yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kembangkan Usaha, Pelaku WP Antusias Sambut Program Bantuan Modal dari Kemenkop dan UKM

PALOPO, JURNAL IBUKOTA: Sejumlah pelaku Wirausaha Pemula (WP) di Sulawesi Selatan antusias menyambut program Kementerian Koperasi dan UKM dalam hal pemberian bantuan dana WP. Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah melalui program Nawa Cita guna meningkatkan daya saing di pasar internasional dan untuk mewujudkan kemandirian perekonomian bangsa.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden Instruksikan Menteri PUPR Segera Perbaiki RSUD dan Pasar Tanjung

LOMBOK UTARA, JURNAL IBUKOTA: Presiden Joko Widodo pagi ini, Selasa 14 Agustus 2018, meninjau RSUD Tanjung yang berada di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Read more...

Kemenkop dan UKM Berharap Ada Gudang Baru untuk Menampung Hasil Panen Petani Batola

BANJARMASIN, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM  berharap Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) pada Kementerian Perdagangan dapat segera menambah gudang baru bagi UKM petani penghasil komoditas padi dan dan jeruk, di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalsel. Hal itu sekaligus untuk menjawab keluhan para petani setempat. 
 
Pernyataan itu dikemukakan Asisten Deputi Pengembangan Investasi Usaha, pada Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kemenkop dan UKM, Sri Istiati dalam acara temu bisnis peningkatan kerjasama investasi usaha KUMKM dan sosialisasi pemanfaatan sistem resi gudang (SRG) bagi KUMKM di Banjarmasin, Kalsel, Rabu (7/3/2018).
 
“Dikeluhkan oleh para petani anggota koperasi bahwa jika masa panen raya gudang tidak dapat mampu lagi menampung hasil panen sehingga diharapkan Bappebti dapat segera menambah bangunan gudang baru lagi sesuai harapan para petani, dan sudah direspon untuk segera dibangun lagi,” kata Sri.
 
Melalui kegiatan ini Kemenkop dan UMM mendorong peningkatan kerjasama investasi usaha dan peningkatan pemanfaatan program SRG khususnya bagi KUMKM yang berada di Batola. Kabupaten ini merupakan penghasil beras dan buah jeruk terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan, karena hampir seluruh masyarakatnya adalah petani. 
 
Acara temu bisnis peningkatan kerjasama investasi usaha KUMKM dan sosialisasi pemanfaatan sistem resi gudang (SRG) bagi KUMKM menggandeng PT Tanihub Indonesia dan  Bank Kalsel untuk meningkatkan kerjasama investasi usaha bagi koperasi dan UKM petani jeruk. 
 
PT Tanihub Indonesia yang kehadirannya untuk membantu petani di seluruh Indonesia, dengan divisi Tanifund-nya akan bekerjasama dengan kelompok-kelompok petani melalui pendanaan sampai dengan Rp 2 miliar. Sarana produksi petani, dan pendampingan usaha pertanian dari hulu-hilir akan disediakan, serta membantu memasarkan hasil panen petani melalui jejaring PT Tanihub Indonesia. 
 
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Daerah Batola, Muhammad Anthony, mengatakan melalui kerjasama ini petani akan lebih fokus pada proses produksi, sehingga produk hasil pertanian akan lebih menjamin kuantitas dan kualitasnya. Bank Kalsel akan mensupport dari sisi keuangan melalui skim Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah sebesar 7 persen efektif atau bunga menurun dan jika di rata – rata mencapai 35 persen. 
 
“Kerjasama kolektivitas dengan PT Tanihub Indonesia bagi kalangan petani sejalan dengan program KUR yang mulai tahun 2018 ini lebih diprioritaskan kepada bidang pertanian,” ujar Anthony.
 
Diakuinya selama ini sektor pertanian paling rendah dalam memperoleh kredit karena salah satunya, bank menilai risiko sektor pertanian masih terlalu tinggi. Harga pangan yang cenderung fluktuatif dan ketidakpastian panen akibat cuaca membuat sebagian petani kerap kesulitan membayar pinjaman tepat waktu. 
 
“Namun harapan sinergitas bentuk Kalimantan Selatan dengan PT Tanihub menjadi harapan bagi petani karena ada jaminan proses melalui hulu-hilir oleh PT Tanihub,” jelasnya.
 
Sedangkan dalam optimalisasi Implementasi pengelola SRG di Batola yang dikelola oleh Koperasi. Koperasi Tuntung Pandang mulai tahun 2010, hingga saat ini telah menerbitkan 125 resi yang diagunkan ke perbankan senilai total Rp 4,4 miliar melalui Bank Kalsel yang Komitmen mendukung usaha KUMKM di Batola. 
 
“Dan pada tahun 2013 Koperasi Tuntung Pandang ini memperoleh SRG Award dari Menteri Perdagangan dan menjadi percontohan bagi koperasi calon-calon pengela SRG,” tuturnya. (Agus)
 
 
primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

Kris Ade: Volume Lalu Lintas pada Periode Mudik 2018 Naik 5,6% di Ruas Tol Tangerang - Merak

CIUJUNG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Kris Ade Sudiyono mengatakan peningkatan volume lalu lintas pada periode mudik Tahun 2018 diperkirakan 5,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Kejar Target Penyelesaian Pembangunan Konstruksi

BALIKPAPAN, JURNAL IBUKOTA: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang 99,35 Km akan menghubungkan 2 kota besar di Kalimantan yaitu Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Jalan tol yang ditargetkan untuk bisa diselesaikan pada penghujung tahun 2018, sehingga dapat beroperasi penuh pada awal tahun 2019 ini, menunjukkan progres positif, hingga awal Agustus 2018, progres Seksi 2, Seksi 3 dan Seksi 4 adalah 63,31% sementara progres konstruksi Seksi 1 sampai dengan Seksi 5 adalah 65,25%. Hingga awal bulan Agustus 2018, progres pembebasan lahan telah mencapai 95,47% dari total keseluruhan lahan. 

Read more...