yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Hari Koperasi Nasional Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 2 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kurangi Kepadatan Tempat Istirahat di Tol Cipali, Tempat Istirahat di Tol Fungsional Batang - Pejagan Ditambah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran mudik Lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku operator, berupaya untuk  mengurangi kepadatan pada sejumlah tempat istirahat/rest area pada ruas tol fungsional. 

Read more...

Kemenko PMK Ajak Masyarakat Waspadai Ancaman Diabetes Melitus

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Penyakit gula (Diabetes melitus) telah menjadi ancaman dunia. Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, di Kantor Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Tubagus Achmad Choesni mewanti-wanti agar masyarakat lebih serius menghadapinya dengan cara hidup sehat.

 

Tubagus Achmad Choesni mengatakan, Diabetes melitus adalah penyakit kronis yang menyebabkan produktivitas masyarakat menjadi menurun dan para penderita harus berobat setiap hari dengan biaya yang tidak sedikit.

"Jika seseorang yang sudah terkena penyakit kronis, mereka tidak bisa bekerja terlalu capek. Jadi, bagi negara hal ini tidak hanya menimbulkan beban biaya tetapi juga akan menurunkan produktivitas masyarakat," tutur Tb Ahmad Choesni di Kantor Kemenko PMK Selasa sore (14/11/2017).

Berkaitan dengan Hari Diabetes Sedunia Senin ini, Choesni mengimbau warga masyarakat mewaspadainya bahwa penyakit diabetes kini telah menjadi penyakit kronis terbesar di seluruh dunia."Ini semua diakibatkan oleh gaya hidup masyarakat yang tidak sehat, banyak orang suka makan manis tetapi jarang suka olahraga," ucap Choesni yang gemar olah raga lari ini.

Riset Kesehatan Dasar Nasional menyebutkan bahwa terdapat 9,1 juta jiwa penderita diabetes melitus (DM) pada tahun 2013, dan diprediksi akan mencapai 21,3 juta jiwa pada tahun 2030. Ini artinya biaya kesehatan yang akibatkan oleh penyakit DM dan penyakit katastropik lainnya seperti jantung, kanker, paru-paru, akan menjadi beban besar jika tidak segera diatasi.

"BPJS Kesehatan telah mengalami defisit pada tahun 2016 sebesar Rp 1.7 triliun dan 2017 mencapai Rp 1.5 triliun yang disebabkan oleh penyakit katastropik," kata Choesni.

Lebih lanjut, Pengawal isu dana BPJS itu berharap, Masyarakat bisa hidup lebih sehat, mendapatkan asupan gizi yang cukup, olahraga dan melaksanakan aturan sesuai gerakan masyarakat hidup sehat. Untuk menangani hal ini, lanjut Choesni, BPJS telah memiliki Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

"Melalui program tersebut, pelayanan kesehatan akan melakukan pendekatan promotif dan preventif yang dikembangkan BPJS Kesehatan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Pendekatannya proaktif secara terintegrasi melibatkan peserta untuk ikut berupaya menjaga hidup sehat," Choesni menjelaskan.

Pemerintah dalam hal ini juga memiliki program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2018 yang menargetkan 10 juta KPM (Keluarga Penerima Manfaat) tercover oleh BPNT tahun 2018 nanti. Dalam bantuan tersebut  diarahkan BPNT selain digunakan untuk membeli beras juga digunakan untuk membeli telur.

“Hal Ini penting karena pada akhirnya harapan semua masyarakat bisa hidup sehat terwujud dan jauhnya lagi beban penyakit kronis tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” ujarnya lagi.

Kemenko PMK dalam hal ini telah melaksanakan sebagai mana fungsinya yakni melakukan Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian dengan stakeholder agar penanganan penyakit katastropik bisa berjalan efisien dan efektif.

Terakhir, pejabat Kemenko PMK itu mengharapkan, dalam peringatan Hari Diabetes Sedunia ini pola hidup sehat masyarakat bisa benar-benar dijaga. Diabetes Melitus dan juga penyakit katastropik lainnya harus dideteksi sejak dini agar pengobatannya bisa segera dilakukan dan hal tersebut bisa menghindarkan kita dari berbagai komplikasi yang membahayakan serta biaya perawatan yang mahal.

"Penyakit Diabet akan memberikan komplikasi ke penyakit berbahaya lainnya. Jika tidak dicegah atau dideteksi sejak dini ditakutkan akan menimbulkan komplikasi ke penyakit jantung, hipertensi, atau ginjal. Mereka yang terkena penyakit DM harus disuntik dan pemberian insulinnya harus dikontrol, penyakit ini masih sulit untuk disembuhkan," katanya lagi. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Kuningan seluas 221 hektar yang membendung Sungai Cikaro tersebut akan memiliki volume tampung total sebesar 25,9 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan multifungsi ini akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Jasa Marga Kembali Perpanjang _Contraflow_ Jalan Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta dari Km 65 Hingga Km 41

Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.JAKARTA,  JURNAL IBUKOTA: Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.

Read more...