yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Peresmian Kampung Nelayan Teknologi Warnai Baksos Dharma Pertiwi

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Peresmian Kampung Nelayan Teknologi di Tanjung Kait desa Tanjung Anom Kec Mauk kab Tangerang, mewarnai bakti sosial Darma Pertiwi Pusat yang dilakukan oleh ketua umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahyanto, Senin (17/12/2018).

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Tingkatkan Konservasi Lahan dan Air, Kementerian PUPR Tanam 126 Ribu Pohon

JATIGEDE, JURNAL IBUKOTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong implementasi infrastruktur hijau untuk merespon deforestasi hutan dan lahan, sekaligus bagian dari upaya mitigasi bencana dan konservasi lahan dan air. 

Read more...

Kemenko PMK Gelar Rakor Pembangunan Karakter Berbasis Budaya

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Asisten Deputi (Asdep) Nilai dan Kreativitas Budaya, Kemenko PMK, Iwan Eka Setiawan, mewakili Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Nyoman Shuida, Senin (13/11/2017) memimpin rapat koordinasi pembangunan karakter dan peneguhan jati diri masyarakat berbasis budaya.

 

Rakor digelar di Hotel Grand Rocky, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Iwan, seperti dikutip dari laman kemenkopmk.go.id, Selasa (14/11), mengungkapkan, tujuan diadakannya rakor ini adalah untuk melakukan koordinasi program dan kegiatan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka Pemajuan Kebudayaan sesuai Undang-Undang No. 5 Tahun 2017.

"Rakor ini juga melaksanakan Sosialisasi UU No.5 Tahun 2017 terutama pasal 32 tentang Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan untuk membangun Karakter bangsa serta memperoleh informasi Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan di Kota Bukitinggi," tambah Iwan.

Landasan Hukum Kebudayaan terdapat pada undang-undang Cagar Budaya Nomor 11 Tahun 2010 (untuk warisan budaya bendawi) dan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017 (untuk warisan budaya tak benda). 

Undang-Undang tentang Pemajuan Kebudayaan, telah disahkan dalam paripurna DPR RI pada 27 April 2017 dan telah diundangkan pada 24 Mei 2017.

Dalam UU No.5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan dijelaskan bahwa dalam Pasal 32 Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan/atau Setiap Orang dapat melakukan Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan serta Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan dilakukan untuk membangun karakter bangsa, meningkatkan ketahanan budaya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan peran aktif dan pengaruh Indonesia dalam hubungan Internasional.

Objek pemajuan Kebudayaan meliputi perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan.

“Terdapat 10 objek pemenuhan meliputi tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat dan olahraga tradisional," ujarnya.

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari UU No.5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, apalagi pada bulan Desember 2017 nanti Kota Bukittinggi akan berusia 233 tahun, maka berbagai kegiatan terkait pemajuan kebudayaan dilakukan, seperti makan bajambah dan lomba silat tradisional.

Irwandi melanjutkan, di Kota Bukit Tinggi banyak  bangunan penunjang jalannya pemerintahan dan sebagian besar dari bangunan itu merupakan peninggalan Kolonial Belanda. Bangunan-bangunan itu tentu punya nilai dan cita rasa arsitektur yang tinggi.

Saat ini, di Bukittinggi terdapat  24 bangunan cagar budaya yang telah ditetapkan melalui Permenbudpar, sementara 42 bangunan cagar budaya juga telah ditetapkan melalui Perwako Kota Bukittinggi Tahun 2012 dan Adanya kelompok seni, sanggar seni, hasil karya serta adat dan nilai tradisi yang merupakan warisan budaya tak benda (intangible heritage). (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Transportasi

Krist Ade: Astra Tol Tangerang-Merak Terus Kembangkan Layanan Jalan Tol

TANGERANG, JURNAL IBUKOTA: Presiden Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS) Krist Ade Sudiyono mengatakan menjelang akhir tahun 2018, Astra Tol Tangerang-Merak terus melakukan pengembangan terhadap berbagai aspek layanan jalan tol.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pasca Divestasi Saham, KLHK Harap Freeport Lebih Perhatikan Lingkungan

Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Penandatanganan pokok-pokok Perjanjian Divestasi Saham PT Freeport Indonesia (PTFI) berlangsung di Kementerian Keuangan, Kamis, (12 Juli 2018). Holding Industri Pertambangan PT. Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatanganan pokok-pokok perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI. Kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut menjadi sebesar 51% dari semula 9,36%.

Read more...

Info Jalan Tol

Kenalkan Jalan Tol Batang-Semarang, PT JSB Lakukan Sepeda Santai

PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku kelompok usaha dari Jasa Marga melakukan kegiatan gowes bareng Jasa Marga Cycling Club (JMCC) di sepanjang Jalan Tol Batang-Semarang, Sabtu (15/12). SEMARANG, JURNAL IBUKOTA:  PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku kelompok usaha dari Jasa Marga melakukan kegiatan gowes bareng Jasa Marga Cycling Club (JMCC) di sepanjang Jalan Tol Batang-Semarang, Sabtu (15/12). 

Read more...