yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) Perluas Akses Kredit bagi Masyarakat

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Jika Konstruksi SPAM Semarang Barat Rampung , 420 Ribu Warga Akan Nikmati Layanan Air Bersih Perpipaan

SEMARANG, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani  meresmikan dimulainya konstruksi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat yang dibangun dengan biaya investasi Rp 1,15 Triliun dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). 

Read more...

Kemenko PMK Bahas Program Kerja Sama Kemenko PMK dengan FES

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama, Kemenko PMK, Yohan, hari ini memimpin rapat koordinasi teknis (rakornis) pembahasan usulan program kerjasama Kemenko PMK dan FES, di Merlynn Park Hotel, Jl. KH. Hasyim Azhari No. 29-31, Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

 

Friedrich Ebert Stiftung (FES) merupakan yayasan nonprofit yang terbesar di Jerman dan memiliki visi untuk membantu negara berkembang dari segi sosial dan ekonomi. Kerjasama antara Kemenko PMK dan FES sudah terjalin sejak tahun 2012 hingga saat ini.

Tujuan diselenggarakannya rakornis ini adalah untuk memperoleh masukan tentang MoU Kemenko PMK dan FES, Penentuan wilayah dan bidang kerjasama, serta pembahasan usulan program untuk Tahun 2018. Menurut Yohan, dalam hal ini Kemenko PMK sudah mengevaluasi dan sedang dalam tahap pengkajian untuk menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan. “Saat ini sudah di evaluasi dan sedang di kaji apakah kerjasama akan dilanjut atau tidak”, tutur Yohan.

Dari hasil evaluasi, pada tahun 2015 tercatat terdapat 14 kegiatan terlaksana (78%); tunda dua kegiatan (11%); dan yang ditiadakan sebanyak 2 kegiatan (11%). Tahun 2016 tercatat 22 kegiatan terlaksana (54%); tunda 5 kegiatan (12%); dan yang ditiadakan sebanyak 14 kegiatan (34%). Sedangkan pada Tahun 2017 tercatat terdapat 26 kegiatan terlaksana (66%); tunda 12 kegiatan (30%); dan yang ditiadakan sebanyak 2 kegiatan (4%).

Dari hasil evaluasi dapat dikatakan bahwa sebagian besar program kerjasama Kemenko PMK dengan FES sudah terlaksana sesuai rencana, baik waktu dan lokasi pelaksanaan. Program ini juga memberikan manfaat yang cukup signifikan baik secara langsung maupun tidak. Terdapat pula rekomendasi apabila kerjasama dilanjutkan tidak terdapat hal yang memberatkan Kemenko PMK.  

Setelah pembahasan hasil evaluasi, masing-masing pegawai unit kerja Eselon ll Kemenko PMK, Kepala Bidang, dan Pegawai Kemenko PMK lainnya memberikan usulan program kerjasama antara Kemenko PMK dan FES sesuai dengan unit kerjanya. Dalam hal ini FES mengatakan akan mengusulkan kegiatan yang tidak jauh berbeda dari MoU sebelumnya. (***)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Sragen-Ngawi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi, pada Rabu, (28/11). Dengan diresmikannya Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 Km ini, maka Jalan Tol Solo-Ngawi dengan total panjang 90,43 Km sudah resmi beroperasi seutuhnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi, pada Rabu, (28/11). Dengan diresmikannya Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 Km ini, maka Jalan Tol Solo-Ngawi dengan total panjang 90,43 Km sudah resmi beroperasi seutuhnya.

 

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera


Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Dukung Program Pemerintah Penertiban Akses Serang Timur

SERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejalan dengan program pemerintah, ASTRA Tol Tangerang-Merak terus melakukan pembenahan terhadap akses Gerbang Tol Serang Timur. 

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Komitmen Wujudkan Prinsip GCG, Jasa Marga Raih 2 Penghargaan IICD

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sukses meraih dua penghargaan dalam ajang _10th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) Corporate Governance Conference and Award_ di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (10/12). JAKARTA,  JURNAL IBUKOTA: PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sukses meraih dua penghargaan dalam ajang _10th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) Corporate Governance Conference and Award_ di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (10/12). 

Read more...