yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Mengembalikan Peran Koperasi Perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, penyelengaraan pelelangan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang sebelumnya dilakukan oleh koperasi diambil alih oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Dari 144 koperasi perikanan penyelenggara pelelangan ikan di pulau Jawa, tinggal 48 koperasi perikanan sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI, sisanya 96 koperasi perikanan sudah tidak sebagai penyelenggara pelelangan ikan di TPI dan ini berdampak pada penurunan kinerja koperasi perikanan, yang kurang maksimal dalam memberikan pelayanan kepada nelayan anggotanya.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

15 Venue Olahraga di Kompleks GBK Sudah Rampung

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Wakil Presiden Jusuf Kalla selaku Ketua Pengarah Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 atau disebut Panitia Nasional Inasgoc (Indonesia Asian Games Organizing Committee) memimpin rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Asian Games XVIII di Wisma Serbaguna, Gedung INASGOC, Senayan Jakarta, Senin (19/2/2018). 

Read more...

Unika Atma Jaya Adakan FGD Percepatan Realignment Flight Information Region FIR Singapura ke FIR Jakarta

Guru Besar Fakultas Hukum Unika Atma Jaya Prof IB Rahmadi  Supancana mengatakan FGD Realisasi dan Persiapan Implementasi Percepatan Realignment Flight Information Region (FIR) adalah menyamakan persepsi dan meningkatkan koordinasi dalam rangka percepatan realignment FIR Wilayah A,B,C. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Guru Besar Fakultas Hukum Unika Atma Jaya Prof IB Rahmadi  Supancana mengatakan FGD Realisasi dan Persiapan Implementasi Percepatan Realignment Flight Information Region (FIR) adalah menyamakan persepsi dan meningkatkan koordinasi dalam rangka percepatan realignment FIR Wilayah A,B,C. 

 

 

“Sebagaimana diketahui pada tanggal 8 September 2015 Presiden Jokowi menginstruksikan percepatan realignment FIR wilayah A,B, C pada tahun 2019, lebih cepat 5 tahun dari batas akhir yang diamanatkan oleh UU no 1 tahun 2009 tentang Penerbangan,” kata Guru Besar Fakultas Hukum Unika Atma Jaya Prof IB Rahmadi  Supancana seusai Focus Discussion Group (FGD) tentang FIR di Kampus Unika Atma Jaya, Jakarta, Rabu (31/01/2018).

 

Tampil sebagai pembicara lainnya dalam FGD tersebut Marsda TNI (Purn) Subandi Parto, SH, MH, Marsma TNI (Purn) Juwono Kolbioen, dan Novi Riyanto (Air Nav). Sebagai penanggap adalah Marsda TNI (Purn) Kusnadi Kardi dan Ridha Aditya Nugraha , SH, LLM dari Universitas Prasetiya Mulya.

 

Menurut Prof Supancana, Instruksi Presiden tersebut diperkuat dengan Pernyataan Panglima TNI Hadi Tjahjanto pada saat Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan pada tanggal 11 Januari 2018 dan juga Pernyataan KSAU baru pada saat pelantikan beliau. 

 

“FGD ini tidak lagi memperdebatkan perbedaan penafsiran tentang apakah pengelolaan FIR merupakan murni masalah teknis-operasional atau terkait dengan masalah kedaulatan, namun dititikberatkan pada evaluasi secara menyeluruh terhadap kemajuan yang dicapai dalam rangka kesiapan percepatan realignment oleh masing-masing Kementerian/Lembaga terkait agar dicapai suatu kesepakatan tentang integrated road map dalam mencapai target realignment pada tahun 2019. 

 

Semua stakeholders utama hadir dalam FGD ini, baik dari kalangan Kementerian (Kemlu, Kemhub, Kemhan), Lembaga (TNI AU, Air Nav), LSM dan Research Institutions (Air Power Center Indonesia, Indonesia Aviation and Aerospace Watch, Masyarakat Hukum Udara), Purnawirawan TNI, Akademisi (Atma Jaya Studies on Aviation, Outer Space and Cyber Law; Universitas Prasetya Mulya), kalangan Pers, dll. 

 

Menurut dia, FGD ini juga dimaksudkan untuk belajar dari kegagalan selama ini melakukan realignment karena beberapa faktor, seperti: standar keselamatan penerbangan (keterlambatan meningkatkan standar keselamatan penerbangan), keanggotaan di ICAO Council (kegagalan untuk ke empat kalinya untuk menjadi anggota ICAO Council), ketidaksamaan persepsi, lemahnya koordinasi dan kesiapan infrastruktur.

 

“Ke depan perlu dilakukan langkah-langkah, seperti: penguatan kemauan politik, penyamaan persepsi, pendekatan yang lebih komprehensif, penguatan aspek hukum dan regulasi, meningkatkan koordinasi, penguatan diplomasi, penyiapan infrastruktur yang memadai, serta kejelasan integrated roadmap dan time-line-nya,” ujarnya.  

 

Menurut dia, melalui pendekatan baru tersebut diharapkan sasaran untuk melakukan realignment pada tahun 2019 dapat dicapai atau setidak-tidaknya lebih cepat dari target tahun 2024. (Agus)

 

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Presiden Jokowi Tinjau Program Kotaku di Ambon

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018). Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff.

PRESIDEN Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu pagi (14/2/2018). Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Maluku Said Assagaff. 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...