s Talk Ramadhan dengan tema “Sinergi Internal Auditor dan Eksternal Auditor dalam rangka Penguatan Kapabilitas Pengawasan Keuangan Negara”, yang dibuka oleh Prof. Dr. Bahrullah Akbar selaku Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) .JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Bertempat di Auditorium kantor Pusat BPK, Jakarta, Inspektorat Utama (Itama) dan Badan Diklat BPK bersama Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern (FKSPI) mengadakan Auditor’s Talk Ramadhan dengan tema “Sinergi Internal Auditor dan Eksternal Auditor dalam rangka Penguatan Kapabilitas Pengawasan Keuangan Negara”, yang dibuka oleh Prof. Dr. Bahrullah Akbar selaku Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) .

 

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, Anggota VII BPK, Eddy Mulyadi Soepardi, Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, Inspektur Utama, Ida Sundari, Ketua FKSPI, Saiful Huda, Chairman dan Chief Executive Partner RSM Indonesia, Amir Abadi Jusuf dan para Pejabat dilingkungan BPK serta para tamu undangan, Kamis (7/6).

 

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergi untuk merajut kebersamaan di antara internal auditor dan eksternal auditor yang memiliki peran dan tanggungjawab yang penting dalam menegakkan good govermance, risk management dan internal control pada sektor publik dan privat untuk mencapai tujuan bersama dalam bernegara.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut, BPK melalui Visi BPK dalam Rencana Strategis (Renstra) 2016 – 2020 menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan bernegara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

 

BPK sebagai eksternal auditor telah berupaya aktif melakukan sinergi dengan internal auditor, dalam bentuk kerja sama dengan internal auditor antara lain Pemeriksaan BPK atas Kinerja Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Pemantauan Tindaklanjut Rekomendasi BPK dengan Counterpart dari entitas adalah satuan pengawas intern, pelatihan bagi APIP dan melakukan Forum knowledge and experience sharing dengan internal auditor.

 

Di akhir sambutannya, Wakil Ketua BPK mengajak untuk bersama-sama berkomitmen dalam bekerja sama, meningkatkan komunikasi lebih dalam sehingga sinergi bisa terwujud, membangun pemahaman bersama (common understanding) mengenai tujuan, lingkup, teknik dan metodologi audit.

 

“Saya yakin bahwa dengan Komitmen, Komunikasi, Pemahaman bersama dan Keyakinan, kita dapat mewujudkan sinergi dan kerja sama yang kita inginkan,” ungkap Wakil Ketua BPK. 

 

Sehingga untuk selanjutnya, dapat melangkah ke bentuk sinergi lainnya seperti koordinasi perencanaan audit tahunan untuk memitigasi risiko duplikasi audit dan memaksimalkan lingkup audit berdasarkan risiko yang terindentifikasi.

 

"Diharapkan sinergi antara BPK dengan para pemangku kepentingan seperti dalam komunitas internal audit pada hari ini bisa terus berlanjut dan dapat menghasilkan pemikiran, serta langkah strategis dan konkrit untuk memperkuat kapasitas dan kapabilitas dalam mencapai tujuan bersama," pungkas Guru Besar IPDN ini. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Kejar Target Penyelesaian Pembangunan Konstruksi

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang 99,35 Km akan menghubungkan 2 kota besar di Kalimantan yaitu Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Jalan tol yang ditargetkan untuk bisa diselesaikan pada penghujung tahun 2018, sehingga dapat beroperasi penuh pada awal tahun 2019 ini, menunjukkan progres positif, hingga awal Agustus 2018, progres Seksi 2, Seksi 3 dan Seksi 4 adalah 63,31% sementara progres konstruksi Seksi 1 sampai dengan Seksi 5 adalah 65,25%. Hingga awal bulan Agustus 2018, progres pembebasan lahan telah mencapai 95,47% dari total keseluruhan lahan. 

Read more...