yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Korea Tawarkan Perluasan Akses Pembiayaan UMKM Indonesia

NUSA DUA, JURNAL IBUKOTA: Korea Selatan melalui Industrial Bank of Korea menawarkan perluasan akses pembiayaan bagi UMKM di Indonesia dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Mitigasi Bencana : Kepatuhan Pembangunan Sesuai Zonasi Tata Ruang Perlu Ditegakkan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan pentingnya masyarakat untuk bisa hidup harmonis dengan bencana. Terlebih Indonesia merupakan negara yang berada di cincin api sehingga rawan gempa bumi dan tsunami. 

Read more...

BPK Adakan Auditor's Talk Ramadhan Bahas Penguatan Pengawasan Keuangan Negara

Bertempat di Auditorium kantor Pusat BPK, Jakarta, Inspektorat Utama (Itama) dan Badan Diklat BPK bersama Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern (FKSPI) mengadakan Auditor’s Talk Ramadhan dengan tema “Sinergi Internal Auditor dan Eksternal Auditor dalam rangka Penguatan Kapabilitas Pengawasan Keuangan Negara”, yang dibuka oleh Prof. Dr. Bahrullah Akbar selaku Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) .JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Bertempat di Auditorium kantor Pusat BPK, Jakarta, Inspektorat Utama (Itama) dan Badan Diklat BPK bersama Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern (FKSPI) mengadakan Auditor’s Talk Ramadhan dengan tema “Sinergi Internal Auditor dan Eksternal Auditor dalam rangka Penguatan Kapabilitas Pengawasan Keuangan Negara”, yang dibuka oleh Prof. Dr. Bahrullah Akbar selaku Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) .

 

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota II BPK, Agus Joko Pramono, Anggota VII BPK, Eddy Mulyadi Soepardi, Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, Inspektur Utama, Ida Sundari, Ketua FKSPI, Saiful Huda, Chairman dan Chief Executive Partner RSM Indonesia, Amir Abadi Jusuf dan para Pejabat dilingkungan BPK serta para tamu undangan, Kamis (7/6).

 

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergi untuk merajut kebersamaan di antara internal auditor dan eksternal auditor yang memiliki peran dan tanggungjawab yang penting dalam menegakkan good govermance, risk management dan internal control pada sektor publik dan privat untuk mencapai tujuan bersama dalam bernegara.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut, BPK melalui Visi BPK dalam Rencana Strategis (Renstra) 2016 – 2020 menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan bernegara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

 

BPK sebagai eksternal auditor telah berupaya aktif melakukan sinergi dengan internal auditor, dalam bentuk kerja sama dengan internal auditor antara lain Pemeriksaan BPK atas Kinerja Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Pemantauan Tindaklanjut Rekomendasi BPK dengan Counterpart dari entitas adalah satuan pengawas intern, pelatihan bagi APIP dan melakukan Forum knowledge and experience sharing dengan internal auditor.

 

Di akhir sambutannya, Wakil Ketua BPK mengajak untuk bersama-sama berkomitmen dalam bekerja sama, meningkatkan komunikasi lebih dalam sehingga sinergi bisa terwujud, membangun pemahaman bersama (common understanding) mengenai tujuan, lingkup, teknik dan metodologi audit.

 

“Saya yakin bahwa dengan Komitmen, Komunikasi, Pemahaman bersama dan Keyakinan, kita dapat mewujudkan sinergi dan kerja sama yang kita inginkan,” ungkap Wakil Ketua BPK. 

 

Sehingga untuk selanjutnya, dapat melangkah ke bentuk sinergi lainnya seperti koordinasi perencanaan audit tahunan untuk memitigasi risiko duplikasi audit dan memaksimalkan lingkup audit berdasarkan risiko yang terindentifikasi.

 

"Diharapkan sinergi antara BPK dengan para pemangku kepentingan seperti dalam komunitas internal audit pada hari ini bisa terus berlanjut dan dapat menghasilkan pemikiran, serta langkah strategis dan konkrit untuk memperkuat kapasitas dan kapabilitas dalam mencapai tujuan bersama," pungkas Guru Besar IPDN ini. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA : PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) terus berupaya memberikan pelayanan optimal bagi penguna Jalan. Hal tersebut diwujudkan dengan dilakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Sambut Kepulangan Tim Relawan, Jasa Marga Siap Salurkan Bantuan Tahap ke-2 untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu

Manajemen PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyambut kepulangan Tim Relawan Jasa Marga Peduli di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Kamis (11/10). Tim Relawan Jasa Marga Peduli tersebut baru saja menjalani tugas kemanusiaan di Palu, Sulawesi Tengah.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Manajemen PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyambut kepulangan Tim Relawan Jasa Marga Peduli di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Kamis (11/10). Tim Relawan Jasa Marga Peduli tersebut baru saja menjalani tugas kemanusiaan di Palu, Sulawesi Tengah.

Read more...