yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Rano Karno Ajak Pelaku UMKM Meraih Kesuksesan Berbisnis

PANGKAL PINANG, JURNAL IBUKOTA: Rano Karno, selaku Duta Koperasi dalam opening speech-nya, mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk menggapai kesuksesan dengan terus konsisten dalam menjalankan usaha. Hal ini disampaikan Rano dalam acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)  dan Tim Penggerak PKK, di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (15/11/2018).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Presiden: Monumen Kapsul Waktu Miliki Semangat Para Avengers

MERAUKE, JURNAL IBUKOTA: Pagi ini, Jumat 16 November 2018, Presiden Joko Widodo meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Provinsi Papua. Tujuh mimpi anak-anak bangsa diletakan secara permanen di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia di Merauke, di ujung timur Indonesia.

Read more...

Kemenko PMK: Soal Pembangunan Desa, Pemuda Bisa Jadi Penggeraknya

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Nyoman Shuida mengatakan, saat ini masyarakat khususnya anak-anak muda dituntut untuk terus menggali potensi diri dan mampu berdaya saing tinggi agar masa depan bangsa bisa lebih baik.

 

"Pemuda Indonesia yang mandiri dan berdaya saing akan mampu berpartisipasi mendorong percepatan pembangunan yang dicita-citakan," ucap Nyoman Shuida di Kantor Kemenko PMK.

Nyoman mengatakan bahwa setiap tahun masyarakat menghadapi berbagai macam tantangan baru, dan tantangan tersebut bisa menjadi kesempatan namun juga bisa sebaliknya. Terkait pembangunan, pemerintah telah mengalokasikan dana desa sebesar Rp 60 triliun yang diwujudkan dalam program padat karya. 

“Saat ini pemerintah tengah gencar melakukan percepatan pembangunan di desa melalui dana desa. Banyak peluang dan kesempatan bagi para pemuda untuk menjadi pelopor di desa masing-masing,” kata Nyoman.

Nyoman menilai bahwa adanya dana desa menjadi peluang besar bagi setiap elemen desa termasuk para pemuda untuk lebih menyejahterakan diri melalui rangkaian program pembangunan. Terlebih saat ini pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melaksanakan Program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD).

“Program pemuda mandiri membangun desa akan bisa menjadi penggerak dan pelopor bagi berjalannya roda kehidupan masyarakat di lingkungannya, baik dari segi giat olahraga, sosial, maupun kebudayaan," terang Nyoman.

Sebagai pengawal dana desa, Nyoman menerangkan bahwa program tersebut selaras dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. Karena itu ia berharap bisa mewujudkan Indonesia yang mandiri dan berdaya saing serta mampu berpartisipasi mendorong percepatan pembangunan di perdesaan.

Selain itu, Nyoman menegaskan, program PMMD ini mempunyai misi yang besar yakni membangun kemandirian pemuda dengan adanya hasil karya, produksi yang dapat menunjukkan kemampuan desa memenuhi kebutuhan-kebutuhannya, menjadi desa yang kuat dan maju. “Sangat rugi sekali jika PMMD tidak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, khususnya pemuda,” jelasnya.  

Terakhir, Nyoman berharap agar pemuda-pemudi yang dapat memberikan kontribusi nyata terhadap desa. “Saya mengharapkan pemuda/pemudi dari daerah bisa terfasilitasi untuk menjalankan program yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Karena jika sudah seperti itu, Revolusi mental akan terwujud,” ujar Nyoman. (***)

 

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Dukung Program Pemerintah Penertiban Akses Serang Timur

SERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejalan dengan program pemerintah, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pembenahan terhadap akses Gerbang Tol Serang Timur. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Dalam Sepekan, Jasa Marga Raih Empat Penghargaan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali mengukir prestasi membanggakan. Dalam sepekan, Jasa Marga memperoleh empat penghargaan, baik dalam lingkup internasional maupun lokal. JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali mengukir prestasi membanggakan. Dalam sepekan, Jasa Marga memperoleh empat penghargaan, baik dalam lingkup internasional maupun lokal. 

Read more...