yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Minta Pemerintah Lebih Bijaksana Buat Peraturan Pajak bagi KUMKM

SUKABUMI, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM meminta pemerintah lebih bijaksana dalam membuat peraturan perpajakan bagi pelaku Koperasi dan UMKM. Sebab peraturan yang ada, yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 dinilai belum sepenuhnya mencerminkan rasa keadilan bagi KUMKM di Tanah Air.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Elek Yo Band : Kompak Bekerja Kompak Berkesenian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Sebagai pembantu Presiden Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri selalu kompak dalam bekerja terutama menyangkut kebijakan lintas Kementerian/Lembaga.

Read more...

Kemenko PMK : Lokus Desa Padat Karya Selesai Ditetapkan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Setelah melakukan rakor secara maraton, Pemerintah akhirnya bisa menetapkan 1.000 desa di 100 kabupaten/kota prioritas penerima dana untuk program padat karya tunai (cash).

 

Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK, I Nyoman Shuida, mengaku dengan penetapan itu, dirinya optimis program padat karya tunai bisa dijalankan tepat rencana yakni awal tahun 2018.

Nyoman menuturkan, panjangnya pembahasan penetapan lokus desa penerima program padat karya tunai, sebagai akibat alotnya menetapkan kriteria desa calon penerima program. Di antaranya berdasarkan desa dengan tingkat stunting tinggi, desa dengan angka kemiskinan tinggi atau desa yang mebjadi kantong TKI.

“Sebenarnya penetapan lokasi padat karya tidak sulit. Hanya penentuan kriterianya yang memerlukan persetujuan kementerian lain. Contoh lokasi padat karya diarahkan pada desa dengan kasus stunting yang tinggi, desa dengan tingkat kemiskinan tinggi, angka pengangguran tinggi atau kantong-kantong pengirim TKI dan sebagainya. Ini yang memerlukan waktu pembahasannya,” tutur Nyoman, Kamis (7/12), di Jakarta.

Nyoman mengungkapkan penetapan

lokasi padat karya sudah selesai yakni di 100 kabupaten dan 1.000 desa yang telah disusun bersama oleh Bappenas, TNP2K dan Kemenko PMK.

Ke-100 kabupaten/kota prioritas itu twrsebar di seluruh Tanah Air. Di Jawa-Bali ada 39 kabupaten/kota prioritas, Sumatra 17 kabupaten/kota, Kalimantan 5 kabupaten, Sulawesi 9 kabupaten/kota, Maluku-Papua 11 kabupaten/kota, dan Nusa Tenggara 39 kabupaten/kota prioritas.

Sebelumnya, Nyoman minta penyampaian data program, kegiatan dan anggaran K/L di 100 kabupaten/kota atau 1.000 desa percontohan padat karya tunai sudah di perbaharui tanggal 6 Desember 2017, dan launching dijadwalkan pada tanggal 12 Desember 2017.

Dia berharap dalam minggu ini Kementerian maupun Lembaga dapat menyampaikan data serta informasi kegiatan yang beririsan dengan lokasi 100 Kab/Kota atau 1000 desa maupun kegiatan diluar 100 kab/Kota atau 1000 Desa juga dapat segera disampaikan. Harapannya, agar program padat karya ini bisa diwujudkan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan program ini dapat berjalan dengan ketentuan-ketentuan yang sudah berlaku.

Seperti diberitakan, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo memastikan dana desa 2018 meningkat dua kali lipat dari Rp 60 triliun menjadi Rp 120 triliun. “Desa akan turut mendapatkan tambahan dana dengan catatan program prioritas kementerian dilaksanakan,” kata Eko.

Adapun empat program itu antara lain penerapan Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), pembangunan embung, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan pembangunan sarana olahraga desa.

“Keempat program prioritas itu telah dirancang untuk membantu pertumbuhan perekonomian di perdesaan. Insyaallah dalam waktu yang tak sampai 2 tahun sudah tidak ada lagi desa tertinggal,” ujar Eko.(***)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...