yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pengrajin Tenun dan UKM di Malaka Diharapkan Bergabung ke Koperasi

MALAKA, JURNAL IBUKOTA: Anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja), Bintang Puspayoga mengharapkan para pengrajin tenun dan pelaku usaha mikro dan kecil lainnya di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat  bergabung menjadi anggota koperasi. 

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kementerian PUPR dan Korean Water Tanda Tangani MoU Kerja Sama Manajemen Sumber Daya Air

SEOUL, JURNAL IBUKOTA: Kunjungan kerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ke Republik Korea selama tiga hari (16-18 September 2018) semakin mempererat kerja sama kedua negara khususnya di bidang infrastruktur. Kunjungan tersebut sekaligus merupakan tindak lanjut kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Korea pada tanggal 9-11 September 2018.

Read more...

Kemenko PMK: Soal Restitusi Korban TPPO, Diperlukan Sosialisasi Lebih Masif

 

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Deputi bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Dr. Sujatmiko mengatakan mekanisme penetapan restitusi (ganti rugi) untuk korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) masih butuh pemahaman komprehensif antara penegah hukum. "Saat ini, pemahaman aparat penegak hukum terutama dalam proses pengadilan masih berbeda-beda," ucap Sujatmiko di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Menurut Sujatmiko, kurangnya pemahaman terkait restitusi ini dikarenakan kurangnya sosialisasi, yang mengakibatkan banyak masyarakat belum tahu terkait hal tersebut. Belum juga karena produk regulasi yang belum sinkron yang menjadikan korban TPPO tidak paham atas hak mereka dan kemana harus mengurusnya. "Memang karena ketidaktahuan korban akan haknya untuk mendapatkan restitusi, juga mengakibatkan mereka enggan melapor," kata Sujatmiko.

Restitusi, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2017 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dalam Pasal 1 angka 13 adalah pembayaran ganti kerugian yang dibebankan kepada pelaku berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atas kerugian materil dan/atau immaterial yang diderita korban atau ahli warisnya.

"Restitusi dalam hal ini lebih diarahkan pada tanggung jawab pelaku terhadap akibat yang ditimbulkan oleh kejahatan sehingga sasaran utamanya adalah mengganti semua kerugian yang diderita oleh korban," tegas Sujatmiko. Kemenko PMK dalam hal ini telah melakukan langkah-langkah Koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait, khususnya dengan Kemenlu, Kemenkumham, Kemenaker, BNP2TKI, Mahkamah Agung, dan Polri.

Terakhir, Sujatmiko menjelaskan bahwa restitusi ini mempunyai tujuan agar mampu meringankan penderitaan korban; sebagai unsur yang meringankan hukuman yang akan dijatuhkan; sebagai salah satu cara merehabilitasi terpidana; mempermudah proses peradilan; dan dapat mengurangi ancaman atau reaksi masyarakat dalam bentuk tindakan balas dendam. (***)

 

primi sui motori con e-max

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok Utara, NTB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak gempa 7 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIB telah menyebabkan berbagai wilayah mengalami kerusakan. Jumlah korban terus bertambah. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Transportasi

ASTRA Tol Tangerang-Merak Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA : PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) terus berupaya memberikan pelayanan optimal bagi penguna Jalan. Hal tersebut diwujudkan dengan dilakukan pekerjaan pelebaran jalur dan peningkatan kualitas jalan di sepanjang Ruas Tol Tangerang-Merak yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 sampai dengan Balaraja Barat 39+200 arah Merak dan Jakarta.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Besok, Jasa Marga Uji Coba Contraflow di Ruas JORR Cikunir Arah Pondok Indah

Kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (PT JLJ) , akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas _contraflow_ di Tol JORR segmen Kalimalang - Cikunir (KM 47+750 s.d. KM 45+650) pada hari Rabu tanggal 19 September- 3 Oktober  2018 mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Uji coba akan dilakukan dalam kurun waktu dua minggu dan dilakukan pada hari kerja kecuali pada hari Sabtu dan Minggu.BEKASI,  JURNAL IBUKOTA: Kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (PT JLJ) , akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas _contraflow_ di Tol JORR segmen Kalimalang - Cikunir (KM 47+750 s.d. KM 45+650) pada hari Rabu tanggal 19 September- 3 Oktober  2018 mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Uji coba akan dilakukan dalam kurun waktu dua minggu dan dilakukan pada hari kerja kecuali pada hari Sabtu dan Minggu.

Read more...