yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Kemenkop dan UKM Minta Pemerintah Lebih Bijaksana Buat Peraturan Pajak bagi KUMKM

SUKABUMI, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koperasi dan UKM meminta pemerintah lebih bijaksana dalam membuat peraturan perpajakan bagi pelaku Koperasi dan UMKM. Sebab peraturan yang ada, yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 dinilai belum sepenuhnya mencerminkan rasa keadilan bagi KUMKM di Tanah Air.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Elek Yo Band : Kompak Bekerja Kompak Berkesenian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Sebagai pembantu Presiden Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri selalu kompak dalam bekerja terutama menyangkut kebijakan lintas Kementerian/Lembaga.

Read more...

Kemenko PMK Ajak Masyarakat Peduli Anak Jalanan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) meminta, seluruh pihak untuk bergotong royong melakukan pencegahan agar anak-anak tidak lagi menjadi korban tindak kekerasa seksual.

 

Bertepatan dengan hari anak sedunia yang jatuh pada pekan ini, Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Anak Kemenko PMK,  Dr. Sujatmiko sangat bergembira bisa menghadiri peringatan Hari Anak Sedunia yang diselenggarakan di Malang pada 20 November lalu dengan tema “Gerakan Sosial Menuju Indonesia Bebas Anak Jalanan”.  Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa.

Kota Malang dipilih sebagai lokasi Peringatan Hari Anak Sedunia di Indonesia karena merupakan  salah satu kota yang peduli pada anak jalanan (Anjal). Kegiatan ini dilaksanakan oleh LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) yang juga sebagai pererima anugrah LKSA Inspiratif Peduli Anjal. 

Sebelumnya, Sujatmiko merasa prihatin dengan kondisi anak jalanan yang seringkali anak-anak dieksploitasi untuk dipekerjakan sehingga hak-hak anak seringkali tidak terpenuhi. “Mereka yang memaksa anak-anak itu berkeliaran di jalanan ya akan dihadapi sebagai kriminal,’’ pejabat Kemenko PMK itu menegaskan.

Dilain sisi, Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa juga mengatakan, tanggung jawab utama  dalam pengasuhan anak adalah orang tua, kemudian guru di sekolah, dan seluruh warga masyarakat. Untuk itu diperlukan penguatan ketahanan keluarga agar jangan sampai ada anak turun ke jalan menjadi anak jalanan atau anak terlantar. "Jalanan menimbulkan dampak buruk bagi masa depan anak dan mencegah anak di jalanan akan menghindarkan anak terhadap kekerasan, pelecehan seksual, pornografi, dan putus sekolah," ucapnya.

Diketahui, Rangkaian acara Peringatan hari anak sedunia di Kota Malang itu dihadiri oleh 2000 mantan anak terlantar dan anak jalanan yang berasal dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. (***)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Pertanian

Kemenko PMK Dorong Optimalisasi Ekonomi Desa Melalui Bidang Pertanian

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Staf Ahli Menteri Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Sidqy Leggo Pangesthi Suyitno mengatakan, perlu sekali pemerintah mendorong optimalisasi potensi ekonomi desa melalui bidang pertanian.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menko Puan: Diperlukan Kesadaran untuk Mencegah Kebakaran Hutan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan perlu sekali upaya bersama untuk membangun kesadaran dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan pada tahun 2018 mendatang.

Read more...

Transportasi

Lampaui Target, Jasa Marga Peroleh Skor 725,5 dalam KPKU tahun 2017

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh skor 725,5 dalam Kriteria Penilaian Kinerja Umum (KPKU) tahun 2017 yang digelar oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). Skor tersebut mengalami peningkatan dibandingkan skor yang diperoleh oleh Jasa Marga pada KPKU tahun 2016, yakni dengan raihan skor sebesar 688,5 dan telah berhasil melampaui target dari penilaian KPKU tahun 2017 yaitu 696.

Read more...