yt-banner1
yt-banner2

Koperasi dan UKM

Hari Koperasi Nasional Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 2 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan mendatangkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

Read more...

Konstruksi & Infrastruktur

Kurangi Kepadatan Tempat Istirahat di Tol Cipali, Tempat Istirahat di Tol Fungsional Batang - Pejagan Ditambah

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA: Untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran mudik Lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku operator, berupaya untuk  mengurangi kepadatan pada sejumlah tempat istirahat/rest area pada ruas tol fungsional. 

Read more...

Kemenko PMK Gelar Rakor Pembangunan Karakter Berbasis Budaya

JAKARTA, JURNAL IBUKOTA:  Asisten Deputi (Asdep) Nilai dan Kreativitas Budaya, Kemenko PMK, Iwan Eka Setiawan, mewakili Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Nyoman Shuida, Senin (13/11/2017) memimpin rapat koordinasi pembangunan karakter dan peneguhan jati diri masyarakat berbasis budaya.

 

Rakor digelar di Hotel Grand Rocky, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Iwan, seperti dikutip dari laman kemenkopmk.go.id, Selasa (14/11), mengungkapkan, tujuan diadakannya rakor ini adalah untuk melakukan koordinasi program dan kegiatan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka Pemajuan Kebudayaan sesuai Undang-Undang No. 5 Tahun 2017.

"Rakor ini juga melaksanakan Sosialisasi UU No.5 Tahun 2017 terutama pasal 32 tentang Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan untuk membangun Karakter bangsa serta memperoleh informasi Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan di Kota Bukitinggi," tambah Iwan.

Landasan Hukum Kebudayaan terdapat pada undang-undang Cagar Budaya Nomor 11 Tahun 2010 (untuk warisan budaya bendawi) dan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017 (untuk warisan budaya tak benda). 

Undang-Undang tentang Pemajuan Kebudayaan, telah disahkan dalam paripurna DPR RI pada 27 April 2017 dan telah diundangkan pada 24 Mei 2017.

Dalam UU No.5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan dijelaskan bahwa dalam Pasal 32 Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan/atau Setiap Orang dapat melakukan Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan serta Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan dilakukan untuk membangun karakter bangsa, meningkatkan ketahanan budaya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan peran aktif dan pengaruh Indonesia dalam hubungan Internasional.

Objek pemajuan Kebudayaan meliputi perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan.

“Terdapat 10 objek pemenuhan meliputi tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat dan olahraga tradisional," ujarnya.

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari UU No.5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, apalagi pada bulan Desember 2017 nanti Kota Bukittinggi akan berusia 233 tahun, maka berbagai kegiatan terkait pemajuan kebudayaan dilakukan, seperti makan bajambah dan lomba silat tradisional.

Irwandi melanjutkan, di Kota Bukit Tinggi banyak  bangunan penunjang jalannya pemerintahan dan sebagian besar dari bangunan itu merupakan peninggalan Kolonial Belanda. Bangunan-bangunan itu tentu punya nilai dan cita rasa arsitektur yang tinggi.

Saat ini, di Bukittinggi terdapat  24 bangunan cagar budaya yang telah ditetapkan melalui Permenbudpar, sementara 42 bangunan cagar budaya juga telah ditetapkan melalui Perwako Kota Bukittinggi Tahun 2012 dan Adanya kelompok seni, sanggar seni, hasil karya serta adat dan nilai tradisi yang merupakan warisan budaya tak benda (intangible heritage). (Agus)

 

primi sui motori con e-max

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Kuningan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi pembangunan Bendungan Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Jumat (25/5/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Kuningan seluas 221 hektar yang membendung Sungai Cikaro tersebut akan memiliki volume tampung total sebesar 25,9 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan multifungsi ini akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektar sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Mitra

 

Untuk Pemasangan Iklan, Advertorial atau Press Release hubungi 0878-8989-9469 (SMS) atau 0878-0856-1199 (WA)http://www.jasamarga.com/


Kementerian PU dan Pera

Novel “Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudera” karya Agus S. Soerono penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah dapat dibeli di semua toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.

Pertanian

Refokusing Pembangunan Peternakan untuk Wujudkan Swasembada Protein Hewani dan Pengentasan Kemiskinan

BOGOR, JURNAL IBUKOTA: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, arah pembangunan peternakan dan kesehatan hewan  saat ini fokus untuk mewujudkan swasembada protein hewani dan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat di pedesaan. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Nasional (Rakonteknas) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan hari ini Senin tanggal 16 April 2018 di IPB Internasional Convention Center Bogor.

Read more...

Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Mendorong Gerakan Bersih Kali Ciliwung di Kota Depok

Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.DEPOK, JURNAL IBUKOTA: Masyarakat Peduli dan Pecinta Lingkungan Kota Depok Catur Susanto mengungkapkan untuk menjaga dan melestarikan tepian Kali Ciliwung yang melintas wilayah Kota Depok, sudah banyak program yang dijalankan Pemkot Depok dan masyarakat sekitar.

Read more...

Transportasi

Jasa Marga Kembali Perpanjang _Contraflow_ Jalan Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta dari Km 65 Hingga Km 41

Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.JAKARTA,  JURNAL IBUKOTA: Untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta, khususnya mulai dari Simpang Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Purbaleunyi serta Cikampek dan Cipali, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memperpanjang _contraflow_ dari km 65 s.d km 41.

Read more...