yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Menkop dan UKM: Pariwisata Akar Pengembangan KUMKM

GARUT, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menegaskan, bila suatu daerah intens mengembangkan potensi pariwisata yang dimilikinya, maka otomatis produk hasil koperasi dan UMKM akan turut maju dan berkembang. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Sambut Revolusi Industri 4.0, Kementerian PUPR Susun Big Data Industri Jasa Konstruksi

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memanfaatkan revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan pesat teknologi internet untuk menyusun sistem informasi jasa konstruksi yang terintegrasi yang akan menjadi _big data_ rantai pasok industri jasa konstruksi. 

Read more...

Gelar Bimtek, Kemenkop dan UKM Latih UMKM Susun Laporan Keuangan dan Rencana Usaha

Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi calon fasilitator dan asesor kompetensi teknis pendamping UMKM dan dilanjutkan dengan uji dan sertifikasi kompetensi teknis di Sentul, Bogor, Rabu (14/3/2018). Kegiatan ini melibatkan 20 peserta dengan latar belakang pendamping UMKM, tim perumus SKKNI, akademisi dan praktisi.BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi calon fasilitator dan asesor kompetensi teknis pendamping UMKM dan dilanjutkan dengan uji dan sertifikasi kompetensi teknis di Sentul, Bogor, Rabu (14/3/2018). Kegiatan ini melibatkan 20 peserta dengan latar belakang pendamping UMKM, tim perumus SKKNI, akademisi dan praktisi.

 

 

Asdep Pendampingan Usaha, Eviyanti Nasution mengatakan diselenggarakannya diklat dan uji sertifikasi kompetensi teknis pendamping UMKM bagi fasilitator dan asesor ini dimaksudkan untuk lebih memastikan bahwa pelatihan dan uji sertifikasi sesuai dengan standar yang ditetapkan yaitu Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang pendamping UMKM dan KKNI bidang UMKM.

 

Selain itu, kegiatan pendidikan/pelatihan dan sertifikasi kompetensi dimaksud untuk memenuhi target penyediaan fasilisator dan asesor kompetensi pendamping UMKM yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi pada makin meningkatnya kualitas pendamping UMKM yang dipercaya oleh masyarakat UMKM dan pihak-pihak terkait. 

 

“Harapan tersebut kiranya akan dapat tercapai apabila semua pihak yang terlibat mempunyai kesadaran berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia yang tercermin dari kompetensi kerja dan profesionalisme tenaga kerja dalam rangka peningkatan produktivitas dan daya saing nasional,” kata Eviyanti.

 

Eviyanti menjelaskan materi yang disampaikan dalam Bimtek ini sangat beragam, mulai dari melakukan identifikasi masalah dan kebutuhan pendampingan UMKM, membuat rencana pendampingan, melakukan pelatihan tatap muka, dan pendampingan penerapan manajemen dasar pengelolaan UMK.

 

Tidak hanya itu, peserta juga dilatih membuat laporan penilaian hasil pemdapingan UMKM, melakukan pendampingan penyusunan laporan keuangan UMKM, maupun melakukan pendampingan penyusunan rencana usaha (business planning) UMKM dan melakukan pemdampingan akses pembiayaan usaha UMKM.

 

Sedangkan sasaran dari kegiatan diklat dan sertifikasi kompetensi teknis Pendamping UMKM, yakni calon asesor dan calon fasilitator pelaksanaan diklat dan uji kompetensi bagi pejabat konsultan pendamping UMKM yang akan diselenggarakan di kemudian hari baik yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, maupun oleh pihak lain.

 

“Bimtek calon asesor kompetensi pendamping UMKM diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap kerjanya di bidang Pendampingan UMKM melalui penerapan standar kompetensi kerja nasional, sekaligus setelah mengikuti pendidikan/pelatihan dan uji kompetensi, diharapkan adanya pengakuan sebagai asesor kompeten yang diakui oleh publik dan sebagai referensi menjadi asesor kompetensi,” ujar Eviyanti.

 

Pelaksanaan Bimtek Modul ini akan dilakukan selama tiga hari dimulai pada tanggal 14-16 Maret 2018, yang merupakan kerjasama antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Lembaga Diklat Profesi (LDP) YAPEPI, dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Perkoprasian Indonesia (PI).

 

Tujuan diadakannya diklat dan sertifikasi kompetensi teknis bagi asesor kompetensi pendamping UMKM, antara lain untuk meningkatkan kualitas calon asesor melalui transformasi pengetahuan dan keterampilan yang didukung sikap kerja, meningkatkan kinerja calon asesor berdasarkan SKKNI bidang pendamping UMKM, serta mengantarkan para calon asesor untuk mendapatkan sertifikat kompetensi teknis. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Menteri Basuki dan Sri Mulyani Resmikan Jembatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan Jembatan Leta Oar Ralan yang menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Kamis, (10/1/19). Peresmian dilakukan di atas jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menkeu Sri Mulyani.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Pasca Divestasi Saham KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan LingkunganJAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Sinergi BUMN Wujudkan Kenyamanan Pengguna Jalan Tol, Siap Fasilitasi 8 SPBU di Tol Trans Jawa

Guna menambah kenyamanan pengguna jalan tol, sinergi BUMN PT Jasa Marga Tbk., dengan kelompok usahanya PT Jasamarga Properti (JMP) dan Pertamina siap memfasilitasi 8 (delapan) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di koridor Tol Trans Jawa. Keberadaan SPBU akan makin berarti saat memasuki arus mudik dan balik Idul Fitri nanti.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Guna menambah kenyamanan pengguna jalan tol, sinergi BUMN PT Jasa Marga Tbk., dengan kelompok usahanya PT Jasamarga Properti (JMP) dan Pertamina siap memfasilitasi 8 (delapan) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di koridor Tol Trans Jawa. Keberadaan SPBU akan makin berarti saat memasuki arus mudik dan balik Idul Fitri nanti.

Read more...