yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pengrajin Tenun dan UKM di Malaka Diharapkan Bergabung ke Koperasi

MALAKA, JURNAL IBUKOTA: Anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja), Bintang Puspayoga mengharapkan para pengrajin tenun dan pelaku usaha mikro dan kecil lainnya di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat  bergabung menjadi anggota koperasi. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR dan Korean Water Tanda Tangani MoU Kerja Sama Manajemen Sumber Daya Air

SEOUL, JURNAL IBUKOTA: Kunjungan kerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ke Republik Korea selama tiga hari (16-18 September 2018) semakin mempererat kerja sama kedua negara khususnya di bidang infrastruktur. Kunjungan tersebut sekaligus merupakan tindak lanjut kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Korea pada tanggal 9-11 September 2018.

Read more...

Tahun 2018, Menko Puan Pastikan Penyaluran BPNT Lebih Tepat Sasaran

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan banyak hal yang masih perlu dievaluasi menjelang tahun 2018, khususnya terkait Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dulunya dikenal dengan Beras Sejahtera (Rastra). 

 

"Saat ini, kita pastikan ketentuan untuk penyaluran BPNT benar-benar tepat sasaran," ucap Puan saat usai melakukan Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/12) lalu.

Menurut Puan, BPNT ini kedepannya akan dilakukan melalui cara yang lebih ketat, yakni by name by addresssesuai dengan basis data terpadu. Untuk ituberkaitan dengan penyaluran BPNT pada tahun 2018, pemerintah akan mengecek kembali apakah kemudian penerimanya masih ada, sudah meninggal, atau bahkan tidak tepat sasaran. “Yang paling penting datanya Ini bisa teregistrasi," tuturnya.

Lebih lanjut, Puan menjelaskan bahwa orang yang namanya tercantum di data penerima BPNT itu akan dipastikan benar-benar ada dan tidak sampai doubel. Kemudian, tambah Puan, registrasinya juga terhubung ke Himbara atau Bank pemerintah yang sudah ditunjuk. "Karena memang tujuannya adalah bagaimana supaya tepat sasaran dan kita mulai melalui bank,” jelas Puan.

Puan menambahkan bahwa penerima BPNT pada 2017 baru mencakup 1,2 juta. Rencananya, ada penambahan di tahun 2018 yang akan dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, Puan menjelaskan bahwa data yang ada menurut laporan Menteri Sosial sudah 6 juta yang terdaftar by name by address. 

“Ini nanti harus kita link-an lagi Bulog, bagaimana kesiapan dari Menteri Pertanian, juga Kementerian Perdagangan, karena kalau kita kemudian nanti harus menyiapkan beras yang nantinya dibutuhkan untuk 15,5 juta keluarga penerima manfaat, ya tentu saja Bulog harus menyiapkan hal tersebut,” tegas Puan seraya menambahkan, harus ada gotong royong, sinergi dengan semua kementerian. (***)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA : PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) terus berupaya memberikan pelayanan optimal bagi penguna Jalan. Hal tersebut diwujudkan dengan dilakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Besok, Jasa Marga Uji Coba Contraflow di Ruas JORR Cikunir Arah Pondok Indah

Kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (PT JLJ) , akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas _contraflow_ di Tol JORR segmen Kalimalang - Cikunir (KM 47+750 s.d. KM 45+650) pada hari Rabu tanggal 19 September- 3 Oktober  2018 mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Uji coba akan dilakukan dalam kurun waktu dua minggu dan dilakukan pada hari kerja kecuali pada hari Sabtu dan Minggu.BEKASI,  JURNAL IBUKOTA: Kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (PT JLJ) , akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas _contraflow_ di Tol JORR segmen Kalimalang - Cikunir (KM 47+750 s.d. KM 45+650) pada hari Rabu tanggal 19 September- 3 Oktober  2018 mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Uji coba akan dilakukan dalam kurun waktu dua minggu dan dilakukan pada hari kerja kecuali pada hari Sabtu dan Minggu.

Read more...