yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Pengawasan Koperasi di Perancis Dinilai Sangat Kuat

PARIS, JURNAL IBUKOTA: Koperasi di Perancis tumbuh secara luar biasa dan menjadi salah satu ujung tombak perekonomian nasional. Di negara tersebut, PDB koperasi menyumbang 12% terhadap PDB nasional.  

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Menteri Basuki dan Menteri Sri Mulyani Cek Kesiapan Arena Olahraga di Kompleks GBK

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani meninjau beberapa arena olahraga di Kawasan GBK guna memastikan pekerjaan selesai sesuai target yang akan digunakan pada Asian Games XVIII tahun 2018.

Read more...

Kemenko PMK: Pembangunan Desa Berikan Ruang untuk Pelestarian Budaya dan Kearifan Lokal

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus berupaya agar agenda Nawacita Presiden Joko Widodo untuk kebijakan pembangunan desa bisa segera terwujud.

 

“Pembangunan desa harus kita dukung dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama agar desa-desa menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di masa depan," ucap Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK, Nyoman Shuida.

Nyoman mengatakan membangun dan mewujudkan kesejahteraan rakyatnya melalui berbagai kebijakan pro pembangunan desa harus mengedepankan pengakuan dan keberpihakan atas otonomi, keanekaragaman yang dimiliki desa serta mengakomodasi berbagai pilihan dan kesempatan bagi masyarakat desa dengan kapasitasnya masing-masing secara mandiri dan inklusif.

"Jika ini sudah bisa dilaksanakan, kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia sangat mungkin tercapai," kata Nyoman.

Sebagai pengawal isu dana desa di Kemenko PMK, Nyoman menilai, Pembangunan berbasis desa dan kawasan perdesaan telah memberikan ruang bagi pengembangan upaya pelestarian budaya, kearifan lokal, dan berorientasi pada upaya memberikan nilai tambah terhadap berbagai karakteristik desa yang sudah ada, misalnya desa pertanian, desa perikanan, desa kopi, desa adat, desa wisata, dan lain sebagainya.

Selain hal itu, Nyoman menjelaskan, pemerintah telah berkomitmen untuk menjalankan amanah Undang-undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa dengan terus meningkatkan dana alokasi desa dari tahun ke tahun. "Sejak tahun 2015, alokasi dana desa diketahui sebesar Rp 20 Triliun, pada tahun 2016 menjadi Rp 46,9 Triliun dan pada tahun 2017 ini menjadi Rp 60 Triliun," Nyoman menjelaskan.

Kemenko PMK dalam hal ini juga telah melakukan survei terhadap 11 desa yang dianggap unggul dan bisa dijadikan contoh bagi desa-desa lain. Di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo, desa tidak lagi dianggap ‘kelas 2’ karena Pemerintah juga sudah menyatakan akan hadir bagi daerah-daerah 3T (Terdepan, tertinggal, terluar).

“Ketika kita melihat desa, kita tidak melihat kekurangan dan keterbelakangan saja, tetapi desa mampu mengeksplorasi potensi-potensi yang dimiliki. Harapannya, potensi tersebut ditopang oleh kekuatan-kekuatan dari bawah dengan dukungan Pemerintah, NGO, dan perguruan tinggi,” ujarnya lagi. (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Pendidikan dan Kebudayaan

Pertanian

Kapal Ternak Solusi Memperlancar Distribusi Sapi Lokal dari Produsen ke Konsumen

JAKARTA JURNAL IBUKOTA: Kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara I (CN 1) merupakan salah satu wujud implementasi Tol Laut yang mengangkut ternak dari daerah sentra produsen ke daerah konsumen. Fini Murfiani selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyampaikan, keberadaan kapal ternak bertujuan untuk mendukung program pemenuhan pangan asal ternak, dan menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan kaidah animal welfare dari Provinsi NTT sampai ke DKI Jakarta dan sekitarnya.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Perhutanan Sosial: Masyarakat Dapat Akses Legal Kelola Kawasan Hutan

Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Alunan musik lesung dari masyarakat Hukum Adat Kasepuhan Karang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdengar merdu mengiringi kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, dalam pembukaan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (06/09/2017).

Read more...

Transportasi

Pasca Penyesuaian Tarif Kondisi Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak Berjalan Lancar

Manager Humas Theresia Dyah memberikan Souvenir dan Tabel Penyesuaian Tarif kepada pengguna jalanTANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Sejak diberlakukannya penyesuaian tarif tol Ruas Cikupa-Merak pada 21 November pukul 00.00 WIB, kondisi lalu lintas Jalan Tol Tangerang-Merak berlangsung lancar.

Read more...