yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Minta Pemerintah Lebih Bijaksana Buat Peraturan Pajak bagi KUMKM

SUKABUMI, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM meminta pemerintah lebih bijaksana dalam membuat peraturan perpajakan bagi pelaku Koperasi dan UMKM. Sebab peraturan yang ada, yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 dinilai belum sepenuhnya mencerminkan rasa keadilan bagi KUMKM di Tanah Air.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Elek Yo Band : Kompak Bekerja Kompak Berkesenian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Sebagai pembantu Presiden Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri selalu kompak dalam bekerja terutama menyangkut kebijakan lintas Kementerian/Lembaga.

Read more...

Kemenko PMK: Cegah HIV, Masyarakat Harus Terbiasa Lakukan Deteksi Sejak Dini

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA : Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayan (Kemenko PMK) dr. Sigit Priohutomo mengatakan masyarakat harus terbiasa untuk melakukan deteksi sejak dini terkait permasalahan kesehatan, khususnya untuk mengetahui status HIV di dirinya. 

 

"Kita harus berani untuk mengurangi risiko penularan virus HIV dengan cara memeriksakan diri agar  ketika diketahui sejak dini, dapat segera diobati jika hasilnya positif," ucap dr. Sigit Priohutomo saat mengikuti puncak peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) yang digelar di Halaman Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (5/12). Jajaran Kemenko PMK sangat menyambut baik atas diperingatinya Hari AIDS Sedunia ini.

Peringatan puncak Hari Aids Sedunia ini mengangkat tema 'saya berani, saya sehat'. Menurut Sigit, tema HAS tersebut ditujukan kepada masyarakat agar lebih proaktif menyukseskan pencegahan penularan human immunodeficiency virus (HIV), penyebab terjadinya kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya kekebalan tubuh atau disebut Aqcuuired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS).

Selain hal itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin mengharapkan dengan diperingatinya HAS ini, masyarakat menyadari akan pentingnya segala hal yang berkaitan dengan kesehatan. "Tidak ada lagi penularan HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV AIDS (ODHA)," ucapnya.

Pada peringatan HAS itu, Gubernur Alex Nurdin mencanangkan Fast Track 90-90-90 atau strategi akselerasi: temukan, obati dan pertahankan (TOP) untuk mencapai target tahun 2030. Ia menambahkan Fast Track 90-90-90 meliputi: 90% orang yang hidup dengan HIV (ODHA) mengetahui status HIV mereka melalui tes atau deteksi dini,  90% ODHA mengetahui status HIV untuk memulai pengobatan Antiretroviral (ARV), dan 90% ODHA dalam pengobatan ARV telah berhasil menekan jumlah virusnya. “Ini semua dilakukan agar kemudian bisa mengurangi kemungkinan penularan HIV; serta tidak ada lagi stigma dan diskriminasi ODHA,” katanya lagi. (***)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...