yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Hari Koperasi Nasional Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 2 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Arie Tepis Isu Integrasi JORR untuk Naikkan Pendapatan BUJT

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto menepis isu bahwa integrasi tarif tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) untuk menaikkan pendapatan para badan usaha jalan tol (BUJT). 

Read more...

Soal Pernyataan Rocky Gerung yang Timbulkan Kontroversi, Ini Pendapat Setara Institute

Ketua SETARA Institute Hendardi menganggap bahwa pelaporan Prof Rocky Gerung ke Polda Metro Jaya bisa memasung kebebasan dan Hak Asasi Manusia (HAM). JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Ketua SETARA Institute Hendardi menganggap bahwa pelaporan Prof Rocky Gerung ke Polda Metro Jaya bisa memasung kebebasan dan Hak Asasi Manusia (HAM). 

 

 

"Kasus Rocky dan juga Ade Armando adalah contoh nyata terbaru bagaimana kebebasan berpendapat dipasung dan bisa dikriminalisasi," kata Hendardi dalam keterangannya kepada media ini, Kamis (12/4/2018). 

 

Hendardi menjelaskan, apa yang dikatakan Rocky tentang diksi fiksi adalah bagian dari pengetahuan ilmiah yang bisa diuji secara Iogis dalam ilmu logika. 

 

Hendardi melanjutkan, sebagai pengetahuan maka Rocky bebas menyampaikannya dan bahkan justru membenkan pencerahan banyak orang yang selama ini melekatkan keburukan dan sifat negatif pada diksi yang netral itu.

 

 

‎Sebagai pengetahuan pula, kata Hendardi, maka seyogyanya pandangan Rocky cukup dijawab dengan pandangan yang membantahnya bukan dengan pelaporan pidana. 

 

"Apalagi pernyataan itu disampaikan dalam forum diskusi dan tegas sekali tidak ada pretensi dan niat jahat merendahkan agama, kelompok dan lainnya," ungkapnya. 

 

Selain itu, Hendardi menjelaskan bahwa pelaporan terhadap Guru Besar UI itu menunjukkan tidak adanya kejelasan delik-delik yang bisa menjerat seseorang yang diduga melakukan penistaan agama. 

 

"Pelaporan itu mempertegas bahwa delik penyebaran kebencian atas dasar SARA dalam Pasa128 ayat (2) UU IT E dan juga delik penodaan agama dalam Pasal 156a KUHP adalah pasal karet yang tidak memiliki batasan presisi pada jenis-jenis tindakan seperti apa delik itu bisa diterapkan itu tidak jelas," jelas Hendardi

 

Menurut dia, dengan rumusan yang sumir delik- delik semacam itu maka siapapun bisa dijerat. Karena itu, dia meminta kepolisian semestinya tidak gegabah memproses laporan-laporan kasus seperti itu karena kebabasan sesungguhnya hak setiap warga negara yang bisa dinikmati dan bukan dipasung. 

 

"Pembatasan kebebasan berpendapat akan mematikan nalar kritis warga yang justru dibutuhkan untuk memperkuat dan mendewasakan kita berdemokrasi," ungkapnya. 

 

Dengan demikian, agar tidak menjadi keranjang sampah laporan-laporan kasus serupa, apalagi banyak didasari oleh motif-motif politik, maka Polri harus memiliki pedoman kerja yang rigid dan akuntabel dalam setiap menangani laporan warga. 

 

"Karena Polri itu bukan alat konstestasi politik, maka kecermatan menangkap motif pelaporan adalah bagian kunci yang harus menjadi pertimbangan Polri dalam bertindak. Jika tidak peka dan presisi dalam bertindak, trial by the mob akan menjadi pola penegakan hukum di negara ini," pungkasnya. 

 

Diketahui, Rocky Gerung dilaporkan Abu Janda alias Permadi Arya ke Polda Metro Jaya soal pernyataannya di salah satu acara stasiun TV swasta terkait ucapan 'kitab suci itu fiksi'.  (Beby) 

 

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Kuningan seluas 221 hektar yang membendung Sungai Cikaro tersebut akan memiliki volume tampung total sebesar 25,9 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan multifungsi ini akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Jasa Marga Layani 461 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Hingga H+4 Lebaran

Customer & Employee Relations Asst. Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Panji Satriya mengatakan sampai dengan H+4 (20/06) perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, volume kendaraan yang melintasi Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta masih tinggi. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Customer & Employee Relations Asst. Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Panji Satriya mengatakan sampai dengan H+4 (20/06) perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, volume kendaraan yang melintasi Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta masih tinggi. 

Read more...